RumahCom – Properti di kawasan Jakarta Barat dan Selatan dinilai sudah sangat berkembang, sementara di Jakarta Utara sudah menurun akibat tak ada lahan. Sekarang, giliran Jakarta Timur yang berkembang.

“Kini saatnya properti di Jakarta Timur yang berkembang, karena masih memiliki banyak lahan,” tegas Andy K. Natanael, Presiden Direktur PT Mitra Sindo Sukses—pengembang Jakarta Garden City anak usaha PT Modernland realty, Tbk.

“Ini potensi besar, karena perkembangan selama ini (pembangunan properti) selalu melompat ke Bekasi. Sekarang Bekasi sudah padat,” kata Andy, di sela-sela pre launching Rukan The Walk, Sabtu (9/8) lalu. “Dan kami akan terus meluncurkan properti yang berkualitas tinggi sebagai salah satu bentuk investasi menguntungkan di Jakarta Timur.”

Harga Lahan Bisa Capai Rp18 Juta/M²
Menurut Andy, harga properti di Jakarta Garden City masih reasonable dan marketable, karena harga kavling residensial masih berkisar Rp8 juta – Rp9 juta per meter persegi, sementara kavling komersial Rp12 juta per meter persegi.

“Dalam kurun waktu dua hingga tiga tahun, harga diproyeksikan naik 100% menjadi sektar Rp18 juta per meter persegi, bahkan lebih,” tukas Andy.

Asumsi perhitungannya, harga tanah di Kelapa Gading sudah mencapai Rp20 juta per meter persegi, ditambah harga tanah di perumahan besar di Bekasi yang lokasinya tidak jauh dari Jakarta Garden City mencapai Rp10 juta per meter persegi.

Menurut Andy, ada beberapa faktor pendukung lain yang menjadikan Jakarta Garden City sebagai Sun Rise Property. Pertama, lahan untuk komersial dan pengembangan central business district (CBD) masih cukup luas (70 hektar).

Selain itu, AEON Mall akan segera memulai pembangunan mal seluas 210.000 m². Direncanakan pada akhir 2015, AEON Mall sudah siap beroperasi.

“Jika AEON Mal sudah buka dan jalan tol Cakung-Tanjung Priok sudah beroperasi (PT Jasa Marga menjanjikan di pengujung 2014), maka harga rumah dan ruko di Jakarta Garden City diprediksi langsung melesat,” pungkas Andy optimistis.

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Anto Erawan

KIRIM KOMENTAR