Sukabumi

Ulasan wilayah ini mengupas pasar properti di Sukabumi, sebuah wilayah kabupaten yang menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat. Sukabumi juga merupakan kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa setelah Kabupaten Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur. Berdasarkan letak geografisnya, wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Bogor di utara, Kabupaten Cianjur di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Lebak di barat.

Kawasan yang luas wilayahnya 4.162 km2 atau 11,21 % dari luas Jawa Barat (3,01 % dari luas seluruh Pulau Jawa) ini 40% wilayahnya berbatasan dengan lautan, dan 60% berbatasan dengan daratan. Adapun jarak Sukabumi ke ibukota provinsi Bandung adalah 95 km sedang jaraknya ke ibukota negara DKI Jakarta hanya sejauh 120 km.

Secara demografi, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah penduduk di wilayah ini pada tahun 2017 tercatat sebanyak 2.523.992 jiwa, dengan kepadatan penduduk 609 jiwa per km persegi. Adapun Kabupaten Sukabumi terdiri dari 47 kecamatan, 5 kelurahan, dan 381 desa.

Dan sebagai kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa, Sukabumi sebagai kawasan hunian juga didukung fasilitas yang cukup lengkap yang tersebar di sejumlah kawasannya. Sarana pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi pun tersedia, misalnya terdapat Universitas Nusa Putra, STAI Al-Mas'udiyah, STIBA Arraayah, dan Institut Agama Islam Sukabumi.

Untuk pusat perbelanjaan pun antara lain ada Pasar Kambing Cicurug, Pasar Baru Semi Modern Palabuhanratu, Pasar Ikan Palabuhanratu, Pasar Ikan Cibaraja, Labora Indah Cibadak, Pasar Kemis Kalapanunggal, Pasar Gilang Center Sukaraja, Mall Ramayana Robinson, dan Toserba Yogya Palabuhanratu.

Dan yang menarik, ada banyak objek wisata unggulan yang terdapat di Sukabumi. Sebut saja Pantai Palabuhanratu yang merupakan tempat wisata paling terpopuler di Jawa Barat hingga mancanegara, sekaligus menjadi wisata andalan Jawa Barat. Taman Bumi Ciletuh yang terletak di 8 kecamatan yang merupakan Geopark Internasional atau Unesco Global Geopark. Lalu ada Wisata Pantai Ujung Genteng di Kec. Ujung Genteng.

Selain itu juga terdapat wisata alam untuk pendakian seperti Gunung Gede atau Gunung Pangrango di Taman Nasional Gede-Pangrango di utara Kota Sukabumi. Di sini dapat ditemui berbagai jenis ragam tumbuhan serta Bunga Edelweis yang abadi di puncak. Petualangan menantang lainnya adalah arung jeram di Sungai Cicatih atau di Sungai Citarik, yang berada 30 km sebelah selatan kotanya.

Baca Selengkapnya
4.162 km2
Luas Wilayah
2.523.992 jiwa
Populasi
47
Kecamatan
5
Kelurahan
381
Desa

Peta & Properti Sekitar

Apa saja yang ada di sekitar

Sukabumi, West Java, Indonesia

Baca lebih lanjut Sukabumi

Simak lebih lanjut wilayah Sukabumi

Properti dijual di Sukabumi

Properti disewakan di Sukabumi

Masukan