Perumahan di Karawaci disebut ideal bagi mereka yang gemar berinvestasi properti. Pasalnya, baik sebagai aset semata maupun untuk tempat tinggal, harga rumahnya memang tumbuh positif dari waktu ke waktu. Apa yang membuat perumahan di Karawaci kian memesona?

Menyadur buku “Melacak Asal Muasal Kampung di Kota Tangerang ” karya Burhannudin, diceritakan bahwa Karawaci memiliki asal-usul nama yang sarat dengan perjuangan melawan penjajahan Belanda.

Karawaci berasal dari dua kata, yaitu kurawa yang berarti prajurit atau tentara, dan kata ci atau cai yang berarti air. Dalam buku dijelaskan, dahulu daerah Karawaci adalah pertahanan prajurit Parahyang dalam melawan kolonial Belanda. Jika Belanda bentengnya berada di Benteng Makassar pada bagian timur, maka kaum pribumi membuat benteng di bagian barat dengan pagar ending  atau gerendeng.

Tak hanya menarik untuk disimak tentang sejarahnya, perkembangan pasar properti di Karawaci juga kian memukau untuk diamati dari waktu ke waktu. Sejak masuknya pengembang nasional yakni Lippo Group ke kawasan ini, Karawaci kian menunjukkan karismanya bagi end user maupun investor. Perkembangan yang terjadi tentunya tak lepas dari peran serta pasar properti Kota Tangerang secara general.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Indeks harga properti di Kota Tangerang pada Q1 2021 berada di angka 127,9.

Indeks harga properti di Kota Tangerang pada Q1 2021 berada di angka 127,9.

Perkembangan pasar properti di Kota Tangerang sendiri cukup singnifikan dalam beberapa kuartal terakhir. Kendati kenaikannya tidak drastis, namun setidaknya market berhasil mempertahankan posisinya dari kondisi global yang tak menentu.

Di Q1 2021, indeks harga properti di Kota Tangerang mencapai angka 127,9 atau naik 4,63 persen secara Quarter on Quarter (QoQ). Dimana pada kuartal sebelumnya yakni Q4 2020, indeks berada di angka 122,3.

Sedangkan secara tahunan atau Year on Year/YoY, indeks harga berhasil tumbuh sebanyak 9,09 persen dibandingkan Q1 2020. Pertumbuhan indeks harga ini tentunya juga akan berdampak pada kenaikan harga properti di kawasan yang masuk dalam wilayah Kota Tangerang.

Indeks suplai pada Q1 2021 terkoreksi naik 47,23 persen secara tahunan.

Indeks suplai pada Q1 2021 terkoreksi naik 47,23 persen secara tahunan.

Tak hanya dari sisi harga, indeks suplai properti di Kota Tangerang juga naik secara positif. Pertumbuhannya bisa disimak melalui grafik di atas. Sebagai ringkasan, indeks suplai pada Q1 2021 meningkat 47,23 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya atau Q1 2020 (YoY).

Sementara itu secara kuartalan, indeks suplai properti di Kota Tangerang juga tumbuh 9,58 persen dibandingkan Q4 2020. Peningkatan suplai atau pasokan ini tentu mengindikasikan bahwa demand masyarakat akan perumahan di Kota Tangerang cukup besar.

Ingin mulai berinvestasi properti namun kesulitan dalam mencari lokasi? Jangan khawatir, baca dulu panduan properti yang mengulas tips menggunakan jasa agen properti.

Membaca Tren Perumahan di Karawaci 

Membaca Tren Perumahan di Karawaci

Indeks suplai rumah di Karawaci ikut tumbuh positif sejalan dengan pasar properti Kota Tangerang secara general

Merujuk grafik di atas, Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) juga mengamati dinamika dalam pasar properti di Karawaci, khususnya di segmen rumah tapak. Dari sisi tren suplai, indeks saat ini berada dalam posisi yang mapan bila dibandingkan dua tahun terakhir.

Itu sebabnya, secara tahunan indeks suplai pada Q1 2021 naik 55,09 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya (YoY). Sedangkan secara kuartalan, indeks tumbuh sebanyak 5,40 persen dibandingkan Q4 2020. Lalu bagaimana dengan tren harga rumah di Karawaci? Simak selengkapnya di bawah ini.

Pertumbuhan indeks harga rumah di Karawaci terpantau konsisten dari kuartal ke kuartal

Pertumbuhan indeks harga rumah di Karawaci terpantau konsisten dari kuartal ke kuartal

Setidaknya, ada beberapa alasan punya rumah di Karawaci. Dari aspek infrastruktur, Karawaci bisa dikatakan sudah cukup memadai. Meski jarak Karawaci cukup jauh dari Jakarta, namun hal tersebut tidak menjadi penghalang apabila ingin memiliki tempat tinggal di kawasan ini. Pasalnya, terdapat jalan layang simpang susun Karawaci yang diresmikan pada 2011. Jalan layang ini menjadi salah satu infrastruktur yang memberikan kemudahan akses pada para warga yang beraktivitas di Jakarta.

Jalan layang ini memiliki panjang 91,38 meter dan lebar 9 m yang menghubungkan langsung antara Karawaci dan Jakarta. Akses jalan layang tersebut dijadikan sebagai traffic management lokal kawasan Karawaci dan sekitarnya, serta bagian dari jaringan jalan Jabodetabek. Selain itu jalur ini juga mendukung akses jalan di kawasan Tangerang dan sekitarnya.

Lalu dari fasilitas publik seperti rumah sakit, sekolah hingga pusat perbelanjaan, dapat dengan mudah ditemukan Karawaci. Maka dari itu, bagi para pencari hunian yang sedang mencari tempat tinggal di luar Jakarta, tidak ada salahnya melirik kawasan ini. Apalagi Karawaci memiliki banyak keunggulan dibanding kawasan lainnya di Tangerang.

Salah satunya ialah instrumen harga rumah yang kian menggiurkan dari waktu ke waktu. Bisa dilihat dari grafik di atas, pada Q1 2021 tren  harga rumah di Karawaci mencapai puncak tertingginya dengan raihan indeks 150, atau naik 27,27 persen secara YoY.

Kemudian secara kuartalan atau QoQ, indeks harga rumah juga naik sebesar 4,97 persen dibandingkan kuartal sebelumnya. Dimana pada Q4 2020, indeks harga berada di angka 142,9. Jadi, semakin tertarik untuk cari perumahan di Karawaci?

Rekomendasi 7 Perumahan di Karawaci 

Rekomendasi 7 Perumahan di Karawaci

Tergantung seberapa besar dana yang dimiliki, namun yang pasti ketujuh perumahan berikut ini bisa dibeli dengan sistem KPR. (Nusa Aryana)

Perumahan di Karawaci disasar banyak keluarga muda maupun kelompok produktif yang mendambakan hunian dengan harga terjangkau. Sesuai dengan listing di halam Beli di Rumah.com, harga rumah di kawasan ini memang bervariasi.

Ada yang masih dipasarkan Rp400 jutaan untuk rumah minimalis satu lantai namun ada juga yang dibanderol Rp1 miliar untuk tipe-tipe yang lebih mewah. Kisarannya, perumahan di Karawaci masih ideal bagi masyarakat berpenghasilan minimal Rp9 jutaan per bulan. Berikut rekomendasi 7 perumahan di Karawaci khusus dirangkum Rumah.com.

1. Perumahan di Karawaci: Aryana Karawaci

Aryana Karawaci dapat menjadi alternatif hunian bagi keluarga Anda. Harga huniannya dijual mulai Rp500 jutaan untuk rumah dengan spesifikasi dua kamar tidur (LB 36m2/LT 72m2). Menariknya, perumahan ini dilengkapi berbagai fasilitas unggulan seperti waterpark, pusat jajan, SPBU, dan pasar modern.

2. Perumahan di Karawaci: Cendana Icon Estate

Pilihan perumahan di Karawaci lainnya adalah Cendana Icon Estate yang dikembangkan di lahan seluas 1.300 hektare. Perumahan ini berada di dalam Kota Lippo Karawaci yang memiliki lansekap kota hijau sehingga menjadikan lokasi ini bebas banjir. Harga rumahnya sendiri dipasarkan Rp700 juta untuk tipe bangunan dua lantai, dengan tiga kamar tidur dan tiga kamar mandi. Menarik, kan?

3. Perumahan di Karawaci: Karawaci House

Sementara itu ada juga Karawaci House yang layak dijadikan pilihan bagi masyarakat yang mengincar rumah dengan harga di bawah Rp500 juta. Lokasi perumahan ini cukup strategis, bisa dijangkau dengan mudah dari Bandara Soekarno–Hatta maupun gerbang Tol Karawaci.

4. Perumahan di Karawaci: The Green City Residence

Lain lagi, di The Green City Residence masyarakat bisa menjumpai opsi rumah dengan harga Rp590 jutaan untuk tipe 45. Saat ini, perumahan tengah memberikan kemudahan seperti uang muka yang bisa dicicil selama 12 kali, hingga langsung huni rumahnya pasca bayar booking fee. Tentunya hal ini dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

5. Perumahan di Karawaci: Binong 1 Residence

Perumahan di Karawaci satu ini juga patut dipertimbangkan. Lokasi klasternya berada dekat dengan kawasan Lippo Karawaci dan Citra Raya Cikupa. Untuk harga, rumah dua lantai di sini ditawarkan mulai Rp1,2 miliar. Namun harga tersebut masih relevan dengan fasilitas perumahan dan gaya hunian yang modern.

6. Perumahan di Karawaci: Taman Ubud Kencana Loka

Perumahan di Karawaci rekomendasi Rumah.com selanjutnya adalah Taman Ubud Kencana Loka. Rumah dengan luas tanah 60m2 dan bangunan 55m2 ini dijual seharga Rp675 juta. Soal fasilitas, pengembang menyediakan jogging lane, outdoor gym, children playground, hingga pet park khusus bagi penghuni.

7. Perumahan di Karawaci: The Royal Park Karawaci

Terakhir ada The Royal Karawaci. Perumahan yang menawarkan hunian seharga Rp547 jutaan ini dilengkapi jogging track, kolam renang, club house, musala, dan jalan lebar dengam ROW 10 meter.  Bagi keluarga muda yang mendambakan hunian pertama, unit di sini bisa dimiliki dengan cicilan KPR sekitar Rp5 juta selama 20 tahun.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah