RumahCom – Perum Perumnas menyatakan kesediaannya untuk mengelola lahan milik BUMN yang tidak terpakai (idle). Lahan tersebut nantinya akan digunakan untuk membangun proyek perumahan dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Himawan Arif, Direktur Utama Perumnas mengatakan pihaknya menawarkan diri untuk mengelola lahan-lahan milik BUMN yang tak terpakai. Namun dikatakannya, belum ada mekanisme khusus yang  dirancang dalam pengelolaan lahan tersebut.

“Intinya kami akan kelola lahan-lahan idle itu dengan catatan mereka tidak dapat mengelolanya sendiri dan tidak bermaksud menjadikan lahan tersebut sebagai cadangan lahan mereka sendiri,” kata Himawan di Jakarta, kemarin (25/11).

Hal itu dikatakannya untuk merespon permintaan Menteri BUMN, Dahlan Iskan, agar Perumnas berada di garis terdepan dalam pengembangan rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Pengelolaan lahan-lahan idle milik BUMN nanti akan dilakukan di anak usaha BUMN tersebut di bidang properti. Tapi Perumnas memegang peranan besar,” kata Dahlan.

Menurut Dahlan, tahun depan beberapa BUMN yang mempunyai banyak lahan idle akan diarahkan untuk membentuk anak usaha yang bergerak di sektor properti. Nantinya, anak usaha tersebutlah yang akan mengembangkan proyek properti.

"PT KAI atau PT Pos Indonesia itu lahan idle-nya kan lumayan (banyak). Itu bisa dimanfaatkan. Apalagi PT KAI, akan sangat efisien jika membangun rusunami di dekat stasiun," imbuh Dahlan.

Foto: Anto Erawan

 

 

KIRIM KOMENTAR