Serang

Ulasan wilayah ini mengupas pasar properti di Serang, salah satu kabupaten di Provinsi Banten, yang Ibu Kotanya Ciruas. Meski demikian, saat ini pusat pemerintahanya masih berada di Kota Serang. Kabupaten yang berada di ujung barat laut Pulau Jawa ini berbatasan dengan Laut Jawa dan Kota Serang di utara, Kabupaten Tangerang di timur, Kabupaten Lebak di selatan, serta Kota Cilegon di barat.

Luas wilayah kabupaten ini 1.467,35 km² yang secara geografis terletak diposisi koordinat antara 105º7' - 105º22' Bujur Timur dan 5º50' - 6º21' Lintang Selatan. Kabupaten ini juga terdiri atas 29 kecamatan, yaitu Kecamatan Anyar, Kecamatan Bandung, Baros, Binuang, Bojonegara, Carenang, Cikande, Cikeusal, Cinangka, Ciomas, Ciruas, Gunungsari, Jawilan, Kibin, Kopo, Kragilan, Kramatwatu, Lebakwangi, Mancak, Pabuaran, Padarincang, Pamarayan, Petir, Pontang, Pulo Ampel, Tanara, Tirtayasa, Tunjung Teja, Lebak Wangi dan Waringin Kurung.

Kecamatan-kecamatan tersebut kemudian terbagi lagi atas sejumlah desa. Pada 17 Juli 2007 Kabupaten ini dimekarkan menjadi Kota Serang dan Kabupaten Serang. Pusat pemerintahannya kini berada di Kecamatan Ciruas, namun aktivitas administratif masih terdapat di kota serang karena masih proses pemindahan. Untuk Jumlah penduduknya, berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik tahun 2010, terdapat 1.571.174 jiwa.

Sebagai kawasan hunian yang mayoritas penduduknya beragama Islam, maka pendidikan di kabupaten ini juga banyak menekankan pada pendidikan agama islam sesuai dengan semboyan "Serang Bertakwa". Pendidikan berbasis islam baik yang resmi maupun non-resmi (Pesantren, Madrasah, TPK, dan sebagainya) menjadi salah satu perhatian pemerintah.

Sekolah-sekolah formal dari tingkat SD, SMP, SMA juga menjadi bagian pendidikan yang tidak terpisahkan. Beberapa sekolah favorit di Kabupaten ini antara lain; SD Al-Azhar, SDK Penabur, SMA Negeri 1, dan SMPN Negeri 1. Bukan hanya pendidikan, fasilitas kesehatan seperti rumah sakit sampai Puskesmas juga lengkap tersedia hingga ke pelosok wilayahnya.

Baca Selengkapnya
1.467,35 km²
Luas Wilayah
29
Kecamatan
1.571.174 jiwa
Populasi (2010)

Peta & Properti Sekitar

Apa saja yang ada di sekitar

Serang, Banten, Indonesia

Baca lebih lanjut Serang

Properti dijual di Serang

Properti disewakan di Serang

Masukan