Tangerang Selatan

Ulasan wilayah ini mengupas pasar properti Tangerang Selatan, sebuah kawasan penyangga Jakarta yang masuk wilayah Provinsi Banten. Lokasi persisnya terletak 30 km sebelah barat Jakarta dan 90 km sebelah tenggara Serang, ibu kota Provinsi Banten.

Letak Tangerang Selatan memang sangat strategis karena berbatasan dengan Kota Tangerang di sebelah utara, Kabupaten Bogor (Provinsi Jawa Barat) di sebelah selatan, Kabupaten Tangerang di sebelah barat, serta Daerah Khusus Ibukota Jakarta di sebelah timur. Itu sebabnya daerah ini juga menjadi salah satu kawasan hunian favorit bagi kaum urban yang bekerja di Jakarta.

Dari segi jumlah penduduk, Tangerang Selatan merupakan kota terbesar kedua di Provinsi Banten setelah Kota Tangerang serta terbesar keenam di kawasan Jabodetabek setelah Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, dan Depok. Dan perlu diketahui, sebelumnya wilayah Tangerang Selatan ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Tangerang.

Terbentuknya wilayah ini sebagai kota otonom juga berawal dari keinginan masyarakat untuk mendorong pembangunan dan kesejahteraan wilayahnya karena merasa kurang diperhatikan Pemerintah Kabupaten Tangerang. Hingga pada 27 Desember 2006, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tangerang menyetujui terbentuknya Kota Tangerang Selatan ini.

Kota otonom ini terdiri atas tujuh kecamatan, yakni, Ciputat, Ciputat Timur, Pamulang, Pondok Aren, Serpong, Serpong Utara dan Setu. Dan 22 Januari 2007, Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tangerang menetapkan Kecamatan Ciputat sebagai pusat pemerintahan Kota Tangerang Selatan secara aklamasi.

Lalu pada 29 Oktober 2008, Menteri Dalam Negeri Indonesia, Mardiyanto, pun meresmikan pembentukan Kota Tangerang Selatan dengan tujuh kecamatan hasil pemekaran dari Kabupaten Tangerang yang telah disetujui oleh DPRD Kabupaten Tangerang pada 27 Desember 2006.

Dan sekarang meski usia kawasan ini terbilang masih sangat muda tapi perkembangannya tergolong sangat signifikan. Perubahan yang terjadi di kota ini sangat cepat dan fantastis, terlihat nyata secara fisik. Tengok saja perkembangan kawasan Bintaro, Ciputat, Serpong, Gading Serpong, yang merupakan bagian dari Tangerang Selatan.

Dari sisi infrastruktur, jalan-jalan utama atau jalan provinsi yang sudah dilebarkan hampir 80% terwujud. Sementara jalan-jalan lingkungan yang menjadi tanggungjawab Pemerintah Kota Tangerang Selatan sudah 90% terselesaikan sehingga lalu lintas yang digunakan oleh masyarakat pada jalan-jalan kecil lingkungan sudah mulus. Jalan lingkungan tersebut juga berperan sebagai jalan alternatif bagi keadaan darurat misal karena adanya kemacetan total pada jalan utama.

Untuk sarana transportasi tersedia Bus TransJakarta yang berangkat dari beberapa pool bus yang ada di Tangerang Selatan dengan rute Jakarta. Selain itu bisa juga memanfaatkan KRL atau commuter line yang bersih dan tepat waktu. Jadi tak perlu juga mengandalkan kendaraan pribadi karena commuter line ini sangat nyaman, waktu tempuh yang singkat, tidak membuat lelah selama berkendara atau kena macet di jalan.

Di sektor pendidikan Tangerang Selatan juga banyak membangun dan merenovasi gedung-gedung sekolah dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas. Bukan hanya sekolah negeri, kawasan ini juga punya banyak sekolah unggulan yang sering meraih penghargaan tingkat provinsi hingga nasional.

Untuk perguruan tinggi negeri terdapat 2 perguruan tinggi negeri, 2 perguruan negeri kedinasan. Sedangkan perguruan negeri swasta ada 17 perguruan tinggi. Sebut saja Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta yang berada di Ciputat, Politeknik Keuangan Negara STAN di Bintaro, dan Akademi Meteorologi dan Geofisika di Jl. Pondok Betung Raya.

Dan sebagai kawasan penopang ibukota, Tangerang Selatan punya banyak tempat perbelanjaan mulai dari pasar tradisional hingga mall-mall ternama. Dari segi fasilitas kesehatan juga terdapat 14 rumah sakit.

Satu di antaranya Rumah Sakit Pemerintah Daerah atau RSUD dan juga banyak rumah sakit swasta yang berkelas. Tidak kalah pentingnya pembangunan gedung Puskesmas juga ikut digenjot pada tiap-tiap kecamatan dan disediakan pula pengobatannya gratis bagi warga yang memiliki KTP Tangerang Selatan.

Baca Selengkapnya
3
Stasiun KRL
7
Kecamatan
54
Kelurahan
21
Perguruan Tinggi

Peta & Properti Sekitar

Apa saja yang ada di sekitar

Jl. Pinus VI Blok BD No.53, RT.8/RW.2, Rw. Buntu, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310, Indonesia

Baca lebih lanjut Tangerang Selatan

Simak lebih lanjut wilayah Tangerang Selatan

Properti dijual di Tangerang Selatan

Properti disewakan di Tangerang Selatan

Masukan