Perumahan Ini Cocok untuk Keluarga dengan Anak Usia Dini

Boy Leonard17 Nov 2015

RumahCom – Saat mempertimbangkan untuk membeli rumah, jangan lupa pertimbangkan juga kebutuhan anak-anak Anda, terutama jika Anda memiliki anak usia dini. Lingkungan yang tepat akan menentukan proses tumbuh kembangnya.

Seringkali saat membeli rumah, pertimbangan utama adalah kebutuhan orang tua. Jarak dengan pusat kota, jarak dengan jalan tol, pusat perbelanjaan, dan lain-lain. Terkadang, orang tua menomorduakan kebutuhan anak.

Anak-anak usia dini membutuhkan banyak kegiatan luar ruang, termasuk bermain. Karena itu, carilah lingkungan rumah dengan ruang terbuka yang cukup luas. Selain itu, pertimbangkan juga sekolah yang tepat. Menurut psikolog Rahmi Dahnan, Psi, sekolah yang tepat adalah sekolah yang menerapkan kurikulum pembentukan watak.

Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tersebut, ini adalah beberapa fasilitas umum dekat dengan perumahan, yang bisa mendukung bagi anak usia dini:

  1. Scientia Square Park (SQP)
rumah untuk anak

Foto: Scientia Square Park

Scientia Square Park terletak di Gading Serpong, Tangerang. Sesuai namanya, SQP merupakan taman terpadu yang menyediakan sarana rekreasi, edukasi, dan olahraga. Di sini terdapat trek jogging. Selain itu, anak-anak Anda bisa bermain skateboard dan inline skate di skate park di dalamnya.

Tak cuma itu, SQP juga memiliki sarana wall climbing mini, taman bermain dengan jungkat-jungkit, ayunan, sawah mini lengkap dengan padinya, kolam ikan, hingga taman kupu-kupu.

Di Scientia Park juga terdapat taman luas sehingga anak-anak Anda bebas bermain sepeda, berlari-lari, lempar tangkap bola, dan sebagainya dengan aman.

Hunian yang dekat dengan kawasan ini diantaranya adalah Amarillo Village, yang terletak di Gading Serpong Paramount Land, Serpong.

Perumahan yang berjarak sekitar tiga kilometer dari Scientia Park ini menawarkan compact custom homes, yaitu rumah berukuran kecil namun nyaman untuk keluarga baru. Anda juga bisa memilih desain muka serta spesifikasi rumah sesuai dengan karakter Anda.

  1. Sekolah Alam Bintaro
rumah untuk anak

Sekolah Alam Bintaro

Bagi Anda yang mencari opsi sekolah nonkonvensional bagi putra-putrinya, Sekolah Alam Bintaro (SAB), yang terletak di jalan Pondok Pucung Raya, kurang dari 6km dari Amala Vilasa, bisa menjadi pilihan. Dengan menggunakan mobil, sekolah ini bisa dicapai dalam waktu sekitar 20 menit.

Sekolah yang menerapkan nilai-nilai Islam ini cukup unik. Satu-satunya kelas yang terdapat di sini adalah sebuah saung berbentuk rumah panggung. Siswa-siswi pun tidak terlalu banyak menghabiskan waktu di dalamnya. Mereka hanya berada di saung untuk mendengarkan teori dan beristirahat. Selebinya, para murid belajar langsung di ruang terbuka.

Di Sekolah Alam, siswa-siswi lebih banyak melakukan kegiatan seperti outbond, memasak, praktik berbagai kesenian, dan lainnya. Murid diajak belajar dengan cara mengamati dan memahami gejala alam yang terjadi.

Selain mendekatkan diri dengan alam, siswa-siswi juga diajak belajar mengolah kekayaan alam sekaligus berbisnis. Akan ada market day, magang, dan aktivitas dagang dalam kegiatan belajarnya.

Namun tak usah khawatir, sekolah alam bukan berarti menjauhkan putra-putri Anda dari perkembangan teknologi. Di SAB, mereka tetap akan belajar tentang teknologi melalui matapelajaran komputer.

Beberapa perumahan yang dekat dengan Sekolah Alam Bintaro dengan kisaran harga Rp700 Juta hingga Rp1,5 Miliar di antaranya adalah Amala Vilasa, sekitar enam kilometer dari SAB atau sekitar 15 menit perjalanan, serta Harvest City Bintaro, yang jaraknya satu kilometer lebih dekat.

  1. Taman Potret
rumah untuk anak

Foto: Banten Express

Taman Potret menjadi sarana rekreasi yang murah, meriah, dan terjangkau di kawasan Tangerang Kota. Sesuai namanya, di taman ini terdapat banyak ornamen yang membuat orang tak pernah bosan mengambil foto diri sendiri (selfie). Tak hanya itu, taman ini juga memiliki area lapangan yang cukup luas untuk bermain anak-anak Anda serta sarana permainan lain seperti perosotan.

Taman Potret ini cocok bagi penghuni apartemen kelas menengah di sekitarnya, yang membutuhkan sarana rekreasi alternatif selain taman yang disediakan di lingkungan apartemen. Beberapa apartemen tersebut layak Anda pertimbangkan untuk hunian baru seperti Ayodhya Residence, TreePark City Residence, ataupun perumahan Tropicana Residence.

Ayodhya Residence, yang jaraknya sekitar tiga kilometer dari Taman Potret, ditawarkan dengan harga sekitar Rp300 Juta hingga Rp1 Miliar Rupiah, sementara TreePark City, yang berjarak lima kilometer dari Taman Potret, dibandrol sekitar Rp400 Juta hingga Rp1,5 Miliar.

Sementara itu, Tropicana Residence, yang berjarak sekitar 6,5km dari Taman Potret, ditawarkan dengan harga mulai Rp650 Juta hingga Rp1,3 Milar.

  1. Kandank Jurank Doank
rumah untuk anak

Foto: panduanwisata.id

Kandang Jurang Doank yang terletak di Bintaro ini awalnya didirikan oleh selebritis Dik Doank untuk anak-anak miskin di sekitarnya. Tujuannya adalah agar anak-anak tersebut bisa belajar, tidak hanya melalui pendidikan konvensional, tetapi juga dari alam.

Seiring waktu, Kandang Jurang Doank dibuka untuk umum. Fasilitasnya pun kian lengkap. Mulai dari lapangan bola, lapangan basket, wall climbing, studio musik, dan sebagainya. Tidak hanya menyediakan sarana, Kandang Jurang Doank juga menyediakan beragam kegiatan yang dapat diikuti mulai dari kegiatan musik, teater, dan sebagainya.

Hunian di sekitar Kandank Jurank Doank yang bisa dipertimbangkan bagi para pencari rumah baru di antaranya adalah Alstonia Townhouse di Serua, Ciater, yang berjarak sekitar 4,5km, atau Trevista Bintaro, yang berjarak kurang lebih 3,5km.

Kedua hunian ini ditawarkan pada kisaran Rp500 Juta hingga Rp2 Miliar. Keduanya berjarak cukup dekat dari jalan tol, sekitar 5km.

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Indro Warkop Berburu Inspirasi di Kamar Mandi

Kamar mandi bukan sekedar tempat buang hajat ataupun membersihkan diri. Dari kamar mandi, inspirasi bisa didapat. Setidaknya, itulah pendapat pelawak legendaris Indrodjojo Kusumonegoro, atau yang lebi

Lanjutkan membaca1 Okt 2015

Yuk, Intip Isi Rumah Pasangan Gisel-Gading!

RumahCom. Tak terasa, sudah dua tahun pasangan selebritis Gading Martin dan Gisella Anastasia menempati rumah baru. Penghuni rumah pun bertambah dengan hadirnya Gempita Noura Marten, putri pertama mer

Lanjutkan membaca19 Okt 2015

Dekat dengan Tol Depok, Harga Lima Perumahan Ini Bakal Melejit

RumahCom. Citra Kota Depok, yang selama ini lekat dengan lalu-lintasnya yang padat merayap, sebentar lagi akan terhapus dengan dibangunnya sejumlah ruas jalan tol di kota tersebut. Pembangunan jalan t

Lanjutkan membaca28 Okt 2015

Jarang Disadari, 6 Hal Ini yang Bikin Nyamuk Nakal Betah di Rumah

RumahCom. Nyamuk bukan serangga yang 'akrab' bagi masyarakat Indonesia, yang berada di iklim tropis. Baik musim panas maupun hujan, serangga penyebab gatal dan penyakit ini tak pernah berhenti mengg

Lanjutkan membaca29 Okt 2015

Wow, Tom Cruise Jual Rumah Seharga Rp802,5 M!

Rumah.Com – Selebriti Hollywood Tom Cruise menjual rumahnya di Telluride, Colorado, Amerika Serikat, seharga 59 Juta USD atau setara Rp802,5 Miliar. Pemeran utama dalam film blockbuster Mission Impo

Lanjutkan membaca4 Nov 2015

Hati-Hati dengan Kamar Mandi. Simak Feng Shui Ini!

RumahCom – Merancang tata letak ruang rumah memang gampang-gampang susah. Salah-salah, tata letak ruang rumah bisa mengacaukan fengshui yang membuat penghuninya tertimpa bermacam apes.Salah satu yan

Lanjutkan membaca6 Nov 2015

Hujan Turun Lagi, Ini Tandanya Rumah Harus Direnovasi

RumahCom – Meski agak terlambat, musim hujan akhirnya tiba. Hujan yang turun membuat udara lebih segar dan bersih. Namun demikian, Anda juga harus bersiap menyambut datangnya hujan. Jangan sampai An

Lanjutkan membaca11 Nov 2015

Empat Hunian yang ‘Pas’ Untuk Si Pecinta Kuliner

RumahCom - Bagi Anda penggemar kuliner, pasti senang berburu menu masakan khas dari berbagai daerah di Indonesia maupun luar negeri. Dan tentu merupakan suatu hal yang lebih menyenangkan, apabila loka

Lanjutkan membaca17 Nov 2015

Masukan