4 Faktor Penentu Kesuksesan Investasi Properti Sewa

Anto ErawanDesember 31, 2016

RumahCom – Penghasilan atau income dari investasi properti dapat diperoleh dengan dua cara: pertama, menjualnya setelah nilainya meningkat dalam periode waktu tertentu. Kedua, menyewakan kepada penyewa yang berminat.

Menurut Tung Desem Waringin, Motivator dan Investor Properti, baik Anda berencana menjual atau menyewakan properti, faktor-faktor yang memengaruhi nilai investasi properti tak berbeda.

Ada empat faktor penting yang sangat memengaruhi keberhasilan investasi properti Anda:

Lokasi dan Lingkungan
Faktor ini merupakan yang terpenting, karena akan menentukan jenis penyewa yang  akan menempati properti Anda.

“Misalnya, jika Anda membeli rumah atau apartemen di lingkungan perguruan tinggi, penyewa akan terdiri dari mahasiswa. Pada umumnya, mahasiswa akan membayar sewa tepat waktu, tetapi pada periode tertentu seperti selama liburan, Anda tidak akan mendapatkan penghasilan dari uang sewa,” kata Tung kepada Rumah.com.

Di sisi lain, imbuhnya, jika Anda menyewakan rumah untuk lingkungan keluarga kemungkinan pendapatan yang didapatkan akan stabil untuk waktu yang akan datang.

Pajak Properti
Kekhawatiran terbesar investor adalah biaya yang dapat mengurangi pendapatan. Selain biaya untuk perbaikan dan renovasi, pajak juga dapat mengurangi sebagian besar dari pendapatan sewa Anda.

“Salah satu cara untuk mendapatkan informasi tentang pajak properti adalah berbicara dengan pemilik rumah sebelumnya. Jika Anda tidak bisa mendapatkan informasi dari mereka, Anda dapat berkonsultasi dengan kantor penilaian lokal untuk info lebih jelas,” jelas Tung.

Fasilitas Terdekat
Selain lokasi dan jenis lingkungan, fasilitas yang tersedia di daerah tersebut juga akan membantu menentukan jenis penyewa. Tempat-tempat yang dekat dengan kota, perkantoran, dan pusat hiburan lebih mungkin akan menarik bagi pekerja profesional, sementara tempat yang berada dekat dengan sekolah berkualitas baik, taman atau pasar akan lebih menarik bagi keluarga.

“Sekolah merupakan fitur yang sangat menarik karena menarik keluarga yang ingin menetap di daerah tersebut untuk jangka panjang,” ujarnya.

Keamanan
Daerah dengan tingkat kejahatan yang rendah akan mendapatkan reputasi yang baik dan dapat membantu meningkatkan nilai properti. Selain membuat investasi Anda lebih menguntungkan, keamanan memastikan penyewa akan menetap untuk waktu yang cukup lama. Ini berarti bahwa Anda akan menerima penghasilan tetap dan Anda tidak harus sering-sering mencari penyewa baru.

Semoga bermanfaat dan sukses!

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Anto Erawan

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

2014, Pertumbuhan Properti Sewa Dunia Melemah

RumahCom – Konsultan properti global Knight Frank menyebut terjadi perlambatan pertumbuhan harga properti sewa di mancanegara pada kuartal IV-2014 lalu. Secara tahunan, indeks bahkan hanya naik 0

Lanjutkan membacaApril 6, 2015

Tips Mendapatkan Penyewa Bagi Properti Anda

RumahCom – Menyewakan properti—baik rumah atau apartemen—merupakan investasi yang diminati banyak orang, karena keuntungannya lebih besar dari bunga deposito. Namun, menyewakan properti bukan

Lanjutkan membacaApril 10, 2015

Kiat Membikin Penyewa Properti Betah

RumahCom – Setelah mengetahui tips mendapatkan penyewa properti yang berkualitas, Anda tentu ingin mereka menyewa dalam waktu yang lama. Lantas, bagaimana caranya membuat penyewa rumah atau apart

Lanjutkan membacaApril 10, 2015

6 Kunci Jadi Kaya Lewat Investasi Properti

RumahCom – Tak ada yang meragukan bahwa properti merupakan elemen investasi yang paling solid. Pasalnya investasi di sektor riil ini tak terpengaruh inflasi seperti investasi di sektor keuangan.

Lanjutkan membacaNovember 26, 2015

5 Strategi Jitu Memasarkan Properti

RumahCom - Agar properti yang Anda jual dapat diketahui dan diminati calon pembeli, Anda membutuhkan strategi pemasaran. Menurut motivator dan investor properti, Tung Desem Waringin, tidak semua st

Lanjutkan membacaDesember 8, 2015

Masukan