Inilah Lima Fungsi Kulit Jeruk untuk Rumah Anda

Fathia Azkia30 Nov 2015

RumahCom – Jika Anda langsung membuang kulit jeruk usai mengupasnya, ada baiknya urungkan langkah tersebut. Dituturkan oleh pakar interior rumah Amanda Hearn, rupanya kulit jeruk mengandung banyak kegunaan yang bisa diterapkan untuk menjaga keharuman di rumah Anda.

Dengan memanfaatkan sisa kulit jeruk yang dapat mengharumkan ruangan serta pada bagian-bagian tertentu agar terhindar dari bau yang tidak sedap, berikut serangkaian cara untuk memaksimalkan kulit jeruk yang dikutip dari Balkonie.com.

1. Pembersih Buatan

manfaat kulit jeruk 2

Sumber: eatboutique.com

Kulit jeruk dapat menjadi pembersih alami yang baik untuk membersihkan rumah. Cara membuatnya pun cukup mudah, rendam kulit jeruk di dalam air cuka dan diamkan selama satu hingga dua minggu.

Kemudian campurkan air dengan perbandingan 50:50 dan mulailah membersihkan rumah seperti biasa. Wangi alami dari kulit jeruk dapat membersihkan sekaligus mengharumkan rumah. Dengan melakukan cara ini, Anda juga telah membantu menyelamatkan lingkungan dengan mendaur ulang bahan yang telah digunakan.

2. Pewangi Ruangan

Sumber: sidomi.com

Sumber: sidomi.com

Masukkan kulit jeruk ke dalam panci yang berisi air, masaklah dengan suhu rendah kemudian biarkan hingga air mendidih. Kulit jeruk akan mengeluarkan minyak alami yang berfungsi untuk mengharumkan ruangan. Tambahkan satu batang kayu manis atau daun kemangi agar wanginya lebih terasa.

3. Menetralisir Bau di Dalam Kulkas

Sumber: 2.lushome.com

Sumber: 2.lushome.com

Kulkas menjadi tempat untuk menyimpan berbagai macam makanan dengan aroma yang beragam. Untuk menetralisir wangi yang kurang menyenangkan tersebut, kulit jeruk bisa menjadi salah satu cara ampuh. Caranya, letakkan kulit jeruk pada mangkuk dan simpan di dalam kulkas. Wangi kulit jeruk akan menetralisir sekaligus menyegarkan kulkas.

  1. Mengharumkan Tempat Cucian Piring
Sumber: blog.sembrodesigns.com

Sumber: blog.sembrodesigns.com

Tempat mencuci piring bisa saja terasa lembab dan menimbulkan aroma kurang menyenangkan. Untuk menghilangkan wangi tersebut, masukkan kulit jeruk ke dalam wadah es, tambahkan air dan bekukan. Setelah itu Anda cukup cairkan es batu berisi kulit jeruk itu di dalam bak cucian piring, biarkan wangi kulit jeruk menyeruak hingga aroma tak sedap menghilang.

5. Membersihkan Talenan

Sumber: dienbao.net

Sumber: dienbao.net

Talenan atau papan kayu untuk memotong sayuran bisa menjadi sarang bakteri. Untuk itu, diperlukan pembersihan menyeluruh agar kuman-kuman di dalamnya hilang. Caranya, gosokkan kulit jeruk pada talenan, bilas, dan keringkan di tempat panas. Kulit jeruk berguna sebagai desinfektan yang bisa menghilangkan bakteri.

Dengan mempraktekkan beberapa tips yang sudah dipaparkan di atas, Anda tak hanya mendapatkan aroma yang sedap dari kulit jeruk, tapi juga kebersihan alat-alat dapur. Selamat mencoba! (Angie Tritantya/ Fathia Azkia)

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Kiat Jitu Membersihkan Peralatan Dapur

RumahCom – Hobi memasak yang Anda miliki bisa jadi mengorbankan salah satu peralatan di dapur jika cara membersihkannya tidak benar. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips-tips bermanfaat

Lanjutkan membaca28 Agu 2013

Empat Tips Segarkan Suasana Dapur Anda

RumahCom - Dapur identik dengan ruangan yang berantakan dan kotor, sehingga banyak orang kerap melupakan sisi ruangan tempat memasak tersebut. Kendati demikian, bukan berarti area ini harus luput d

Lanjutkan membaca17 Sep 2014

Putri Indonesia Idamkan Nuansa Bersih dan Higienis di Dalam Rumah

RumahCom. Sebagai seorang Puteri Indonesia 2013, fasilitas untuk menjaga kebugaran tubuh dan kecantikan selalu menjadi perhatian utama Whulandari Herman. Ruang kebugaran serta taman yang tenang dan ny

Lanjutkan membaca13 Agu 2015

5 Ide Terbaru Membersihkan Dapur

Dapur yang kotor bisa membuat Anda malas memasak dan tidak kreatif di dapur. Tetapi membersihkan dapur bisa menjadi aktivitas yang melelahkan. Padahal salah satu jurus mengembalikan semangat Anda agar

Lanjutkan membaca7 Nov 2015

Tujuh Kesalahan Bersih-bersih yang Mungkin Anda Lakukan

RumahCom - Bagi Anda yang tak memiliki asisten rumah tangga, biasanya waktu libur di akhir pekan sering dimanfaatkan sebagai jadwal membersihkan rumah secara menyeluruh. Mulai dari menyapu, mengepel,

Lanjutkan membaca19 Nov 2015

Masukan