RumahCom – Ancaman yang datang di saat musim penghujan tak selalu datang dari atas, seperti atap yang bocor. Ancaman dari bawah seperti genangan air hingga banjir pun kerap terjadi. Lalu, bagaimana solusinya supaya tidak banyak genangan air yang pada akhirnya membuat halaman rumah menjadi becek?

Baca: Tips Memproteksi Rumah Saat Musim Hujan

Ada beberapa penyebab air hujan menggenang di halaman rumah. Bisa jadi karena air hujan tidak menemukan tempat untuk mengalir, atau sistem drainase di halaman rumah tidak bagus.

Langkah pertama, Anda harus cari tahu mengapa air tidak mengalir. Apakah posisi halaman tidak memiliki kemiringan yang tepat? Jika demikian, buatlah supaya posisi halaman Anda miring ke arah saluran pembuangan air (got). Jika tidak bisa, maka pasanglah pipa di permukaan halaman dan arahkan ke got.

Tips kedua, Anda harus menganalisa, mengapa air di halaman tidak dapat meresap ke tanah. Apakah tidak cukup banyak tanah terbuka akibat lantai diplester atau dipasangi keramik berlebihan di halaman? Solusinya, buatlah lubang biopori atau bak resapan, sehingga air dapat meresap ke dalam tanah di halaman.>>Baca: Cara Membuat Lubang Biopori

Selanjutnya, jika halaman sudah tertutup tanah semua, tetapi air tetap menggenang, mungkin halaman Anda terlalu banyak mengandung tanah liat yang tidak dapat meresap air. Solusinya, belilah tanah humus untuk menyeimbangkan kandungan tanah liat. Lalu, Anda dapat menyebarkan batuan koral atau memasang rumput sintetis di atas tanah. Selain tidak becek, halaman pun memiliki nilai estetika.

Im Suryani
Penulis adalah reporter Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: imsuryani@rumah.com atau melalui Twitter: @ngingims

Foto: istimewa

 

Hidayah Baisa
Apr 06, 2021
Terimakasih masukannya, terinspirasi.
KIRIM KOMENTAR