Tangerang

Ulasan wilayah ini mengupas pasar properti Tangerang, sebuah daerah penyangga Jakarta yang masuk wilayah Provinsi Banten. Secara geografis wilayah ini terletak tepat di sebelah barat ibu kota, Jakarta. Berbatasan dengan Tangerang Selatan di sebelah selatan, serta Daerah Khusus Ibukota Jakarta di sebelah timur.

Tangerang sendiri merupakan kota terbesar di Provinsi Banten serta ketiga terbesar untuk kawasan Jabodetabek setelah Jakarta dan Bekasi. Dan yang menarik, kawasan ini adalah pusat manufaktur dan industri di Pulau Jawa. Terdapat lebih dari seribu pabrik yang tersebar di seluruh kawasannya, terutama di sekitar Jatiuwung, Balaraja, Cisoka, dan Cikupa.

Itu sebabnya kawasan ini dikenal juga sebagai Kawasan Seribu Industri. Banyak perusahaan-perusahaan berskala internasional yang memiliki pabrik di wilayah ini. Dan yang menarik Tangerang juga memiliki area pesawahan yang sangat luas dan masih memiliki fungsi sebagai mata pencaharian penduduk setempat sebagai petani, meski keberadaanya saat ini banyak perubahan tata guna lahan untuk industri dan perkotaan.

Ya, sebagai salah satu daerah penyangga Jakarta, maka dampak melubernya jumlah penduduk Jakarta sebagian pun bermigrasi ke Tangerang, dengan tetap mencari nafkah di Jakarta. Itu pula yang menyebabkan dalam beberapa tahun terakhir ini banyak berdiri perumahan dan kota mandiri mulai dari kelas menengah hingga premium di kawasan ini.

Untuk fasilitas penunjang kebutuhan dan gaya hidup, sebagai kota terbesar ketiga di Jabodetabek, juga sangat lengkap. Sarana pendidikan lengkap dan tersebar di seluruh kawasannya mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Kualitas dari pendidikan pun bervariasi, dari sekolah negeri hingga swasta unggulan.

Untuk fasilitas kesehatan terdapat Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang, RSUD, Rumah Sakit Awal Bros, Mayapada Hospital, RS Hermina, dan banyak lagi. Untuk sarana transportasi publik tersedia bus, angkutan perkotaan (angkot) dan juga taksi, dengan dua terminal bus untuk Antar Kota Antar Provinsi seperti:
• Terminal Bus Ciledug
• Terminal Bus Poris Plawad

Dan keunggulan kawasan ini dibandingkan kawasan penyangga Jakarta lainnya seperti Depok dan Bekasi adalah, Tangerang punya Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta yang terletak di Kecamatan Neglasari, Tangerang.

Bandara ini melayani penerbangan domestik seperti ke Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Batam, Medan, Padang, Malang, Solo, Denpasar dan kota-kota lainnya. Sedangkan penerbangan internasional melayani tujuan Singapura, Kuala Lumpur, Malaka, China, Sydney, Jeddah, Madinah, Tokyo dan lainnya.

Baca Selengkapnya
153.93 km2
Luas Wilayah
2.139.891 jiwa
Populasi
13
kecamatan
104
Kelurahan
2
Terminal Bus

Peta & Properti Sekitar

Apa saja yang ada di sekitar

Tangerang, Banten, Indonesia

Baca lebih lanjut Tangerang

Simak lebih lanjut wilayah Tangerang

Properti dijual di Tangerang

Properti disewakan di Tangerang

Masukan