2016, ModernCikande Optimistis Sektor Industri Lebih Baik

Anto Erawan30 Nov 2015

RumahCom – ModernCikande Industrial Estate optimistis penjualan lahan industri tahun depan akan lebih baik dari tahun ini. Hal ini seiring dengan inisiatif atau paket-paket kebijakan dari pemerintahan Joko Widodo untuk meningkatkan dan menarik investasi dari luar negeri ke Tanah Air.

Selain itu, kebijakan makro dan mikro ekonomi yang sedang digalakkan oleh pemerintahan tersebut untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, laju FDI (foreign direct investment), dan competitiveness sektor industri.

”Faktor penghambatnya adalah infrastruktur yang masih belum memadai dan juga tuntutan kenaikan UMR (upah minimum regional) yang terus berlanjut,” ujar Tonny Hadhiwaluyo, Presiden Direktur PT Modern Industrial Estat, Jumat (27/11).

Untuk meningkatkan penjualan berbagai strategi akan dilakukan. Antara lain memperbanyak promosi melalui media baik above the line maupun below the line. Juga meningkatkan infrastruktur dan menambah fasilitas di kawasan serta memperluas networking dengan asosiasi-asosiasi industri dan pemerintah, baik di dalam maupun luar negeri dan dengan menghadiri forum/business meeting.

Fasilitas yang saat ini ada di ModernCikande Industrial Estate antara lain perumahan bagi para pekerja, pemadam kebakaran, kantor polisi, minimarket, bank, restoran, dan poliklinik.  Juga didukung infrastruktur yang saling terintegrasi: jalan yang lebar, jaringan listrik, air bersih, dan pipa gas. Ke depan fasilitas akan terus ditambah. Penambahan fasilitas dalam waktu dekat yaitu pembangunan Water Treatment Plan (WTP) dan hotel.

Berlokasi di Cikande, Serang, Banten, Modern Cikande dapat diakses dari tol Jakarta-Merak melalui exit tol Ciujung serta dekat dengan tiga pelabuhan: Ciwandan, Cigading, dan Merak Mas.

“Saat ini pemerintah sedang menyelesaikan pembangunan pintu tol Cikande, yang tahun depan akan mulai dibuka dan saat itu kawasan industri ModernCikande dapat diakses hanya 1,5 km dari pintu tol tersebut,” imbuh Tonny.

Saat ini ModernCikande dihuni oleh lebih dari 200 perusahaan baik lokal maupun asing, meliputi industri kimia, pengolahan makanan, komponen otomotif, komponen sepatu, baja, dan masih banyak lagi.

“Selain menyediakan infrastruktur yang tertata dengan baik, ModernCikande juga menyediakan pelayanan terpadu satu pintu untuk membantu para investor dalam proses pendirian bisnisnya di Indonesia. Pelayanan ini meliputi proses pengajuan perijinan ke Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia (BKPM),” pungkas Tonny.

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Dok. ModernCikande

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Modern Cikande Selamatkan Penjualan Lahan Industri

RumahCom – Modern Cikande menyelamatkan angka penjualan lahan industri di kuartal II-2014. Penjualan lahan industri Modern Cikande mengambil porsi 65% dari total penjualan lahan industri pada kuarta

Lanjutkan membaca11 Jul 2014

Kawasan Industri Jadi Penggerak Properti di 2015

RumahCom – Kondisi ekonomi dan regulasi pemerintah yang menaikkan harga BBM dan TDL, membuat sektor perumahan mengalami tekanan. Pasokan rumah murah diprediksi semakin terbatas akibat harga tanah da

Lanjutkan membaca16 Des 2014

2015, Sektor Industri Semakin Menguat

RumahCom – Penguatan sektor industri yang dimulai sejak 2013 lalu, diprediksi masih akan terjadi pada 2015 mendatang. Para investor masih mencari lahan industri dan kawasan pergudangan dengan fasili

Lanjutkan membaca29 Des 2014

Regulasi Jadi Kendala di Tahun Kebangkitan Industri Properti

RumahCom - Pelaku bisnis properti menganggap 2015 akan menjadi momen kebangkitan industri properti di Tanah Air. Kendati demikian, wacana regulasi baru dari pemerintah menyebabkan beberapa pengembang

Lanjutkan membaca23 Feb 2015

Daftar Lengkap Rumah Subsidi Jawa Barat dan Banten

RumahCom – Real Estat Indonesia (REI) mendukung penuh program Sejuta Rumah yang diinisiasi pemerintah. Menurut Ketua Umum DPP REI, Eddy Hussy, program pemerintah tersebut sejalan dengan visi orga

Lanjutkan membaca27 Jul 2015

Masukan