Apa Saja Kelebihan Teknologi Smart Home?

Anto ErawanFebruari 24, 2015

RumahCom – Teknologi rumah pintar (smart home) makin digemari, lantaran memberi kemudahan dan keamanan bagi rumah dan penghuninya. Cukup menggenggam ponsel pintar, pengguna bisa mengontrol semua peranti elektronik yang ada di rumah.

Tak hanya bagi pengguna, pengembang properti pun menganggap teknologi smart home sebagai added value yang bisa ditawarkan untuk menggaet calon konsumen.

Desi Yuliana, Direktur Marketing PT Megapolitan Developments, Tbk. menuturkan, kehadiran perangkat smart home bukan sekadar tren, tapi sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat modern saat ini.

“Menerapkan konsep rumah pintar akan menjadi nilai plus bagi developer. Sebagai pioner yang mengedepankan konsep smart development, penerapan konsep ini tentu bakal membuat kami menjadi pengembang yang inovatif,” urainya dalam property talkshow bertajuk “Tren Bisnis Properti dan Booming Smart Cluster di 2015” akhir pekan lalu.

Senada dengan Desi, Aviv Mustaghfirin, Direktur Riscon Realty mengatakan, penggunaan perangkat smart home pasti akan memberikan benefit, bagi developer juga bagi konsumen.

“Dengan menggunakan perangkat ini, penghuni pastinya merasa nyaman meninggalkan rumah, kenyamanan rumah mereka dapat terkontrol setiap saat,” ujar Aviv. “Penerapan konsep smart home akan mampu mengubah gaya hidup masyarakat modern saat ini.”

Pada kesempatan yang sama, Eric L. Pangkey, Komisaris Utama Smart Home Inside—penyedia jasa smart home—mengatakan, perangkat smarthome mudah dipantau, diakses, dan dikendalikan dari jarak jauh setiap saat.

“Perangkat ini dilengkapi dengan jaringan komunikasi yang menghubungkan berbagai layanan dan peralatan elektronik, memungkinkan untuk mengendalikan semua elektronik yang ada di rumah,” urai Eric.

Menurutnya, aplikasi smart home mampu mengendalikan semua peranti elektronik termasuk lighting control, scene control, window control, appliances control, IP camera, intercom, alarm management, hingga smart gardening.

“Pastinya, perangkat smart home akan memberikan kemudahan hidup, kenyamanan dan keamanan yang ekstra, ramah lingkungan, hemat energi dan memberikan added value bagi properti tersebut. Hal ini juga sangat berpengaruh dalam berbagai aspek kehidupan,” tuturnya.

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: icon.asid.org

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Kembangkan Proyek Smart Home, PP Properti Gandeng Telkom

RumahCom – PT PP Properti menggandeng PT Telkom Regional Jateng – DIY untuk menyediakan fasilitas smart home di kawasan hunian Payon Amartha yang berada di perumahan Permata Puri, Semarang. Pen

Lanjutkan membacaOktober 22, 2014

‘Kemayoran Bisa Jadi Smart District Jakarta’

RumahCom – Kawasan Kemayoran telah lama digadang sebagai ‘The Next CBD Jakarta’, namun kenyataannya perkembangan area bekas Bandara tersebut belum sepesat daerah lain. Padahal, pengembangan Kema

Lanjutkan membacaDesember 3, 2014

Botanica Valley Serpong Tawarkan Smart Home di Kawasan Eksotis

RumahCom – Melihat potensi tinggi kawasan Serpong, PT Surya Agung Realti kembali meluncurkan proyek baru: Botanica Valley. Cluster yang mengusung konsep “A New Botanical Living in Serpong“ ini d

Lanjutkan membacaDesember 18, 2014

Bagaimana Nasib (Rumah) Anda di Tahun Kambing Kayu?

RumahCom – Bisnis properti di Tahun Kambing Kayu (Yi Wei) 2015 diprediksi akan menghadapi masalah. Pasalnya, berdasarkan hitungan feng shui, Kambing yang mewakili unsur Tanah akan menimbulkan persai

Lanjutkan membacaFebruari 23, 2015

Masukan