Tips Hemat Pengeluaran Saat Musim Hujan

Anto ErawanNovember 20, 2014

RumahCom – Musim hujan kerap mengundang banyak masalah bagi rumah Anda. Sebut saja pintu dan jendela yang berubah bentuk, cat mengelupas, genteng bergeser, plafon rusak, hingga genangan air masuk ke rumah. Semuanya bisa menguras isi kocek.

Untuk menekan pengeluaran, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

Pendingin Udara
Kurangi penggunaan AC pada saat tidak dibutuhkan. Lagipula, udara di luar rumah relatif dingin di musim hujan.

Peranti Elektronik
Padamkan berbagai alat elektronik saat tak digunakan. Anda bisa menggunakan pengatur waktu atau sensor cahaya untuk memastikan lampu di luar rumah Anda menyala dan padam tepat waktu.

Rencanakan Belanja
Rencanakan belanja Anda sebelum ke pasar atau supermarket. Tetap pada rencana tersebut dan jangan membeli barang lain, sehingga Anda terhindar dari mengeluarkan biaya berlebih.

Pertimbangkanlah membeli barang-barang dalam paket, seperti tisu gulung atau pasta gigi. Memang Anda mengeluarkan uang lebih banyak, tetapi harga satuannya lebih murah.

Kendaraan
perhatikan kendaraan mobil dan motor Anda. Periksa tekanan udara ban dan sesuaikan dengan ketentuan. Ban dengan isi yang ideal mampu menghemat penggunaan bahan bakar dibanding ban yang kempes.

Memasak
Hindari membeli makan di restoran, dan masaklah sendiri untuk menghemat pengeluaran. Bila perlu, gunakan slow cooker untuk memasak ketika Anda pergi kerja, dan makan malam akan siap ketika Anda sampai di rumah.

Periksa Lemari
Ketahui isi lemari pakaian Anda, sehingga Anda mampu menunda pembelian baju. Pengeluaran berkurang, Anda pun bisa menyingkirkan baju-baju yang sudah tidak Anda gunakan.

Stop Berlangganan
Hentikan keanggotaan klub-klub olahraga, berlangganan majalah atau koran, dan online subscription yang jarang dimanfaatkan.

Coba Perbaiki Dahulu
Alih-alih membeli barang-barang baru, cobalah memperbaiki terlebih dahulu. Mulailah dari hal-hal sederhana seperti baju atau furnitur.

Selamat mencoba!

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Anto Erawan

Sumber: iDEAonline

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

8 Tips Memproteksi Rumah saat Musim Hujan

RumahCom – Musim hujan telah tiba dan BMKG memprediksi puncak curah hujan masih akan terjadi hingga Januari 2014 mendatang. Atap bocor, dinding rembes, atau banjir tentu merupakan hal yang palin

Lanjutkan membacaDesember 8, 2013

Ini Dia, 10 Kota dengan Curah Hujan Tertinggi di Dunia

RumahCom - Jika menyebut kota hujan, pikiran kita akan tertuju pada kota Bogor, Jawa Barat. Namun, apakah kota tersebut termasuk dalam sepuluh besar kota dengan curah hujan tertinggi?Ternyata tidak! B

Lanjutkan membacaDesember 10, 2012

Musim Hujan, Perkuat Atap Rumah Anda!

RumahCom – Di musim hujan ini, ada baiknya atap rumah mendapat perhatian ekstra. Lubang sedikit saja di atap, akan membuat rumah Anda rentan terkena bocor.Agar air hujan tak merembes ke bagian l

Lanjutkan membacaJanuari 21, 2014

Sambut Musim Hujan, Perhatikan Instalasi Listrik Rumah Anda

RumahCom – Musim hujan sebentar lau akan datang. Ada baiknya Anda melakukan tindakan antisipasi, seperti memperbaiki atap rumah atau instalasi listrik di rumah Anda. Hubungan pendek arus listrik

Lanjutkan membacaNovember 4, 2014

Masukan