Sebagai wilayah penyangga ibu kota Jakarta, Tangerang mempunyai banyak kawasan hunian. Salah satunya adalah Karawaci yang berada di provinsi Banten. Dengan luas wilayah 14,98 km2, Karawaci disebut-sebut sebagai kawasan perumahan yang ramah lingkungan. Tentunya masih ada banyak alasan lainnya untuk punya rumah di Karawaci.

Lippo Karawaci juga merupakan menjadi ikon wilayah ini. Tidak hanya Lippo Karawaci, namun kecamatan yang dahulu memiliki nama Cimone memiliki berbagai keunggulan yang tak kalah dengan Jakarta. Di Karawaci banyak kehadiran kompleks perumahan, mulai dari harga untuk kelas menengah hingga premium. Desain arsitektur perumahan yang ditawarkan juga beragam, dari bergaya Eropa klasik hingga modern minimalis.

Mau punya hunian sekaligus investasi di bawah Rp 500 juta di daerah Karawaci? Cek aneka pilihan huniannya di sini!

Selain itu, dari infrastruktur di Karawaci bisa dikatakan sudah cukup memadai. Dari fasilitas publik seperti rumah sakit, sekolah hingga pusat perbelanjaan dapat dengan mudah ditemukan di sini. Bagi para pencari hunian yang sedang mencari tempat tinggal di luar Jakarta, tidak ada salahnya melirik kawasan ini.

Pasalnya Karawaci memiliki banyak keunggulan dibanding kawasan lainnya di Tangerang. Lantas, apa saja kelebihan Karawaci sebagai kawasan hunian yang patut diperhitungkan? Berikut ulasan berbagai keunggulan memiliki rumah di Karawaci yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam mencari sebuah hunian.

Rumah di Karawaci Akses Transportasi Mudah

Rumah di Karawaci Akses Transportasi Mudah

Shuttle bus menjadi pilihan sehari-hari bagi warga yang tinggal di kawasan Karawaci.  (lippovillage.com)

Harga hunian di Karawaci, memang lebih terjangkau dari harga rumah di Jakarta. Hal ini pula yang menjadi nilai lebih, tetapi ada hal lain yang tidak boleh luput dari perhatian apabila ingin tinggal di Karawaci. Saat memutuskan untuk tinggal di wilayah penyangga, hal yang mesti diperhatikan adalah sarana transportasi.

Pasalnya, Karawaci bukanlah kawasan yang strategis sehingga ada jarak yang dikorbankan apabila ingin memiliki hunian di Karawaci. Namun untuk urusan transportasi, di Karawaci tidaklah sulit. Sarana transportasi yang memadai dapat dikatakan cukup beragam dan mudah ditemukan.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Di Karawaci bus dan angkutan umum biasa digunakan untuk beraktivitas. Di sini juga tersedia shuttle bus yang membuat akses dari Karawaci ke Tangerang maupun Jakarta semakin mudah. Selain itu, Karawaci juga memiliki stasiun kereta terdekat, yaitu stasiun Tangerang dan Serpong.

Lalu, apabila ingin ke Bandar Udara Internasional Soekarno – Hatta, ada DAMRI yang tersedia. Saat ini juga tersedia bus Transjakarta yang menghubungkan JakartaTangerang. Jalur tersebut yaitu koridor 11 dari Bundaran Senayan – Poris Plawad. Dari Poris Plawad, Tangerang bisa melanjutkan menggunakan angkutan umum untuk menuju ke Karawaci.

Rumah di Karawaci Memiliki Fasilitas Publik yang Lengkap

Rumah sakit Siloam adalah salah satu rumah sakit terbesar dan memiliki teknologi terdepan yang ada di Karawaci.(siloamhospitals.com)

Rumah sakit Siloam adalah salah satu rumah sakit terbesar dan memiliki teknologi terdepan yang ada di Karawaci.(siloamhospitals.com)

Sebagai kota yang terus berkembang, Karawaci terus memberikan pelayanan terbaik bagi para warganya, terutama di bidang kesehatan. Hal tersebut dibuktikan dengan pembangunan rumah sakit serta klinik berfasilitas lengkap. Beberapa diantaranya adalah RS Siloam karawaci, RSAB Sari Asih, RS Melati, RS Tiara Tangerang, dan Klinik Karawaci Medika.

Selain fasilitas kesehatan, pendidikan juga sangat penting . Terdapat berbagai sekolah hingga universitas ternama di Karawaci, misalnya Universitas Pelita Harapan, SMPN 6 Tangerang, SMA Islamic Centre, SMAN 4 Tangerang, SMA-SMK PGRI 109, Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang, Universitas Muhammadiyah Tangerang, dan Universitas Buddhi Dharma.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Selain fasilitas kesehatan dan pendidikan Karawaci juga memiliki pusat perbelanjaan yang mumpuni. Selain untuk membeli kebutuhan primer, sekunder hingga tersier, pusat perbelanjaan juga berfungsi sebagai tempat pelepas penat. Terdapat beberapa pusat perbelanjaan seperti Supermal Karawaci, City Mall, Ramayana, dan Mitra 10 yang berada di kawasan ini.

Dengan keberadaan semua fasilitas publik tersebut tentunya bagi Anda yang ingin tinggal di Karawaci tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya semua fasilitas publik yang ada tidak kalah dengan Jakarta maupun kawasan lainnya. Selain itu, Karawaci juga didukung dengan akses jalan yang mumpuni.

Infrastruktur Kawasan Rumah di Karawaci Semakin Berkembang

Infrastruktur Kawasan Rumah di Karawaci Semakin Berkembang

Jalan layang simpang susun Karawaci menjadi salah satu infrastruktur yang memudahkan akses dari Jakarta ke Karawaci. (datajembatan.com)

Meski jarak Karawaci cukup jauh dari Jakarta, namun hal tersebut tidak menjadi penghalang apabila ingin memiliki tempat tinggal di kawasan ini. Pasalnya, terdapat jalan layang simpang susun Karawaci yang diresmikan pada 2011. Jalan layang ini menjadi salah satu infrastruktur yang memberikan kemudahan akses pada para warga yang beraktivitas di Jakarta.

Jalan layang ini memiliki panjang 91,38 meter dan lebar 9 m yang menghubungkan langsung antara Karawaci dan Jakarta. Akses jalan layang tersebut dijadikan sebagai traffic management lokal kawasan Karawaci dan sekitarnya, serta bagian dari jaringan jalan Jabodetabek. Selain itu jalur ini juga mendukung akses jalan di kawasan Tangerang dan sekitarnya.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Selain jalan layang, Karawaci juga memiliki jalan tol yang menghubungkan antara Jakarta dan Tangerang. Jalan tol ini memiliki gerbang tol Tomang, Kebon Jeruk, Meruya, Meruya Utara, Kembangan Selatan, Karang Tengah Barat, Kunciran, Tangerang, Karawaci, dan Bitung. Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Jakarta – Merak. 

Dengan kehadiran infrastruktur yang mumpuni, aksesibilitas di Kawasan Karawaci semakin tinggi. Diharapkan Karawaci dapat semakin tumbuh dan bisa menjadi kota mandiri. Dimana Jakarta sebagai kota inti dan kawasan lainnya seperti Tangerang, Bekasi, Bogor dan Depok sebagai kota pendukung.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah