RumahCom – Selain progres yang menggembirakan di proyek apartemen, di tahun 2011 lalu PT Ciputra Property, Tbk (CTRP) juga mengalami perkembangan yang baik di sisi ritel. Pada Mei 2011 lalu, misalnya, Ciputra World Jakarta 1 melakukan MoU dengan LotteMart. “Mereka sepakat untuk menyewa 100% area ritel di Ciputra World Jakarta 1 seluas 77.000 m2,” papar Sugwantono, Direktur Ritel PT Ciputra Property, Tbk.

Saat ini, kata Sugwantono, pembangunan mal di Ciputra World Jakarta 1 telah mencapai lantai ke-13. “Menurut rencana, mal ini akan dibuka akhir 2012 atau awal 2013 nanti,” ungkapnya.

Selain itu, CTRP juga memiliki dua mal lain yang terbilang sukses: Mal Ciputra Jakarta dan Mal Ciputra Semarang. Sugwantono menyebutkan, tingkat okupansi Mal Ciputra Jakarta saat ini mencapai 96%, sementara Mal Ciputra Semarang menyentuh angka 99%.

Kedua pusat belanja ini, kata Sugwantono, terbilang proyek lama. Mal Ciputra Jakarta mulai beroperasi pada Februari 1993, sementara Mal Ciputra Semarang pada Desember 1993.

Mengingat usianya yang terbilang lanjut, maka CTRP berencana melakukan renovasi kedua mal ini. Renovasi akan dilakukan mulai April atau Mei 2012, meliputi interior dan eksterior mal. Menurut rencana, renovasi akan rampung pada 2013 mendatang. “Namun selama proses renovasi, mal akan tetap beroperasi,” tegas Sugwantono.

Menyoal biaya, Sugwantono menyebut angka Rp24 miliar untuk merenovasi Mal Ciputra Semarang, sementara untuk Mal Ciputra Jakarta memakan biaya sebesar Rp44 miliar. Untuk merenovasi kedua mal ini, CTRP menggandeng konsultan asal Singapura, yakni Aedas.

Anto Erawan
(antoerawan@rumah.com)

KIRIM KOMENTAR