Investasikan Rp4 Triliun, Megapolitan Kembangkan Vivo Sentul

Anto ErawanOktober 30, 2015

RumahCom – Menggelontorkan investasi sekitar Rp300 miliar, PT Megapolitan Development, Tbk (EMDE) membangun tahap pertama proyek superblok Vivo Sentul, Bogor, Jawa Barat. Pengerjaan konstruksi tahap pertama sudah dimulai, dan ditargetkan rampung pada akhir 2017.

Project Director Megapolitan Developments, Radian Wena mengungkapkan, superblok seluas 17 hektar yang berada di Jalan Raya Bogor, Cimandala ini memiliki kawasan komersial, ritel, dan hunian. Secara keseluruhan, proyek ini diperkirakan menyerap dana Rp4 triliun.

“Di tahap awal, kami mulai bangun pusat perbelanjaan, area komersial Galleria Kioks Mall dan Bizpark @Vivo Sentul dengan lahan seluas 7,3 hektar. Khusus untuk mal, lahannya 3,7 hektar dengan tinggi bangunan tujuh lantai,” ungkap Radian, seperti dinukil dari laman Liputan6.com.

Sementara itu, Fanny S. Susanto, Corporate Secretary Megapolitan Developments menyebutkan, perseroan menyiapkan belanja modal (capital expenditure) sekitar Rp300 miliar untuk pengembangan proyek tahap pertama, dengan jangka waktu pelaksanaan konstruksi hingga akhir 2017. Modal kerja tersebut berasal dari ekuitas perusahaan sekitar 40%, pinjaman bank 40%, dan sisanya dari hasil penjualan.

Konsep hunian di sini, imbuh Fanny, masih dikaji dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Misalnya, apakah area hunian akan dibangun rumah tapak (landed house) atau apartemen (high rise), karena di Kabupaten Bogor arah pengembangan hunian juga sudah diarahkan ke hunian vertikal.

Dia menambahkan, target penjualan (marketing sales) sekitar Rp250 miliar dari pengembangan Vivo Sentul tahap pertama. Sementara hingga akhir September 2015, total keseluruhan marketing sales perseroan di luar Vivo Sentul sudah mencapai Rp350 miliar atau 50% dari target tahun ini sekitar Rp700 miliar.

Kawasan Terintegrasi
Desi Yuliana, Direktur Pemasaran dan Penjualan Megapolitan Developments menambahkan, saat ini pihaknya sedang fokus pada penjualan 800 unit kios usaha di Galleria Kiosk yang nantinya akan terintegrasi dengan pusat perbelanjaan.

Luas kios bervariasi dari 4 m2 hingga 13 m2, dengan harga jual Rp200 jutaan. Saat ini penjualan unit kios diklaim sudah mencapai 40% dari total unit. Sementara itu, Bizpark@Vivo Sentul terdiri dari 187 rumah toko (ruko) dengan luas 122 m2 – 275 m2 dengan harga Rp1,5 miliar.

Menurut Desi, serahterima unit Galleria Kiosk Mall dan Bizpark @Vivo Sentul ditargetkan pada April 2017.

“Secara konsep, di tahap pertama ini kami akan sediakan area komersial lengkap, yakni shopping mall yang terintegrasi dengan kios, fasilitas kuliner dengan konsep terbuka, juga convention hall berkapasitas 1.000 orang,” papar Desi.

Megapolitan mengharapkan pusat perbelanjaan di Vivo Sentul bisa menjadi ikon Kabupaten Bogor. Saat ini dua anchor tenant dipastikan bergabung, yakni Lotte Mart dan CGV Blitz Cinema yang menawarkan konsep Spirex dengan tinggi studio hingga 17 meter. CGV Blitz Cinema di Vivo Sentul merupakan studio yang kedua setelah di Mall Grand Indonesia Jakarta. (*/aer)

 

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

10 Kawasan Hunian Terfavorit di Jabodetabek 2014

RumahCom - Bisnis properti di tiga kuartal pertama 2014 terlihat melambat dibanding 2013 lalu. Ajang pemilihan umum dan pemilihan presiden yang sempat menghangatkan suhu politik Tanah Air, disinyalir

Lanjutkan membacaJanuari 6, 2015

REI Jawa Barat Bagikan Rumah Gratis di Bogor

RumahCom - Dalam rangka program Ramadhan Rumah Impian (RRI) 2015 Berbagi Bersama Bank BTN, Real Estat Indonesia (REI) menyumbang rumah kepada masyarakat yang tidak mampu di wilayah Kabupaten Bogor Jaw

Lanjutkan membacaJuli 8, 2015

Ribuan Rumah Bersubsidi di Bogor Siap Anda Miliki

RumahCom – Bintaro dan Cibubur boleh menjadi lokasi favorit para calon pembeli rumah. Fasilitas pendukung yang terus tumbuh membuat nilai properti di kedua lokasi kian melambung. Tetapi jangan abaik

Lanjutkan membacaJuli 28, 2015

Ini Dia, Rumah Subsidi hingga Rp200 Jutaan di Bogor

RumahCom – Udara yang sejuk, air tanah yang bersih, serta pemandangan yang indah, menjadi alasan banyak orang memilih Bogor sebagai tempat tinggal. Infrastruktur dan transportasi yang semakin membai

Lanjutkan membacaOktober 15, 2015

Hunian Vertikal Pun Menjamur di Pinggir Ibukota

RumahCom – Kini apartemen tak hanya ditemui di tengah kota Jakarta. Di kawasan penyangga seperti Bekasi, Depok, dan Tangerang pun hunian vertikal mulai menjamur. Arief Rahardjo, Director Research

Lanjutkan membacaOktober 23, 2015

Masukan