Kamus Properti: Apa yang Dimaksud Cerukan KPR?

Anto ErawanFebruari 26, 2015

RumahCom – Cerukan adalah perpanjangan kredit dari lembaga peminjam saat rekening mencapai angka nol. Dalam istilah orang awam, cerukan terjadi saat bank memperbolehkan Anda menarik uang dari sebuah rekening, meskipun Anda tidak memiliki sisa dana dalam rekening tersebut.

Pada dasarnya, cerukan sama seperti meminjam dari bank. Jangan khawatir, karena sudah banyak bank yang menawarkan fasilitas ini.

Meskipun Anda bisa menggunakan fasilitas di bank, tetap saja ada aturan mainnya. Jumlah yang “diceruk” tentu saja dikenai bunga dan syarat cicilan yang sebelumnya telah disetujui oleh bank dan pemegang rekening.

Biasanya, jumlah batas uang yang dapat diakses oleh pemegang rekening menggunakan cerukan disebut sebagai “authorized overdraft limit”.

Bagaimana Cara Kerja Cerukan pada Kredit Pemilikan Rumah?
KPR dengan fasilitas cerukan memberikan Anda kemudahan untuk menarik uang yang tidak Anda miliki dari rekening yang terkait dengan pinjaman rumah Anda.

Hal ini mengesampingkan fakta bahwa Anda masih berutang kepada bank (dalam bentuk pinjaman rumah). Tentu saja, semua dapat diterapkan dengan suku bunga dan syarat serta ketentuan  yang telah ditetapkan sebelumnya oleh bank.

Mengapa Bank Memperbolehkan Adanya Fasilitas  Cerukan?
Fasilitas cerukan pada dasarnya sama dengan peminjaman uang, hanya saja cerukan membutuhkan sebuah jaminan. Dalam hal ini Anda memberikan jaminan ekuitas rumah (sama seperti menggadaikan rumah Anda pada bank untuk mendapatkan akses uang tunai).

Dari sudut pandang bank, kesepakatan seperti ini relatif aman karena rumah Anda secara teknis bertindak sebagai jaminan. Selain itu, bank juga mendapat bunga dari uang yang Anda ceruk.

Apa Saja Keunggulan Fasilitas Cerukan?
• Cerukan merupakan pilihan yang cepat dan nyaman untuk mendapat akses terhadap uang tunai tanpa harus mengajukan aplikasi pinjaman.
• Cerukan memungkinkan seseorang untuk membuka ekuitas properti yang belum lunas untuk berbagai macam tujuan, seperti misalnya investasi.
• Bagi sebagian orang, KPR dengan fasilitas cerukan merupakan mekanisme perlindungan yang memperbolehkan mereka mengakses uang dengan cepat dalam situasi darurat.

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Dok. Rumah.com
Sumber: aturduit.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

5 Tips Agar Cicilan KPR Lancar

RumahCom - Membayar cicilan KPR (kredit pemilikan rumah) mungkin terasa sangat melelahkan, karena bisa berlangsung 15 – 20 tahun. Dalam perjalanannya, tak jarang debitur kesulitan bahkan gagal me

Lanjutkan membacaFebruari 17, 2015

Mau Cicilan KPR Cepat Lunas, Begini Caranya!

RumahCom – Membayar cicilan KPR (kredit pemilikan rumah) memang cukup melelahkan, karena bisa berlangsung 20 tahun. Untuk melunasi KPR Anda supaya lebih cepat, Anda bisa mencoba tiga cara berikut in

Lanjutkan membacaFebruari 20, 2015

3 Hal Penting Sebelum Mengajukan KPR

RumahCom - Fasilitas KPR (kredit pemilikan rumah)  masih menjadi pilihan utama masyarakat yang ingin memiliki rumah. Namun, mengajukan KPR adalah komitmen jangka panjang, sehingga perlu persiapan mat

Lanjutkan membacaFebruari 24, 2015

Serba-Serbi KPR Yang Harus Diketahui

RumahCom – Membeli rumah lewat fasilitas KPR (kredit pemilikan rumah) memang meringankan beban konsumen. Akan tetapi, KPR memiliki ketentuan dan proses yang harus dilalui—yang tak jarang membingun

Lanjutkan membacaFebruari 25, 2015

Masukan