Kelurahan Malaka Sari Jakarta Timur (RW02) berhasil meraih juara umum pada acara apresiasi dan gathering program Jakarta Green and Clean (JGC) di Jakarta, Selasa (27/12). Kriteria penilaian dilihat dari pengelolaan lingkungan dan penanganan sampah rumah tangga. Dengan kemenangan ini, RW 02 Kelurahan Malaka Sari berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp15 juta.

Selain memilih juara umum, panitia program JGC juga memberikan hadiah bagi empat runner up,  yakni Tomang Jakarta Barat (RW 07), Kebayoran Lama Jakarta Selatan (RW12), Jagakarsa Jakarta Selatan (RW05), dan Rorotan Jakarta Utara (RW01). Masing-masing mendapat hadiah uang tunai Rp7,5 juta.

Sancoyo Antarikso, Corporate Secretary PT Unilever Indonesia mengatakan, program JGC merupakan salah satu upaya PT Unilever Indonesia dalam bidang pelestarian lingkungan. “Program JGC yang dimulai pada 2006 dengan melibatkan 148 RT, saat ini telah melibatkan 1.000 RW dari 42 kecamatan di Jakarta," kata Sancoyo.

Melihat permasalahan sampah di Jakarta yang makin mengkhawatirkan (diprediksi mencapai 6.500 ton per hari), program JGC 2011 menitikberatkan pada pengelolaan sampah melalui bank sampah. Bank sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering (kertas, kaleng, dan plastik) yang terkoordinasi dan memiliki jaringan dengan pengepul, sehingga warga memperoleh pendapatan tambahan.

Di lain pihak, Atty Chandrawaty, Sekretaris Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jakarta mengatakan, program JGC sangat sesuai dengan program pembangunan di Jakarta yang saat ini mengusung upaya perbaikan ligkungan. "Kita semua berharap program ini terus dilanjutkan dan dikembangkan, juga mengikutsertakan lebih banyak lagi peran komunitas masyarakat agar upaya mewujudkan lingkungan Jakarta yang nyaman dapat terwujud," pungkasnya

Anto Erawan

KIRIM KOMENTAR