RumahCom – Siapa yang tidak suka memelihara hewan peliharaan? Mereka sudah menjadi bagian dari keluarga, dan selalu menggemaskan tiap kali Anda tiba dirumah. Namun sayangnya mereka seringkali meninggalkan bau yang kurang sedap. Mulai dari bekas kotoran sampai dengan bau nafas mereka yang kadang membuat rumah menjadi bau amis dan apek.

Jangan sampai para tamu mengingat bau tersebut tiap kali berkunjung ke rumah Anda. Bisa jadi dekorasi secantik apapun yang menghiasi rumah Anda tidak lagi berkesan di mata mereka. Untuk itu, coba beberapa tips berikut ini untuk menghilangkan bau tidak enak yang ditinggalkan oleh hewan peliharaan Anda.

  1. Jaga rumahmu tetap bersih

Mari memulai kegiatan bersih-bersih sebelum Anda ingin menghilangkan bau kurang sedap dari hewan peliharaan. Dimulai dari menghisap debu, mengelap meja dan lemari, sampai dengan mencuci kain. Beberapa tahap tersebut bisa menjadi tugas penting yang harus diselesaikan sebelum mulai menambahkan wewangian.

  1. Jaga kebersihan hewan peliharaan

Hal lain yang perlu untuk dijaga kebersihaannya secara teratur adalah hewan peliharaanmu sendiri. Mulai untuk membersihkan mereka, yang bisa dilakukan di salon grooming pet atau bahkan dirumah dengan peralatan yang lengkap. Selain memandikan dengan sampo, Anda juga harus menyikat bulu dan mengeringkannya dengan sempurna sebelum mulai bermain bersama mereka. Hal kecil seperti memotongi kuku dan menyikati gigi (jika mereka mau) juga bisa memberi pengaruh yang besar.

  1. Jangan lupa bersihkan peralatan hewan peliharaan

Tidak hanya membersihkan hewan peliharaan, peralatan mereka mulai dari aksesoris, kandang dan mainan juga harus dibersihkan secara berkala setiap minggunya.

  1. Memberi perhatian khusus kepada kotak kotoran

Seringkali kotak kotoran menjadi penyebab utama timbulnya bau di rumah Anda. Oleh karena itu Anda harus bisa memilih ukuran yang cukup besar dan diletakkan di lokasi pojok rumah. Untuk mengurangi bau, campur pasir dengan baking soda dan bersihkan setidaknya sekali dalam sehari. (lebih sering lebih baik).

  1. Jaga perputaran udara di dalam rumah

Meski musim dingin masih berjalan, namun membuka jendela dan pintu setidaknya sekali seminggu dalam waktu minimal sepuluh menit bisa memberi kualitas udara di rumah Anda membaik.

  1. Menghisap bau karpet

Cukup dengan menaburkan baking soda ke karpet beberapa jam sebelum mulai menghisap debu akan membantu menghisap bau yang terjebak di karpet Anda.

  1. Gunakan pewangi

Setelah membersihkan ruangan, jangan lupa menambahkan penetral wewangian seperti pengharum karpet, lilin wewangian, pengharum ruangan yang berbentuk spray atau digantung dekat pendingin udara.

  1. Jaga furnitur dengan baik

Jangan biarkan hewan kesayangan Anda merusak furniture yang ada di rumah. Oleh karena itu pilihlah perabot dengan bijak. Material kulit dinilai lebih ramah untuk hewan peliharaan disbanding kain. Selain itu metal lebih tahan lama dan mudah dibersihkan dibandingkan kayu.

  1. Ubah Air Purifier Anda

Pasang penjernih udara dengan system HEPA untuk menggantikan air purifier lama Anda. Sebagai tambahan, pastikan penjernih udara tersebut dibersihkan secara berkala.

  1. Pilih keset

Keset seringkali menjadi tempat tidur dan berguling hewan kesayangan Anda, oleh karena itu pilihlah keset dengan material yang mudah dicuci.

Isnaini Khoirunisa

Penulis adalah content writer Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: isnainikhoirunisa@rumah.com atau melalui Twitter: @isnaainaa

Source: apartmenttherapy.com

 

KIRIM KOMENTAR