Pemerintah Jangan Hanya Fokus Sandang dan Pangan!

Anto ErawanAgustus 29, 2014

RumahCom – Siswono Yudo Husodo menyatakan, Pemerintah perlu menangani masalah di sektor perumahan secara serius, mengingat kebutuhan papan untuk masyarakat semakin meningkat setiap tahun. Mantan Menteri Negara Perumahan Rakyat ini juga mengharapkan pemerintah dapat mendorong industrialisasi perumahan agar ketersediaan rumah untuk masyarakat dapat terpenuhi dengan baik.

“Masalah perumahan di Indonesia harus ditangani secara serius oleh pemerintah Indonesia ke depan. Sebab hingga saat ini, kebutuhan akan papan terus meningkat, sementara pasokannya belum optimal,” kata Siswono dalam talkshow bertema ‘Pemenuhan Kebutuhan Rumah Melalui Industrialisasi Perumahan’, Kamis (28/8).

Menurutnya, pemerintah jangan hanya fokus memenuhi kebutuhan sandang dan pangan saja tapi juga harus memperhatikan masalah papan untuk masyarakat, khususnya mereka yang berpenghasilan rendah. Sebab, dengan terpenuhinya papan yang baik dan layak huni, secara tidak langsung juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan, sejak Indonesia merdeka tahun 1945 hingga saat ini, pemerintah selalu menghadapi pekerjaan rumah yang belum terselesaikan, khususnya di sektor perumahan. Ketidakmampuan pemerintah untuk menyediakan rumah yang layak huni dengan harga yang terjangkau menyebabkan pasokan rumah tidak mampu mengejar jumlah kebutuhan rumah masyarakat.

“Pemerintah perlu mengelompokkan penanganan masalah perumahan menjadi dua, yakni perumahan di desa dan perkotaan. Pemerintah perlu memberikan penyuluhan tentang rumah sehat bagi masyarakat di desa dan membangun hunian vertikal untuk masyarakat yang tinggal di perkotaan,” tandasnya.

Adanya industrialisasi di sektor perumahan, imbuhnya, akan membuat pemerintah lebih mudah untuk membangun rumah baik tapak maupun vertikal dengan waktu yang relatif cepat, seragam dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat.

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Anto Erawan

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pemerintah Didesak Susun Regulasi Landbank

RumahCom – Pemerintah didesak untuk membuat regulasi terkait kebijakan menjaga harga lahan yang ditujukan untuk pengembangan hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Hal ini dilakukan

Lanjutkan membacaFebruari 15, 2013

Rumah Murah: Antara Regulasi dan Harga Tanah

RumahCom -  Pemerintah dinilai gagal dalam menerapkan strategi pembangunan rumah murah untuk rakyat. Hampir tidak ada kebijakan pemerintah saat ini yang bisa dianggap berhasil dalam mengurangi ba

Lanjutkan membacaMei 22, 2013

Menanti Regulasi Positif Presiden Baru di Sektor Properti

RumahCom – Sebagai telah diantisipasi sebelumnya, kondisi pasar properti Jakarta saat ini masih dalam masa perlambatan sebagai dampak melambatnya ekonomi dan melemahnya sentimen investor selama tahu

Lanjutkan membacaJuli 22, 2014

Masukan