RumahCom – Ditandai dengan prosesi ground breaking, pembangunan AEON Mall BSD City dimulai, Sabtu (24/8) lalu. Mal suburban bergaya Jepang pertama di Indonesia ini berdiri di atas lahan 10 hektar di BSD City dengan luas gross area 160.000 m².

AEON Mall BSD City akan menampung 190 tenant, dimana 30% diantaranya adalah tenant dari Jepang, seperti AEON General Merchandising Store—dahulu disebut JUSCO—yang akan menjadi tenant utama. “Sementara itu, brand Jepang lain masih dalam proses negosiasi,” jelas Soichi Okazaki, Chief Executive Officer AEON Mall di sela acara ground breaking.

Okazaki memaparkan, mal empat lantai ini tidak hanya memanjakan pengunjung dalam berbelanja, tetapi juga menawarkan beragam hiburan (entertainment), sajian kuliner, dan lain-lain. Untuk menambah kenyamanan, mal yang mengangkat tagline “For Your Smart Living” ini dilengkapi area parkir di atap dan bawah tanah yang dapat menampung 2.700 mobil dan 2.300 sepeda motor.

Dia menjelaskan, AEON Mall menyasar kelas menengah, sehingga tidak menampilkan produk dari brand kelas atas. Namun, mal ini dibuat dengan standar mal Jepang. “Kami akan membuat mal ini dengan standar keamanan dan kebersihan yang belum pernah Anda lihat sebelumnya di Indonesia,” ungkapnya sembari tersenyum.

 

 

Rampung Akhir 2014
Pada kesempatan yang sama, kepada sejumlah pewarta, Michael Widjaja, Group CEO Sinar Mas Land mengungkapkan, kehadiran AEON Mall BSD City merupakan komitmen Sinar Mas Land dan AEON Mall dalam menyediakan pusat perbelanjaan dengan fasilitas terbaik bagi masyarakat, tidak hanya bagi warga penghuni BSD City tetapi juga warga di Jabodetabek.

Pembangunan mal ini juga sesuai rencana, imbuhnya, yaitu pada kuartal ketiga 2013. “Kami berharap mal ini dapat rampung dan beroperasi pada akhir 2014 mendatang,” jelasnya.

Michael optimis, AEON Mall BSD City akan menjadi salah satu pusat perbelanjaan yang unik. Selain sebagai tempat berbelanja, mal ini juga dapat menjadi tempat untuk belajar budaya Jepang dan salah satu tempat berinteraksi dengan komunitas Jepang di Indonesia.

AEON Mall BSD City merupakan proyek kerjasama Sinar Mas Land dengan AEON Mall, penggembang dan operator pusat perbelanjaan terbesar di Jepang.  AEON Mall BSD City, dibangun di bawah PT AMSL Indonesia dengan investasi sebesar USD200 juta atau lebih dari Rp2 triliun. Dalam perusahaan ini, AEON Mall menguasai 67% saham, sementara sisanya (33%) dimiliki Sinar Mas Land.

Anto Erawan
antoerawan@rumah.com

Foto: Anto Erawan

KIRIM KOMENTAR