Tips Menyambung Dua Kavling Rumah

Anto ErawanAgustus 29, 2014

Oleh: Mauro Rahardjo & Lelyana Rahardjo

RumahCom – Bertambahnya anggota keluarga atau kekayaan membuat sebuah keluarga acap kali membeli rumah/kavling kosong di sebelah atau belakang. Lantas, bagaimanakah cara menyatukan kedua kavling itu, tanpa banyak melakukan pembongkaran pada bangunan lama?

Untuk melakukan perhitungan feng shui yang baik, pertama kita perlu mengetahui bahwa dengan menyatukan dua kavling menjadi satu, maka titik berat bangunan akan bergeser ke belakang.

Cara menentukan titik berat yang baru adalah dengan menghubungkan dua titik berat dari kavling itu. Kemudian, titik berat resultan akan terletak pada garis hubung ini, tergantung pada luas tanah yang diperoleh.

Selanjutnya, titik resultan didapat dengan membandingkan luas kedua kavling. Jika kavling sama luasnya, maka titik berat resultan akan terletak di tengah-tengah garis hubung antara dua titik resultan.

Titik Berat bangunan diperlukan untuk menempatkan Lingkaran feng shui guna mengetahui posisi 8 Sektor Kompas. Pasalnya, energi Qi/Chi yang baik dan buruk menurut Ba Zhai (8 gedung) atau menurut Fei Xing (Bintang Terbang) akan segera dapat ditentukan agar rancangan (desain) rumah dapat dibuat menurut pembacaan ke delapan sektor yang dimaksud.

Dalam contoh kasus ini, setelah meletakkan lingkaran feng shui, kita bisa mengidentifikasi hal-hal berikut ini: Pertama, pasangan suami isteri ini ternyata memiliki Kelompok Gua/Kua Barat. Melihat hal ini, kita bisa mengenali sektor mana yang baik bagi kedua pasangan.

denah rumah feng shui

Lihat gambar di atas, Anda akan mengetahui bahwa sektor-sektor yang baik (diberi warna merah) sebagian besar akan didapatkan pada kavling yang baru, yaitu sektor-sektor: Barat Daya, Barat Laut, Barat, dan Timur Laut.

Masalah pokok pada bangunan lama adalah kurang adanya udara yang mengalir (angin) ke dalam bangunan; maka solusi utama dari bangunan yang baru ini adalah menambah ruang terbuka yang baru—bisa berupa taman-taman—sehingga aliran udara ke dalam bangunan semakin baik.

Posisi yang buruk digunakan untuk kamar mandi/WC atau dapur, sementara posisi yang baik digunakan sebagai kamar tidur, serta fungsi penting lainnya.

3d rumah feng shui

Untuk menopang feng shui yang lebih baik, bangunan pada lahan baru ini dibuat dua lapis, dimana lantai bawah diperuntukkan untuk fungsi lantai servis, seperti garasi, gudang, dan kamar-kamar tidur pembantu. Dengan demikian bangunan lama yang telah diubah ini akan terlihat “bersandar” pada bangunan yang baru.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mau Punya Anak, Atur Kamar Sesuai Feng Shui

Oleh: Mauro Rahardjo & Lelyana RahardjoRumahCom - Pasangan suami-istri tentu sangat mendambakan kehadiran anak dalam rumah tangganya. Namun, ada yang sudah bertahun-tahun menunggu, tetapi tidak ju

Lanjutkan membacaJanuari 13, 2014

Aturan Feng Shui untuk Rumah Pengantin Baru

Oleh: Mauro Rahardjo dan Lelyana RahardjoRumahCom – Dalam kajian feng shui, ada perbedaan yang signifikan antara pasangan muda usia dengan pasangan yang sudah mapan. Pasangan muda biasanya penga

Lanjutkan membacaApril 16, 2014

Menata Ruang Kerja dengan Feng Shui

Oleh: Mauro Rahardjo & Lelyana RahardjoRumahCom – Mengatur tata letak meja kantor mungkin tak sesulit memilih gedung perkantoan. Tak perlu menjadi master feng shui untuk melakukannya.Cara pr

Lanjutkan membacaNovember 5, 2013

Nukilan Sejarah Feng Shui di Tanah Air

Oleh: Mauro Rahardjo & Lelyana Rahardjo RumahCom – Sejak zaman Tiongkok kuno, feng shui digunakan oleh kalangan terbatas, seperti para raja, pangeran, dan bangsawan; sementara rakyat biasa ti

Lanjutkan membacaMei 26, 2014

Feng Shui dan Furnitur Modern, Cocokkah?

Oleh: Mauro Rahardjo & Lelyana Rahardjo RumahCom - Ada beberapa kesalahpahaman antara desainer dengan ahli feng shui. Dalam berbagai teori, feng shui hampir selalu menganjurkan bentuk-bentuk se

Lanjutkan membacaAgustus 8, 2014

Feng Shui Rumah Sudut (Hoek)

Oleh : DR. Mauro Rahardjo & Lelyana Rahardjo RumahCom - Rumah sudut—dimana kavlingnya diapit dua jalan—kurang diminati konsumen properti. Pasalnya, kavling seperti ini dianggap memiliki dua

Lanjutkan membacaAgustus 20, 2014

Masukan