Empat Tips Mendesain Rumah Ramah Lingkungan

Fathia Azkia24 Des 2015

RumahCom – Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa semakin hari, bumi kita semakin tua dan butuh perhatian lebih. Saat ini banyak isu-isu mengenai lingkungan yang marak dibicarakan seperti pemanasan global. Hal ini terjadi karena banyaknya polusi udara, penggunaan alat-alat elektronik yang berlebihan, dan manusia-manusia yang kurang menjaga lingkungannya.

Nah, untuk menjaga lingkungan kita agar tetap lestari dan dapat dinikmati oleh anak cucu kita, yuk kita jaga lingkungan kita mulai dari rumah kita sendiri! Simak tips yang dikutip dari Balkonie.com berikut ini, untuk mendesain rumah dengan konsep yang ramah lingkungan!

1. Desain rumah Anda dengan banyak ventilasi

Untuk lebih menghemat energi listrik di rumah Anda, sebaiknya Anda mendesain rumah dengan banyak jendela dan saluran udara. Hal ini agar Anda dapat menghemat penggunaan lampu pada siang hari. Selain itu, hal ini juga dapat membuat rumah Anda menjadi lebih dingin tanpa menggunakan kipas atau AC di siang hari. Anda juga dapat menggunakan atap yang transparan untuk membuat rumah Anda menjadi lebih terang. Banyaknya jendela juga Anda menjadi rumah yang lebih sehat dengan udara yang segar.

Alpha Media

Image via propertif.com

2. Gunakan bahan material rumah yang ramah lingkungan

Seperti yang kita ketahui, persediaan kayu di Indonesia semakin hari semakin menipis akibat banyaknya industri yang memproduksi barang berbahan kayu seperti tisu, kertas, dll. Selain itu, kayu juga semakin menipis akibat marak terjadi kebakaran hutan hampir di setiap tahun menjelang musim kemarau. Anda dapat mulai menghindari menggunakan material kayu di rumah Anda. Untuk atap rumah, Anda dapat menggunakan rangka berbahan baja ringan untuk menghindari kayu sebagai rangka atap rumah Anda. Sedangkan untuk kusen, jendela, dan pintu, Anda dapat menggunakan bahan PVC/UPVC atau alumunium.

3. Gunakan alat elektronik ramah lingkungan

Untuk menghemat energi, sebisa mungkin sebaiknya Anda menghindari penggunaan alat elektronik. Alat elektronik yang biasanya berbahaya bagi lingkungan adalah AC dan mesin pendingin atau lemari es di rumah Anda. Hal ini dikarenakan keduanya adalah alat elektonik yang mengandung Freon. Pilihlah alat elektronik yang bebas CFC agar dapat mengurangi dampak lingkungan yang terjadi.

4. Buat sebuah taman

Pohon dan tanaman sangat diperlukan untuk penyerapan air yang mencegah dari banjir, sebagai penghasil oksigen, dan penyerap polusi udara. Oleh karenanya, untuk membuat rumah yang lebih sehat serta membantu mengurangi polusi, buatlah sebuah taman yang dipenuhi dengan pohon, bunga, dan berbagai tanaman yang sangat bermanfaat dan dapat mempercantik rumah Anda. Bila Anda tidak memiliki cukup lahan untuk membuat taman, Anda dapat meletakkan beberapa tanaman pot di sekitar rumah yang dapat membantu lingkungan agar tetap bersih.

Alpha Media

Image via archdaily.com

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan dalam mendesain dan mengatur seisi rumah agar menjadi rumah yang ramah lingkungan. Seperti Anda ketahui, rumah yang ramah lingkungan bukan hanya bermanfaat bagi Anda saja, namun bagi masyarakat luas yang tinggal di bumi. Yuk mulai aplikasikan di rumah Anda, untuk hidup dan rumah yang lebih baik! (Tsubasa Sakai/ Fathia Azkia)

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

Foto: telegraph.co.uk

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Empat Kekeliruan yang Harus Dijauhi Saat Memasang Tirai

RumahCom - Di hampir setiap rumah, khususnya di Indonesia, pasti menggunakan tirai atau gordyn di rumah mereka. Termasuk rumah Anda juga, kan? Namun, apakah Anda tahu bila tirai yang Anda pasang

Lanjutkan membaca9 Des 2015

Ups! 4 Rumah Berhantu Ini Dibanderol dengan Harga Fantastis!

RumahCom - Siapa yang tak butuh tempat tinggal di dunia ini? Rumah sebagai tempat berlindung dari segala bahaya dan ancaman, memang menjadi dambaan setiap manusia. Dan tentu saja, semua orang pasti me

Lanjutkan membaca17 Des 2015

Ingin Punya Rumah Sehat? Ikuti 6 Langkah Berikut!

RumahCom - Jika selama ini kita berpikir bahwa rumah sebagai tempat bernaung, maka pikirkan kembali. Karena terdapat salah satu aspek yang tidak boleh dilewatkan oleh para tiap pemilik rumah, yakni

Lanjutkan membaca21 Des 2015

Masukan