RumahCom – Bayi yang baru lahir hari ini di Inggris, kelak membutuhkan uang mencapai GBP3,4 juta untuk membeli rumah baru saat mereka dewasa. Hasil itu didapat dari hitungan kenaikan rumah per tahunnya yang mencapai level 8,6% di Negeri Ratu Elizabeth itu.

Website properti eMoov.co.uk merilis laporan pasar properti terbaru yang menyatakan bahwa dalam tiga sampai empat dekade lagi, harga rumah baru di Inggris bisa mencapai GBP3,4 juta, atau setara Rp66,034 miliar. eMoov menghitung, sejak 1954, kenaikan harga rumah rata-rata di Inggris berada di kisaran 8,6%.

Untuk melunasi harga pembelian rumah tersebut, mekanise kredit mau tidak mau akan diambil oleh para pembeli rumah baru tersebut, dengan tenor (lama waktu cicilan) 30 tahun atau bahkan lebih. eMoov mencatat, dari 171.000 transaksi kredit pembelian rumah saat ini, seperlimanya memiliki masa angsur lebih dari 30 tahun.

Porsi pembeli yang mengangsur selama 30 tahun lebih saat ini, faktanya meningkat tajam dibandingkan satu dekade lalu. Dimana hanya 4,5% dari pembeli rumah yang mengangsur selama 30 tahun lebih.

Im Suryani
Penulis adalah reporter Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: imsuryani@rumah.com atau melalui Twitter: @ngingims

Foto: wikipedia

KIRIM KOMENTAR