Sejalan mulai diberlakukannya new normal, kalangan pengembang pun mulai mengumumkan pembukaan malnya. Dan bagi Anda yang tinggal di Semarang, mal di Semarang juga menerapkan protokol kesehatan di masa new normal ini sehingga menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjungnya.

Seperti yang telah diatur oleh Pemerintah, pengelola mal atau pusat perbelanjaan wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat kenormalan baru atau new normal diberlakukan. Hal tersebut mengacu pada pedoman dari Kementerian Perdagangan dalam penyelenggaraan kegiatan perdagangan.

Pedoman tersebut diatur dalam Surat Edaran (SE) Menteri Perdagangan Nomor 12 Tahun 2020 yang diterbitkan tanggal 28 Mei 2020 tentang pemulihan aktivitas perdagangan yang dilakukan pada masa pandemi COVID-19 dan new normal.

Mau punya rumah di kota Semarang dengan harga di bawah Rp500 juta? Cek aneka pilihan rumahnya di sini!

Surat edaran tersebut mengatur protokol kesehatan bagi penyelenggara kegiatan di pasar rakyat, toko swalayan, restoran dan kafe, toko obat dan alat kesehatan, mal atau pusat perbelanjaan, restoran di rest area, salon, tempat pariwisata, dan tempat hiburan tertentu seperti kebun binatang, museum, galeri seni.

Protokol Kesehatan di Mal

Protokol Kesehatan di Mal

Berdasarkan surat edaran dari kementrian Perdagangan, pengembang pun mulai menerapkan new normal di berbagai pusat perbelanjaan maupun mal yang dikelolanya.

Penerapan new normal ini dilaksanakan agar masyarakat bisa tetap beraktivitas dan menjalankan aktivitas perekonomian. Tentunya tak bisa seperti dulu lagi, berbagai pola hidup baru ini membuat semua orang harus mulai mengubah kebiasaan sehingga lebih peduli akan kebersihan dan menjaga kesehatan.

Pedoman utama di mal adalah sirkulasi dan batasan waktu kunjungan serta jumlah pengunjung maksimal 35 persen dari jumlah kunjungan pada saat kondisi normal. Pengelola juga wajib menerapkan kontrol yang ketat pada pintu masuk dan pintu keluar untuk mencegah terjadinya kerumunan.

Jadi segala kegiatan di mal harus sesuai protokol kesehatan. Pedagang diharuskan menggunakan masker, face shield, dan sarung tangan. Pengelola juga diwajibkan menyediakan tempat cuci tangan di pintu masuk dan mewajibkan pembeli menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum masuk mal.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan beragam Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Pedagang dan pembeli di dalam mal harus dipastikan kesehatan dan kebersihannya dengan melakukan kontrol suhu tubuh di bawah 37,3 derajat (sesuai dengan ketentuan WHO). Di dalam mal juga diterapkan pembatasan jarak antar sesama pembeli yang datang ke restoran paling sedikit 1,5 meter.

Saat melakukan pembayaran di kasir, pembeli yang bertransaksi diharuskan berjarak 1,5 meter dan paling banyak lima orang. Pengelola wajib menjaga kebersihan lokasi berjualannya dengan menyemprotkan desinfektan secara berkala, serta memisahkan pintu masuk dan pintu keluar bagi pengunjung.

Mal di Semarang Siap Terapkan New Normal

Mal di Semarang Siap Terapkan New Normal

Hingga saat ini 80-an persen tenant di Pollux Mall Paragon sudah buka dengan mengikuti standar new normal pencegahan pandemi.

Berdasarkan surat edaran tersebut pengembang pun mulai menerapkan new normal di berbagai pusat perbelanjaan maupun mal yang dikelolanya. New normal merupakan norma baru dengan menerapkan protokol keamanan pandemi COVID-19.

Salah satunya pengembang Pollux Properties yang mengumumkan kesiapannya menerapkan new normal di semua malnya. Salah satunya yaitu Pollux Mall Paragon di Jalan Pemuda, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Menurut Komisaris Utama PT Pollux Properti Indonesia Timur Pradopo, seluruh mal Pollux siap menerapkan protokol kesehatan dan menjalankan new normal sebagai bagian dari komitmen Pollux menyambut new normal.

“Kita harus bisa lebih disiplin dan menaati peraturan dan mengikuti anjuran gugus tugas dan pemerintah,” ujarnya ,” ujarnya saat meninjau Pollux Mal Paragon bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Idham Azis, dan pejabat lainnya.

Ditengah pandemi, rumah menjadi tempat teraman untuk berlindung. Simak selengkapnya di video berikut ini.

Beberapa penerapan new normal di Pollux Mall Paragon yaitu kepadatan pengunjung disesuaikan dengan luas mal, tombol lift yang tidak perlu disentuh, dan sebagainya.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto turut menyatakan bahwa dengan penerapan protokol COVID-19 dan keadaan new normal ini masyarakat tidak perlu khawatir untuk kembali beraktivitas selama disiplin dengan berbagai aturan maupun penerapan terkait new normal.

Protokol Kesehatan Ketat di Pollux Mal Paragon

“Di mal ini sudah menerapkan physical distancing, ada pengecekan suhu hingga tes swab acak yang dilakukan kepada pengunjung mal, dan berbagai SOP lain yang Mabes TNI dan Polri sudah keluarkan. Pengunjung yang suhu tubuhnya di atas 37,5 derajat maupun indikasi Covid-19 akan langsung diserahkan kepada gugus tugas untuk mendapatkan perawatan,” katanya.

General Manager Pollux Mal Paragon Lie Jemmy menyebut, seluruh protokol kesehatan terkait pencegahan pandemi Covid-19 yang diterapkan di malnya juga terkait dengan beberapa tenant yang buka.

Hingga saat ini 80-an persen tenant di Pollux Mall Paragon sudah buka dengan mengikuti standar new normal pencegahan pandemi.

“Yang masih berisiko untuk penularan virus belum dibuka seperti cinema XXI, salon, maupun food court yang operasionalnya belum optimal. Kami juga ketat dengan pengunjung seperti hanya yang bermasker yang boleh masuk, disiapkan hand sanitizer, hingga memasang list line dan cross line untuk menjaga jarak antar pengunjung. Jadi semuanya sangat kita jaga untuk menjamin keamanan pengunjung,” bebernya.

Saat ini Pollux Properties beberapa mal yaitu Pollux Mall Paragon, Pollux Mall Central City, dan Pollux Mall Lafayette yang berlokasi di Semarang. Selain itu ada juga Pollux Mall Chadstone Cikarang, Jawa Barat, dan akhir tahun ini akan menyusul dibukanya Pollux Mall Meisterstadt Batam.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah