RumahCom – Menteri Perindustrian, MS Hidayat, mengusulkan sistem subsidi silang antara pengembangan rumah murah dengan rumah mewah. Hal ini dipercaya dapat membantu pengembang agar lebih tertarik membangun rumah murah.

Hidayat mengungkapkan, subsidi tersebut bisa dilakukan dengan membuat kepengurusan IMB untuk rumah murah menjadi nol rupiah. “Biaya IMB untuk rumah subsidi ini di-nol-kan saja agar harga rumah bisa ditekan,” katanya ketika ditemui dalam acara Musyawarah Nasional Real Estat Indonesia, Selasa (26/11).

Selain itu, mantan Ketua Umum REI ini juga mengungkapkan pemerintah bisa memberikan insentif melalui pajak lebih rendah lagi. Kekurangannya, menurut Hidayat bisa ditutupi dari sektor perumahan mewah.

Nantinya perumahan mewah menurutnya bisa dikenai pajak tambahan untuk menutupi subsidi yang harus diberikan kepada rumah murah. Pasalnya menurut Hidayat saat ini juga banyak pengembang yang membangun rumah dan apartemen mewah yang seharusnya ikut membantu pembangunan rumah murah.

“Jadi sistemnya nanti subsidi silang. Biaya IMB apartemen mewah dinaikkan,”

Walaupun ini rumah murah, Hidayat mengingatkan para developer juga harus mendapatkan keuntungan yang cukup. Pasalnya hal inilah yang bisa membuat pengembang di kelas ini tetap bisa menghasilkan rumah secara berkelanjutan.

Foto: Anto Erawan

 

 

KIRIM KOMENTAR