RumahCom – Kebersihan kamar mandi tidak hanya baik bagi kesehatan pemilik rumah. Tetapi seperti Penyanyi Si Burung Camar pernah katakan, kebersihan kamar mandi di rumah seseorang adalah cerminan wajah si empunya rumah. Anda pasti akan malu jika ada salah satu tamu tiba-tiba harus ‘meminjam’ kamar mandi Anda yang ternyata belum dibersihkan. >>Baca: Toilet Adalah Cerminan Wajah Kita   

Berikut tips mudah dan menarik untuk membersihkan kamar mandi di rumah Anda dari noda membandel:

1. Agar WC terlihat lebih putih—tanpa menggunakan obat pembersih WC yang tidak jarang merupakan larutan berbahaya—campurkan secangkir cuka dan satu sendok makan baking soda dan siramkan ke seluruh permukaan WC. Setelah didiamkan selama 30 menit, gosok dengan sikat. Maka WC akan terlihat putih seketika!

(Baca: Kamar Mandi Ramah Lingkungan)

2. Jika WC kinclong yang Anda inginkan, campurkan sedikit boraks dan jeruk nipis atau jeruk lemon, lalu aduk hingga menjadi adonan. Setelah itu, gosok permukaan WC yang ternoda dengan menambahkan adonan boraks tadi. Selain kinclong, WC pun akan menjadi segar dengan aroma jeruk.

3. Agar sudut-sudut kamar mandi bebas dari tumpukan jamur, semprotkan cuka ke daerah sudut yang berjamur dan biarkan mengering. Tanpa harus menyikatnya, Anda hanya perlu mengusapnya dengan lap lembap.

4. Untuk menghilangkan noda karat di keran, cukup menggunakan pasta gigi, lalu gosok di daerah yang berkarat. Mudah bukan?

5. Jika cermin di kamar mandi mulai tampak memiliki noda, gosok menggunakan lap yang sudah dibaluri krim pencukur. Dalam sekejap, noda pun akan hilang. Jika tidak ada krim pencukur, koran lembap dan lap kering juga bisa sangat berguna.

Im Suryani
imsuryani@rumah.com

Foto: Anto Erawan

KIRIM KOMENTAR