RumahCom – Sofa merupakan elemen yang bisa dibilang wajib dalam sebuah hunian. Selain memberi kenyamanan pada tamu yang datang bertandang, sofa juga dapat digunakan untuk tempat bersantai bersama keluarga atau sekadar untuk menonton televisi.

Untuk rumah berukuran mungil, penempatan pemilihan dan sofa mesti diperhatikan. Jika ingin sofa tampil menarik, sebaiknya desain sofa disesuaikan dengan desain interior ruangan. Jika ruang tamu  berdesain minimalis, pilihlah sofa dengan desain minimalis pula. Hal ini akan memberi kesan lapang kendati ruangan berukuran kecil.

Untuk ruang tamu, penempatan sofa sebaiknya menggabungkan sofa berbentuk persegi empat dengan sofa berbentuk huruf “L” (tergantung ketersediaan ruang). Pilihlah sofa dengan pelapis terbuat dari kulit atau kain yang polos, tanpa motif atau corak. Jika ingin sofa dengan motif, pilihlah yang motif geometris.

Sementara itu, sofa di ruang keluarga harus cozy dan bentuknya terkesan lebih santai. Dengan demikian, pengguna dapat memilih posisi sesuai dengan keinginannya—baik duduk atau merebahkan diri. Berbeda dengan di ruang tamu, sofa yang dipilih untuk ruang keluarga sebaiknya berlapis kain berwarna-warni dengan corak yang beragam, agar menimbulkan suasana akrab dan hangat.

Untuk mempermanis tampilan sofa, Anda dapat melengkapinya dengan bantal-bantal berwarna cerah yang disusun berjajar. Selain menambah kenyamanan, warna bantal yang kontras juga dapat menjadi aksen yang membuat ruangan terasa makin dinamis.

Anto Erawan
antoerawan@rumah.com

KIRIM KOMENTAR