Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, perkembangan infrastruktur dan fasilitas Surabaya jelas tak kalah dari Jakarta. Dan bukan cuma didukung keberadaan kawasan bisnis terpadu atau Central Business District (CBD) seperti Jakarta, urusan kuliner Surabaya juga juara.

Butuh informasi lengkap seputar perkembangan dan potensi kawasan hunian lainnya? Simak info lengkapnya di AreaInsider dari Rumah.com!

Ya, kota yang punya julukan Kota Pahlawan ini punya banyak tempat makan enak. Mulai dari warung makan sederhana, kafe dengan interior yang instagrammable, hingga restoran elit dengan bujet tinggi semua ada di Surabaya. Dari yang melegenda, kekinian, hingga yang bisa dibilang sebagai trademark-nya Surabaya

Lantas apa saja kuliner Surabaya yang paling juara dan wajib dicoba? Simak daftarnya berikut ini:

1. Kuliner Surabaya: Es Krim Zangrandi

Kuliner Surabaya Es Krim Zangrandi

Citarasa es krim dan teknik mengolahnya yang manual tanpa mesin masih dipertahankan sejak tahun 1930 lalu.

Suhu Surabaya memang terkenal panas, bahkan bisa jadi lebih panas dari Jakarta. Tingginya suhu kota ini dipengaruhi kondisi geografisnya yang memang berada di kawasan laut, tentu saja bikin kita jadi lekas haus.

Mungkin itu sebabnya resto Es Krim Zangrandi yang berdiri lebih dari 80 tahun lalu menjadi legendaris dan menjadi salah satu tujuan wisata kuliner Surabaya wajib bagi para wisatawan. Citarasa es krim dan teknik mengolahnya yang manual tanpa mesin masih dipertahankan sejak tahun 1930 lalu.

Mau punya hunian di Surabaya yang bukan hanya punya banyak kuliner paling juara, tapi juga didukung fasilitas dan infrastruktur kawasan yang selengkap Jakarta? Cek pilihan huniannya di sini!

Tutti frutti, banana split, dan macadonia adalah menu yang paling banyak dipesan oleh pengunjung Zangrandi Ice Cream. Menu ini juga yang selalu mendominasi pesanan di Zangrandi. 

Es Krim Zangrandi

  • Alamat: Jl. Yos Sudarso No.15, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Surabaya
  • Estimasi harga untuk makan berdua: Rp100 ribu – Rp200 ribu

2. Kuliner Surabaya: Depot Bu Rudy

Kuliner Surabaya Depot Bu Rudy

Yang paling juara di Depot Bu Rudy adalah seporsi nasi udang empal.

Menu yang disediakan tempat kuliner Surabaya yang satu ini sangat beragam. Tapi yang paling juara di Depot Bu Rudy adalah seporsi nasi udang empal. Nasi pulen hangat yang disajikan bersama udang tepung goreng renyah, empal empuk dengan bumbu meresap, dengan sambal bawang Bu Rudy yang termahsyur.

Selain makanan, Depot Bu Rudy juga dilengkapi tempat oleh-oleh khas Surabaya. Sebagai rekomendasi, oleh-oleh paling khas dari Depot Bu Rudy, Anda bisa membeli sambal bawang, sambal terasi, atau sambal ikan peda dalam kemasan.

Ketahui dinamika pasar properti di Indonesia, termasuk sentimen pasar dari sudut pandang pembeli lewat Rumah.com Property Affordability Sentiment Index!

Depot Bu Rudy

  • Alamat: Jl. Dharma Husada No. 140, Surabaya
  • Estimasi harga untuk makan berdua: Rp100 ribu – Rp200 ribu

3. Kuliner Surabaya: Nasi Cumi Waspada

Kuliner Surabaya Nasi Cumi Waspada

Panasnya nasi dipadu dengan cumi tinta dan pilihan menu lainnya akan membuat selera makan Anda semakin bertambah sejak suapan pertama.

Salah satu kuliner Surabaya tradisional yang murah dan enak adalah Nasi Cumi Waspada. Di tempat makan berupa warung kaki lima yang buka 24 jam ini, nasi cumi yang ditawarkan sangat menggoda.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Panasnya nasi dipadu dengan cumi tinta dan pilihan menu lainnya akan membuat selera makan Anda semakin bertambah sejak suapan pertama. Ada empat variasi nasi cumi yang ditawarkan:

  1. Nasi biasa: nasi, cumi, peyek udang
  2. Nasi campur: nasi, cumi, empal, telur, peyek udang
  3. Nasi komplet: nasi, cumi, mie goreng, usus, paru, babat, peyek udang
  4. Nasi rawon cumi.

Apabila Anda bukan pencinta cumi, ada juga beberapa menu lainnya seperti nasi ayam, nasi paru, nasi tongkol, dan lain-lain.

Nasi Cumi Waspada

  • Alamat: Belakang Pasar Atom. Jl. Waspada No. 2-4, Bongkaran, Kec. Pabean Cantian, Surabaya
  • Estimasi harga untuk makan berdua: Rp60 ribu – Rp100 ribu

4. Kuliner Surabaya: Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Kuliner Surabaya Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Mau makin nikmat? Tambahkan sate kerang dan segelas es kelapa muda.

Bicara kuliner khas Surabaya, lontong balap tentu wajib dicoba. Kuliner Surabaya yang satu ini terdiri dari lontong, tahu goreng, taoge, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal dipadu kuah segar. Mau makin nikmat? Tambahkan sate kerang dan segelas es kelapa muda.

Ada banyak tempat yang menyajikan lontong balap. Namun jika tidak kecewa, coba Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Tempat makan yang ada sejak lebih dari empat dekade ini tetap menjaga kualitas rasa lontong balapnya yang juara.

Lontong Balap Garuda Pak Gendut

  • Alamat: Depan bekas Bioskop Garuda, Jalan Kranggan no. 60, Sawahan, Surabaya
  • Estimasi harga untuk makan berdua: Rp60 ribu – Rp100 ribu

5. Kuliner Surabaya: Rawon Setan Mbak Endang

Kuliner Surabaya Rawon Setan Mbak Endang

Rawon Setan Mbak Endang yang ada di Jalan Embong Malang, Surabaya inilah rumah makan rawon setan yang asli dan pertama di Indonesia.

Di beberapa kawasan, tempat makan dengan nama serupa mungkin bukan hal yang asing lagi. Akan tetapi, Rawon Setan Mbak Endang yang ada di Jalan Embong Malang, Surabaya inilah rumah makan rawon setan yang asli dan pertama di Indonesia.

Biasanya aneka kuliner yang diberi embel-embel kata setan adalah karena tingkat kepedasannya, namun untuk rawon yang satu ini karena dulunya Rawon Setan baru buka saat malam hari, yakni mulai pukul 22.00 WIB hingga dini hari, identik dengan munculnya setan.

Rawon Setan Mbak Endang

  • Alamat: Jalan Embong Malang, Surabaya
  • Estimasi harga untuk makan berdua: Rp60 ribu – Rp100 ribu

Itulah daftar kuliner Surabaya paling juara. Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah