Kamus Properti: Mengenal Konsep Build-to-Suit

Anto ErawanJanuari 30, 2015

RumahCom – Skema build-to-suit merupakan sebuah konsep pengembangan proyek dimana developer—yang biasanya juga sebagai pemilik tanah—membiayai dan membangun gedung sesuai dengan kebutuhan tenant. Tempat-tempat tersebut nantinya akan disewakan kembali kepada tenant di bawah perjanjian sewa jangka panjang hingga puluhan tahun.

“Build to suit merupakan salah satu skema yang dipakai dalam strategi bisnis ritel maupun perkantoran. Cara lain adalah: menyewa, membeli ruang untuk kemudian direnovasi, dan membangun sendiri,” jelas Angela Oetama, Head of Build to Suit Sinar Mas Land saat acara groundbreaking Courts Megastore BSD City, Kamis (29/1).

Dia menjelaskan, skema build-to-suit ini mulai banyak digunakan, pertama biayanya lebih murah ketimbang membeli ruangan atau gedung.

Kedua, tenant lebih fleksibel menata, menambah area, serta memberi identitas pada gedung tersebut.

Ketiga, tenant lebih leluasa mengontrol dan mengatur aset di gedung tersebut.

Keempat, risiko di masa depan lebih kecil, karena gedung tersebut dalam status sewa.

Angela memaparkan, skema ini banyak digunakan oleh tenant yang memerlukan gedung dengan spesifikasi tertentu, tetapi tak ingin memilikinya. Umumnya ini diminati pemain mancanegara untuk ruang kantor maupun ritel.

“Sektor yang kerap menggunakan skema ini antara lain logistik, distribution center, medical facility, data center, hotel, dan restoran,” jelas Angela.

Menurutnya, pembayaran sewa dimulaisetelah gedung beroperasi. Sistem sewa dilakukan dengan dua cara: close book dan open book. Untuk sistem close book, tenant tak berhak mengetahui apa saja biaya yang dikeluarkan oleh developer. Sebaliknya, sistem open book memungkinkan tenant mengetahui segala pengeluaran yang terjadi saat pembangunan gedung tersebut.

Berbeda dengan sistem sewa biasa, tarif sewa build to suit diambil dari yield yang dihasilkan tenant. “Besarannya sesuai kesepakatan,” kata Angela tanpa memberikan angka.

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Anto Erawan

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Kamus Properti: Apakah Virtual Office Itu?

RumahCom – Pada dasarnya, virtual office (kantor maya) merupakan kantor bersama, dimana tersedia alamat bisnis, layanan surat menyurat dan kurir, layanan telepon, layanan resepsionis, layanan faks,

Lanjutkan membacaSeptember 5, 2014

Kamus Properti: Apakah Aerotropolis Itu?

RumahCom - Aerotropolis adalah sebuah kota dimana tata letak, infrastruktur, dan ekonomi berpusat pada bandar udara (bandara). Seperti konsep kota metropolitan, bandara sebagai pusat aerotropolis juga

Lanjutkan membacaDesember 23, 2014

Telan Investasi USD45 Juta, Courts Megastore BSD City Dibangun

RumahCom - Menggandeng Courts Asia Limited, Sinar Mas Land melakukan groundbreaking proyek Courts Megastore BSD City, Kamis (29/1). Dengan luas lahan 2,3 hektar dan luas bangunan 27.000 m², gerai Cou

Lanjutkan membacaJanuari 30, 2015

Masukan