Hong Kong Masih Pegang Rekor Ruang Ritel Termahal

Anto ErawanDesember 9, 2014

RumahCom – Penelitian yang dilakukan CBRE Group menunjukkan, Hong Kong, New York, Paris, London, dan Tokyo mempertahankan posisi mereka sebagai kota dengan harga ruang ritel termahal di dunia selama kuartal III-2014.

Hong Kong masih berada di posisi puncak dengan harga sewa USD4.327 per kaki persegi per tahun, diikuti New York (USD3.570 per kaki persegi per tahun).

Di peringkat ke tiga, dengan selisih harga yang besar, ditempati dua kota terkemuka Eropa: Paris dan London yang masing-masing membukukan harga sewa USD1.331 per kaki persegi per tahun dan USD1.328 per kaki persegi per tahun.

Harga sewa ruang ritel di Tokyo terpantau naik menjadi USD1.076 per kaki persegi per tahun. Sementara itu, harga sewa di Zurich dan Sydney turun menjadi USD895 per kaki persegi per tahun dan USD730 per kaki persegi per tahun.

“Kendati kondisi ekonomi yang agak suram, permintaan konsumen cukup kuat di sebagian besar pasar ritel,” jelas Richard Barkham, Global Chief Economist CBRE seperti dinukil dari laman WorldPropertyJournal.

Kawasan Amerika akan lebih kuat dibanding Eropa seiring dengan menguatnya sektor perbankan pasca-kebijakan fiskal dan moneter yang ketat. Sedangkan, pertumbuhan di kawasan Asia Pasifik sedikit lebih rendah dibanding pertumbuhan di 2013 lalu—namun pertumbuhannya masih lebih baik dibanding kawasan Eropa dan Amerika.

Sementara itu, Henry Chin, Head of Research CBRE Asia Pasifik menuturkan, aksi demonstrasi yang terjadi di Hong Kong ternyata tidak berdampak pada harga sewa ritel.

“Pada Oktober lalu memang terjadi penurunan minat belanja di beberapa daerah yang terdampak demonstrasi, namun musim belanja Natal akan memberi tambahan bagi penjualan di kuartal terakhir ini,” pungkasnya.

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: World Property Journal

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Salip Hong Kong, London Jadi Kota Termahal di Dunia

RumahCom – London mengambil alih posisi Hong Kong sebagai kota dengan biaya hidup termahal bagi pekerja. Perusahaan internasional yang menempatkan seorang karyawannya di London, harus menyiapkan sed

Lanjutkan membacaSeptember 24, 2014

Tarif Hotel di Kota Mode Ini Termahal di Dunia

RumahCom – Selain memiiki predikat sebagai daerah tujuan wisata utama dunia, tarif menginap di hotel bertaraf premium di Paris pun tercatat paling mahal sedunia. Savills mengungkap hal tersebut dala

Lanjutkan membacaSeptember 29, 2014

10 Kota Paling Menawan Bagi Investor Properti Global

RumahCom – Kinerja investasi properti global selama setahun terakhir (dihitung mulai Juli 2013 hingga Juni 2014) menyentuh angka USD788 miliar, atau naik 17,2% dibanding setahun sebelumnya. Hal ini

Lanjutkan membacaOktober 10, 2014

Inilah 15 Kota dengan Potensi Ekonomi Tertinggi di Dunia

RumahCom – Sebanyak enam kota dari Asia Pasifik masuk dalam daftar 15 Kota Global 2014-2019. Kota-kota ini dinillai memiliki potensi pertumbuhan ekonomi yang lebih besar dibandingkan kota-kota lainn

Lanjutkan membacaOktober 13, 2014

Masukan