RumahCom – Di saat pertumbuhan properti melambat seperti saat ini, Sinar Mas Land mulai mengalihkan fokus untuk menggarap proyek-proyek komersial. Sejumlah proyek yang ditargetkan rampung dalam 12 bulan ke depan pun kebanyakan merupakan proyek komersial, sebut saja Indonesia International Expo & Convention Center (IIECC), AEON Mall BSD City, dan Courts Megastore.

Dalam pemaparannya, Ishak Chandra, Managing Director Corporate Strategy & Services Sinar Mas Land menuturkan, dari semua sub sektor properti, hanya sektor ritel yang berkembang cukup baik tahun ini. “Sektor selain ritel, pertumbuhannya lambat,” kata Ishak Senin (10/3) kemarin.

“Ke depan, kami akan lebih fokus menggarap proyek-proyek komersial di kota-kota yang kami masuki, karena keberadaan properti komersial akan membuat economic base menjadi hidup di kota-kota itu,” papar ishak.

Selain itu, imbuh Ishak, properti residensial Sinar Mas Land pasti akan laku kendati penjualannya tidak di-push. “Kalau kami jual rumah, pasti akan ada yang ‘makan,’” katanya.

Kendati demikian, Ishak mengakui saat bisnis properti melambat seperti sekarang, pihaknya juga harus melakukan beberapa penyesuaian. Caranya, dengan memperkecil ukuran rumah yang dipasarkan, sehingga harganya lebih murah.

“Di saat seperti ini, biasanya investor akan slowing down, sementara konsumen (end-user) akan tetap membeli rumah, karena memang kebutuhan,” pungkasnya.

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Anto Erawan

KIRIM KOMENTAR