Hunian yang Pas untuk Si Gaji Rp4 Juta

Fathia Azkia21 Des 2015

RumahCom – Harga rumah yang makin hari makin meningkat, membuat sebagian orang merasa pesimis untuk bisa memiliki hunian idaman. Apalagi jika penghasilan yang didapat tiap bulannya, dirasa tidak memungkinkan untuk melakukan proses down payment (DP) dan cicilan KPR. Eits, jangan kecewa dulu! Karena ternyata bagi Anda yang mengantongi gaji Rp4 juta per bulan, rumah dengan kategori sederhana sangat pas untuk dijadikan opsi utama.

Dikutip dari pernyataan Prita Hapsari Ghozie, seorang Financial & Business Planner (CFP), angka 20-30% pada uang muka rumah kerap kali menjadi hambatan pertama yang ditemui. Oleh karena itu, dalam ilmu perencanaan keuangan sebaiknya Anda mengalokasikan penghasilan untuk beberapa pos berikut ini:

  • 50% – 60% untuk biaya hidup bulanan.
  • 20% untuk tabungan dan investasi sesuai tujuan finansial.
  • 10% untuk dana darurat.
  • Maksimal 30% apabila masih ada cicilan pinjaman. Bilamana ada, maka alokasi untuk pos pengeluaran lain akan berkurang.

Agar misi memiliki rumah bisa segera terealisasi, maka Anda harus konsisten untuk menyisihkan dana setidaknya 20% atau Rp800 ribu dari penghasilan tiap bulan. Penyisihan ini ditujukan untuk tabungan uang muka rumah yang terbilang cukup tinggi. Nah, jika dikalikan dengan waktu dua tahun (24 bulan), maka Anda sudah memiliki dana Rp19.200.000 yang bisa digunakan untuk proses DP rumah.

Lantas, adakah rumah yang bisa dimiliki dengan kisaran uang muka Rp19 jutaan, dan cicilan KPR yang ideal bagi si gaji Rp4 juta? Jawabannya; tentu ada! Berikut Rumah.com telah merangkumnya spesial untuk Anda, agar target memiliki rumah sendiri tak lagi hanya sekadar impian belaka. Simak daftarnya di bawah ini;

  1. Triraksa Village 2, Tigaraksa

Triraksa-Village-2

Rumah subsidi milik PT Mitra Usaha Perkasa ini menawarkan tipe Batako dengan luas tanah 60m2 dan luas bangunan 30m2. Soal harga yang dibanderol terbilang sangat terjangkau, yakni hanya Rp125 juta. Dengan begitu, Anda harus merogoh kocek Rp12.500.000 sebagai uang mukanya.

Untuk menuju lokasi perumahan Triraksa Village 2 dari Jakarta, yang paling praktis adalah dengan menggunakan akses tol Jakarta-Merak dan keluar di pintu tol Balaraja Timur/Cikupa/Tigaraksa. Jika Anda berangkat dari pusat kota Jakarta, misalnya Bundaran Hotel Indonesia, jarak tol yang harus Anda tempuh adalah sekitar 45km.

  1. Bumi Citeureup Asri, Bogor

Bumi-Citeureup-Asri

Tak jauh berbeda dengan Triraksa Village 2, perumahan yang berada di kawasan Citeureup, Bogor, ini menghadirkan tipe Tulip (LB 21/ LT 60) dengan harga Rp126.500.000. Jika Anda membayar uang muka sebesar 10% atau Rp12.650.000, maka cicilan yang harus dibayar tiap bulannya adalah Rp948.750 (tenor 10 tahun). Sehingga sisa penghasilan sebesar Rp3.051.250 masih ideal untuk dialokasikan ke kebutuhan sehari-hari.

Failitas menarik yang dimiliki Bumi Citeureup Asri adalah water treatment plant. Ini merupakan sebuah sistem yang difungsikan untuk mengolah air dari Sungai Cileungsi yang kurang bagus, agar mendapatkan kualitas air bersih. Akan tetapi air bersih yang dihasilkan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, melainkan hanya untuk kegiatan MCK saja.

  1. Apartemen Delta Cakung, Jakarta Timur

apartemen-delta-cakung

Rusunawa bersubsidi, Delta Cakung, menghadirkan tipe Studio (21m2) seharga Rp167juta. Pas untuk Anda yang ingin tinggal di lokasi strategis Jakarta Timur, namun memiliki keterbatasan penghasilan. Dengan cicilan mulai Rp1 jutaan/bulan plus pilihan tenor 10-15 tahun, tipe Studio memang sangat terjangkau bagi Anda yang berpenghasilan Rp4 juta. Rusunami ini telah berdiri sejak 3 tahun lalu, sedangkan tiang pancang sendiri dibangun sejak Oktober 2011 hingga serah terima kepemilikan pada Juni 2013.

  1. CitraIndah Bukit Ebony, Jonggol

CitraIndah-Bukit-Ebony

CitraIndah merupakan salah satu proyek dari Ciputra Grup, yang merupakan developer besar, ternama, dan terpercaya di Indonesia. Harga rumah terendah ditawarkan lewat tipe 22/72, yakni Rp149.490.000 dengan satu kamar tidur dan satu kamar mandi. Jika Anda memilih cicilan tenor 10 tahun, maka pengeluaran yang harus Anda sisihkan adalah Rp1.121.175 tiap bulannya.

Tak heran, jika tipe ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki gaji pas-pasan, tapi mendambakan sebuah rumah di kawasan terpadu. Fasilitas menarik yang berada di area perumahan seperti waterpark, angkutan kawasan, taman bermain, hingga sarana ibadah, tetap bisa dinikmati meski Anda menghuni klaster kelas menengah bawah.

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Bank Asing Pun Tertarik Pembiayaan Rumah Subsidi

RumahCom - Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Maurin Sitorus mengatakan, untuk pendanaan rumah subsidi melalui skema selisih suku bunga (SSB), peme

Lanjutkan membaca10 Jul 2015

Daftar Lengkap Rumah Subsidi di Jawa Timur dan Jawa Tengah

RumahCom – Mendukung Program Sejuta Rumah, Real Estat Indonesia (REI) menargetkan pembangunan 247.725 unit, yang terdiri dari 217.725 unit rumah sederhana tapak (RST) dan 30.000 unit rumah susun sed

Lanjutkan membaca27 Jul 2015

Daftar Lengkap Rumah Subsidi di Riau

RumahCom – Tahun ini, DPD Real Estat Indonesia (REI) Riau menyumbang sebanyak 8.000 unit rumah sederhana tapak (RST). Lokasi rumah subsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) ini berada di

Lanjutkan membaca28 Jul 2015

Daftar Lengkap Rumah Subsidi di Sumatera Utara

RumahCom – Di 2015 ini, DPD Real Estat Indonesia (REI) Sumatera Utara membangun sebanyak 6.916 unit rumah sederhana tapak (RST). Lokasi rumah subsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) ini

Lanjutkan membaca28 Jul 2015

Masukan