6 Tips Memilih Sofa untuk Ruangan Anda

Fathia Azkia31 Des 2015

RumahCom – Memiliki dekorasi indah untuk rumah adalah impian bagi setiap orang. Hanya saja biasanya dalam menentukan dekorasi rumah banyak faktor pertimbangan baik selera dan trend fashion yang sedang berkembang.

Namun, ternyata keinginan dan trend fashion yang Anda inginkan belum tentu sesuai dengan kondisi ruangan yang ada. Memilih Sofa untuk ruangan Anda misalnya.

Berbagai macam ukuran, model, dan warna tentu sangat menggoda pandangan mata jika dilihat. Sangat disayangkan jika Anda sudah membeli namun ternyata tidak sesuai dengan bentuk dan karakteristik ruangan. Sungguh disayangkan bukan?

Mulai sekarang simpan uang Anda sebelum membeli, dan simak 6 tips berikut dalam memilih sofa untuk ruangan Anda yang dilansir dari situs desain interior terkenal di Amerika, houzz.com.

1. Pertimbangkan ukuran ruangan dahulu

sofa001

Jika Anda memiliki ruang tamu berukuran luas, maka Anda harus putuskan list kebutuhan pengisi ruang di dalamnya. Seperti, apakah membutuhkan kursi? membutuhkan meja? ataukah membutuhkan coffee bar ?

Apabila sudah Anda merumuskan kebutuhan itu, barulah Anda bisa menentukan model sofa untuk ruangan Anda. Ruang tamu yang luas sangat identik dengan sofa berukuran leter-L yang bisa Anda padukan menggunakan satu sofa kecil yang memiliki model berbeda dan warna yang berbeda. Hal ini memberikan kesan santai dan nyaman.

2. Putuskan orientasi kegunaan sofa

sofa2001

Kegunaan sofa juga harus memiliki nilai orientasi kegunaan, selain hanya berfungsi untuk tempat duduk. Tetapi dengan sofa identik aksesoris percantik ruangan, maka ada baiknya Anda mendesain value dari kegunaan ruangan Anda. Misalnya, apakah ruangan Anda nantinya akan digunakan sebagai tempat untuk minum bar? ataukah digunakan untuk membaca buku? atau bahkan untuk menonton televisi? perlu Anda rumuskan sedemikian detail sehingga dapat memudahkan Anda memilih model sofa yang tepat guna.

Apabila ruangan Anda digunakan hanya sekedar digunakan untuk berbincang dengan santai, Anda bisa memadukan jenis tempat duduk lain yang saling berhadapan. Meski terlihat variatif, kesan yang didapat akan juga memberikan nilai kebersamaan.

3. Tentukan sudut yang diingikan

sofa4001

Karakteristik sofa juga memiliki fitur desain yang sangat estetik. Oleh sebab itu, sangat penting Anda untuk menentukan sudut ruangan yang ingin Anda tonjolkan kepada siapapun yang menduduki sofa tersebut. Misalnya sudut ruangan yang ingin tonjolkan adalah sisi pemandangan luar dari rumah Anda. Taman misalnya. Anda bisa memilih sofa dengan bentuk setengah ouval yang menjadikan sudut pandang berbeda di mata orang yang duduk di sofa tersebut. Tentu ini membuat kenyamaan tersendiri, bahkan tidak mau beranjak dari sofa.

4. Perhatikan bahan material sofa

sofa5001

Selain desain estetika, poin yang harus diingat adalah perhatikan bahan material dari sofa itu sendiri. Misalnya, jika Anda memiliki hewan peliharaan, maka sofa berbahan suede sunggu tidak cocok. Karena sangat sulit dibersihkan apabila hewan peliharaan Anda membuat kotoran di sofa.

sofa6001

Materila kulit dinilai baik untuk pilihan material sofa Anda. Selain mudah dibersihkan, bahan ini juga cocok untuk semua kategori baik usia, jenis kelamain, dan gaya desain interior rumah Anda.

5. Pilihalah sofa yang dapat Anda padukan dengan beberapa warna

sofa7001

Dalam hal ini Anda dianjurkan untuk memilih sofa ayang bisa memadukan warna lain seperti tumpukan bantal yang akan Anda simpan, atau warna dinding, bahkan karpet yang Anda miliki. Sehingga Anda tidak perlu membeli kembali.

Tips untuk Anda yang ingin membuat interior bernuansa tradisional, lebih baik memilih sofa dengan warna yang natural dan memiliki daya tahan lama.

6.  Berkreasilah menggunakan sofa bermotif

sofa8001

Banyak orang yang bingung memilih warna sofa seperti apakah harus menggunakan warna cerah, bermotif ataukah warna netral. Sebenarnya untuk pilihan warna netral sudah cukup umum. Namun perkembangan desain saat ini memadukan warna dengan berbagai corak ternyata sangat tepat digunakan untuk ruangan yang biasa digunakan meminum kopi, atau terdapat coffee bar di dekat sofa tersebut.

Kantri Maharani

Penulis adalah Content Writer: Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan Penulis, Anda bisa mengirim email ke:kantrimaharani@rumah.com atau twitter @jeungkant

Foto: pixabay.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tiga Hal Ini Bikin Bisnis Perhotelan Lesu di 2015

RumahCom – Bisnis perhotelan Jakarta di 2015 ini terlihat lesu. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab. Pertama, pertumbuhan ruang perhotelan yang tidak diikuti dengan pertumbuhan permintaan, menyeb

Lanjutkan membaca30 Des 2015

Ini Dia Arsitek Inggris dengan Karya Hunian Seharga Rp1 Triliun

RumahCom – Adalah Sir Edwin Lutyens (1869-1944) merupakan arsitek terbaik Inggris yang memiliki perjalanan cukup panjang dan memiliki spesialisasi gaya interior yang sampai saat ini masih sangat din

Lanjutkan membaca29 Des 2015

Catat, 5 Syarat Mewujudkan Resolusi Anda untuk Memiliki Rumah!

RumahCom – “Rumah adalah aset nomor satu yang paling menentramkan” ujar Kaukabus Syarqiyah, Financial Planner Kaukabus Financial Literacy Center kepada redaksi Rumah.com, Rabu (30/12). Ibu en

Lanjutkan membaca30 Des 2015

Enam Klaster dengan Desain Eksterior Tercantik

RumahCom – Selama tahun 2015, kemunculan perumahan baru setiap bulannya selalu bertambah. Aneka konsep dan desain pun ditawarkan oleh berbagai developer, dari mulai gaya minimalis, modern, green liv

Lanjutkan membaca30 Des 2015

7 Desain Rumah Solusi Stress Anda

RumahCom - Mungkin Anda merasa bosan di dalam rumah, ataukah seringkali merasa begitu banyak permasalahan dalam benak Anda sehingga rasanya Anda ingin meninggalkan rumah? Tidak perlu Anda menyalahk

Lanjutkan membaca30 Des 2015

Masukan