Apa Bisnis Paling Potensial di Tahun Kambing Kayu?

Anto ErawanFebruari 20, 2015

RumahCom – Tahun 2015 disebut juga tahun Yi Wei (Kambing Kayu). Namun banyak yang menyangka Tahun Kambing Kayu dimulai saat Imlek. Hal ini salah besar.

Menurut Sidhi Wiguna Teh, Tahun Kambing Kayu dimulai pada 4 Februari 2015 jam 11.59 siang. “Tahun Kambing Kayu menggunakan kalender matahari, sementara Imlek menggunakan kalender bulan (lunar),” tutur pakar feng shui ini.

Terkait tahun Yi Wei, imbuhnya, Yi merupakan batang langit ke-2 yang berunsur kayu, sementara Wei adalah cabang bumi ke-8 yang berunsur tanah.

“Dengan demikian elemen langit dan bumi terjadi clash, karena kayu merusak tanah,” jelas Sidhi.

Melihat kondisi tersebut, Sidhi menyimpulkan bahwa bisnis properti—yang mewakili unsur tanah—kurang baik di Tahun Kambing Kayu ini. “Banyak terjadi hambatan. Hal ini mulai terlihat dari kebijakan terkait pajak dan suku bunga kredit yang tinggi,” katanya.

Selain itu, imbuhnya, dia pun melihat saat ini properti yang mulai over supply dan menumbulkan tingkat kompetisi yang tinggi. “Untuk itu pihak pengembang perlu melakukan evaluasi dan memonitor perkembangan bisnisnya bulan per bulan,” ujar Sidhi memberi saran.

Selain properti, lanjutnya, bisnis yang mewakili unsur tanah juga akan menghadapi persaingan. Senut saja bisnis bahan bangunan (material), infrastruktur, pertambangan, dan asuransi.

Bisnis yang Potensial
Menurut Sidhi, bisnis yang berunsur air akan parah tahun ini. Pasalnya, unsur kayu melemahkan air dan unsur tanah membendung air. Contoh bisnis berunsur air adalah transportasi, travel, perkapalan, minuman, dan kafe.

sidhi

“Bisnis dengan unsur air harus melakukan konsolidasi dan mengevaluasi kualitas produk. Jangan melakukan ekspansi!” tegasnya.

Sementara itu, bisnis terkait unsur api tahun ini akan produktif, seperti bisnis restoran, energi, elektronik, broadcasting, hiburan, dan saham.

Sedangkan, bisnis dengan unsur kayu, akan mengalami margin keuntungan yang meningkat. Contoh bisnis berunsur kayu adalah: media cetak, kertas, garmen, pendidikan, dan makanan kering (kudapan).

Bisnis terbaik Tahun Kambing Kayu, jelas Sidhi, adalah bisnis terkait logam. Bisnis terkait logam antara lain: perbankan, komputer, mesin, perhiasan, otomotif, dan legal.

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: istimewa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Fungsi Cermin Cekung dan Cembung Menurut Feng Shui

Oleh: Mauro Rahardjo & Lelyana Rahardjo RumahCom - Pemakaian cermin datar dalam feng shui berbeda dengan pemakaian cermin cembung atau cekung. Cermin cembung membuat bayangan menjadi lebih keci

Lanjutkan membacaMei 20, 2014

Atasi Darah Tinggi dengan Ruang Bernuansa Hitam-Putih

Oleh: Mauro Rahardjo & Lelyana Rahardjo RumahCom - Dalam ilmu pengobatan tradisional Tiongkok, jantung dilambangkan dengan Api. Mereka yang mudah mendapat gangguan jantung terutama dilahirkan s

Lanjutkan membacaSeptember 16, 2014

Siapa yang (Tidak) Beruntung di Tahun Kambing 2015?

Oleh: Mauro Rahardjo & Lelyana Rahardjo RumahCom – Kita akan segera memasuki tahun 2015. Lantas, siapakah yang bakal beruntung di Tahun Kambing Kayu ini? Kebanyakan orang menggunakan Shio

Lanjutkan membacaDesember 22, 2014

Hadirkan Kamar Bernuansa Romantis dengan Feng Shui

Oleh: Sidhi Wiguna Teh RumahCom – Hari Valentine yang jatuh pada 14 Februari telah di depan mata. Bagi Anda yang merayakan hari kasih sayang tersebut, ada baiknya Anda membuat kamar bernuansa rom

Lanjutkan membacaFebruari 5, 2015

Masukan