Sidoarjo

Ulasan wilayah ini mengupas pasar properti Sidoarjo, sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang ibu kotanya adalah kota Sidoarjo. Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik di utara, Selat Madura di timur, Kabupaten Pasuruan di selatan, serta Kabupaten Mojokerto di barat. Kabupaten ini terdiri atas 18 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan.

Adapun Kota kecamatan lain yang cukup besar di Kabupaten Sidoarjo di antaranya Taman, Krian, Wonoayu, Candi, Porong, Gedangan, Tarik, Sidoarjo dan Waru. Bersama dengan Gresik, kawasan yang penduduknya berjumlah 2.266.533 jiwa ini merupakan salah satu penyangga utama Kota Surabaya, dan termasuk dalam kawasan Gerbangkertosusila. Dan sebagai salah satu penyangga Ibu kota Provinsi Jawa Timur, kawasan ini pun menjadi daerah yang mengalami perkembangan pesat.

Keberhasilan tersebut dicapai berkat berbagai potensi yang ada di wilayahnya seperti industri dan perdagangan, pariwisata, serta usaha kecil dan menengah dapat dikemas dengan baik dan terarah. Dengan adanya berbagai potensi daerah serta dukungan sumber daya manusia yang memadai, maka dalam perkembangannya Kabupaten Sidoarjo mampu menjadi salah satu daerah strategis bagi pengembangan perekonomian regional.

Perikanan, industri, dan jasa merupakan tulang punggung sektor perekonomian kawasan ini. Selat Madura yang berada di sebelah Timur kawasan ini menjadi daerah penghasil perikanan, di antaranya ikan, udang, dan kepiting. Itu sebabnya logo Kabupaten ini memakai simbol udang dan bandeng yang merupakan komoditas perikanan yang utama kota ini, selain dikenal pula dengan sebutan "Kota Petis".

Sektor industri di kawasan ini berkembang cukup pesat karena lokasi yang berdekatan dengan pusat bisnis Jawa Timur (Surabaya), dekat dengan Pelabuhan Tanjung Perak maupun Bandara Juanda, memiliki sumber daya manusia yang produktif serta kondisi sosial politik dan keamanan yang relatif stabil sehingga menarik minat investor untuk menanamkan modalnya di Sidoarjo. Sektor industri kecil juga berkembang cukup baik, di antaranya sentra industri kerajinan tas dan koper di Tanggulangin, sentra industri sandal dan sepatu di Wedoro - Waru dan Tebel - Gedangan, sentra industri kerupuk di Telasih - Tulangan.

Baca Selengkapnya
26
Rumah Sakit
1591
Sarana Pendidikan
628
Industri

Peta & Properti Sekitar

Apa saja yang ada di sekitar

Sidoarjo, East Java, Indonesia

Baca lebih lanjut Sidoarjo

Simak lebih lanjut wilayah Sidoarjo

Properti dijual di Sidoarjo

Properti disewakan di Sidoarjo

Masukan