Bagi Anda yang tengah mempertimbangkan kawasan lokasi untuk hunian dan investasi, Semarang yang tengah bertransformasi menjadi kota modern jelas layak dipertimbangkan. Dan nilai plusnya, kelezatan aneka kuliner Semarang sudah begitu kondang, perut dijamin kenyang, hati riang.

Ya, kuliner dan Semarang adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Warisan kuliner kota yang mendapat julukan Kota Lumpia ini memang beragam sebagai hasil akulturasi budaya Tiongkok serta Belanda yang memang cukup kuat di ibu kota provinsi Jawa Tengah ini.

Butuh informasi lengkap seputar perkembangan dan potensi kawasan lainnya? Simak info lengkapnya di AreaInsider dari Rumah.com.

Bahkan saking banyaknya ragam warisan kuliner Semarang, kota ini sampai mendapat pengakuan dari Kementrian Pariwisata pada 2015 silam. Venetie van Java atau Venesia-nya Jawa ini ditetapkan sebagai salah satu destinasi kuliner unggulan Indonesia.

Dengan begitu kelezatan tak perlu diragukan. Simak daftar kuliner Semarang paling kondang berikut ini:

1. Kuliner Semarang: Nasi Gandul Pak Memed

Kuliner Semarang Nasi Gandul Pak Memed

Nikmati sensasi menyantapnya dengan menggunakan suru atau sendok dari daun pisang.

Di Semarang wajib hukumnya untuk mampir ke Nasi Gandul Pak Memed yang berdiri sejak tahun 1990-an. Jadi favorit banyak orang karena rasanya yang lezat tak pernah berubah meski sudah beberapa puluh tahun berlalu. Itu mungkin sebabnya warung yang buka mulai sore hari ini selalu dipenuhi pengunjung.  .

Nasi gandul sendiri pada dasarnya adalah nasi putih biasa yang disajikan menggunakan mangkuk daun pisang. Lantas disiramkan kuah kaldu dan ditambahan lauk daging, jeroan sapi, dan telur ayam. Nikmati sensasi menyantapnya dengan menggunakan suru atau sendok dari daun pisang.

Mau punya hunian di wilayah Semarang yang bukan hanya punya banyak kuliner lezat, paling kondang, tapi juga didukung fasilitas dan infrastruktur kawasan yang lengkap, plus harga yang masih terjangkau? Cek pilihan huniannya di sini!

Nasi Gandul Pak Memed

  • Alamat: Jl. Dokter Cipto No.12, Bugangan, Kec. Semarang Timur, Kota Semarang
  • Estimasi harga untuk makan berdua: Rp50 ribu – Rp100 ribu

2. Kuliner Semarang: Babat Gongso Pak Karmin

Kuliner Semarang: Babat Gongso Pak Karmin

Ada banyak penjual babat gongso di Semarang namun yang paling kondang adalah Babat Gongso Pak Karmin.

Kuliner Semarang yang kondang lainnya dan wajib dicoba adalah Babat Gongso. Masakan ini terdiri dari potongan babat dan jeroan lainnya seperti hati, limpa, paru, yang dimasak dengan bumbu kecap kental, jelas lezat. Namun berdasarkan komposisi bahan-bahannya, tidak disarankan buat Anda yang punya masalah kolesterol.

Ada banyak penjual babat gongso di Semarang namun yang paling kondang adalah Babat Gongso Pak Karmin. Selain babat gongso menu lain yang banyak di cari orang di warung Babat Gongso Pak Karmin adalah nasi goreng babat yang menggunakan racikan bumbu yang sama dengan babat gongsonya.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Babat Gongso Pak Karmin

  • Alamat: Jl. Kp. Sleko No.Kel, Bandarharjo, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang
  • Estimasi harga untuk makan berdua: Rp70 ribu – Rp120 ribu

3. Kuliner Semarang: Es Puter Cong Lik

Kuliner Semarang Es Puter Cong Lik

Es puter yang ada sejak tahun 1984 silam ini dikenal orang juga dengan sebutan es dung dung.

Es Puter Cong Lik termasuk kuliner Semarang yang legendaris. Es puter yang ada sejak tahun 1984 silam ini dikenal orang juga dengan sebutan es dung dung yang terbuat dari bahan santan sebagai pengganti susu. Salah satu kuliner legendaris ini bertekstur agak kasar dengan perpaduan sensasi manis dan asin.

Ada  banyak pilihan varian rasa Es Puter Cong Lik mulai dari coklat, alpukat, durian, dan kelapa. Bahkan saat bulan puasa tersedia juga rasa lainnya seperti nangka, sirsak, kacang hijau, blewah hingga leci. Namun yang paling kondang dan jadi favorit banyak orang adalah rasa alpukat dan durian. 

Es Puter Cong Lik

  • Alamat: Jl. Kh Ahmad Dahlan No.11, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang
  • Estimasi harga untuk makan berdua: Rp30 ribu – Rp100 ribu

4. Kuliner Semarang: Soto Bangkong

Kuliner Semarang Soto Bangkong

Rasa autentiknya berasal dari kecap yang hanya diproduksi oleh si pemilik warung.

Soto Bangkong sebenarnya soto ayam kampung ala Semarang. Nama warung makan ini terinpirasi dari lokasi warung soto ayam ini yang konon kabarnya disekitarnya banyak kodok. Dari situlah nama Soto Bangkong muncul, mengacu bahasa Jawa bangkong yang berarti kodok.

Soto Bangkong memiliki tampilan bening dengan isian soto berupa mi soun, tauge, tomat, dan irisan daging sapi lembut nan melimpah. Rasa autentiknya berasal dari kecap yang hanya diproduksi oleh si pemilik warung. Selain itu, penggunaan daging ayam kampung juga membuat soto ini semakin terasa gurih dan enak.

Awalnya warung soto ini hanya berada di Semarang, tapi kini warung ini juga sudah banyak membuka cabang di daerah Jakarta. Soto Bangkong di Jakarta ini terletak di kawasan Pakubuwono dan Kelapa Gading.

Soto Bangkong

  • Alamat: Jl. Brigjen Katamso No.1, Karangtempel, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang
  • Estimasi harga untuk makan berdua: Rp70 ribu – Rp120 ribu

5. Kuliner Semarang: Tahu Gimbal Pak Eddy

Kuliner Semarang Tahu Gimbal Pak Eddy

Digunakannya kata ‘gimbal’ berasal dari sebutan ‘udang’ bagi orang Semarang.

Tahu gimbal merupakan kuliner Semarang dengan tahu goreng dan bakwan udang sebagai bahan utamanya. Digunakannya kata ‘gimbal’ berasal dari sebutan ‘udang’ bagi orang Semarang. Dan tahu gimbal yang paling kondang di Semarang adalah Tahu Gimbal Pak Eddy.

Jadi tahu goreng dan bakwan udang itu dipotong kecil-kecil dan disiram dengan saus kacang beserta irisan kol, lontong, telur, dan kubis yang bisa dinikmati dalam tingkat kepedasan sesuai selera.

Tahu Gimbal Pak Eddy

  • Alamat: Jl. Menteri Supeno, Mugassari, Kota Semarang
  • Estimasi harga untuk makan berdua: Rp50 ribu – Rp80 ribu

Itulah daftar kuliner Semarang yang enak-enak. Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah