Tips Menentukan Harga Jual Rumah

Anto ErawanMaret 9, 2015

RumahCom – Rumah sekunder (second) tak memiliki harga patokan atau harga baku. Untuk itu, Anda harus cermat menentukan harga jualnya.

Pasalnya, menjual rumah dengan harga terlalu mahal tentu akan sulit. Sebaliknya, menjual dengan harga terlalu murah tak akan menguntungkan.

Bila Anda ingin menjual rumah dengan harga wajar, ada beberapa langkah yang harus dilakukan:

1. Lakukan survei lingkungan untuk mencari pembanding, apakah ada rumah sejenis yang ditawarkan di sekitar rumah yang akan dijual. Lihat harga jualnya.

2. Jika di sekitar tak ada rumah yang dijual, cari di radius yang lebih luas. Hal ini penting sebagai pembanding dan pegangan Anda.

3. Dari harga penawaran yang dilakukan di rumah pembanding, lakukan penyesuaian terhadap rumah yang akan dijual. Perbandingan bisa dilihat dari beberapa poin, seperti luas tanah dan bangunan, legalitas (sertifikat), karakteristik rumah (arah hadap, bebas banjir atau tidak, bentuk dan usia bangunan, dan lain-lain). Dengan demikian, akan terlihat harga pasar yang pantas untuk rumah yang akan dijual.

4. Jika secara keseluruhan rumah yang akan dijual lebih baik dibanding rumah pembanding, maka tawarkan harga yang lebih tinggi. Begitu pula sebaliknya.

5. Untuk menguji benar atau tidak harga yang telah ditetapkan, coba analisa harga tanah dan bangunan secara terpisah. Misalnya harga tanah Rp500 juta dan harga bangunan Rp200 juta, maka sebaiknya Anda menawarkan rumah dengan harga 20% di atas harga tersebut (celing price), yakni sekitar Rp850 juta.

Jika nanti terjadi negosiasi, maka Anda bisa mempertahankan harga wajar yang telah ditentukan sebelumnya (floor price), yakni Rp700 juta. (Baca: Ceiling Price dan Floor Price)

6. Jika Anda tidak sempat melakukan survei untuk menentukan harga, sebaiknya Anda menggunakan jasa penilai properti (appraisal). Kendati demikian, si penilai properti juga akan melakukan tahapan penilaian yang sama.

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Anto Erawan

ferensi ridho
Mar 19, 2015
Kalau bangun ruko baru dan mau menentukan harga jual yg wajar dan menguntungkan setelah mengetahui harga tanah dan bangunan....kira2 berapa persen harga harus dinaikkan agar harga ruko itu wajar dan menguntungkan? Kebetulan tidak ada data pembanding..
KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Trik Memasang Iklan Properti

RumahCom – Dalam menjual rumah, apartemen, atau properti lain, salah satu strategi paling penting adalah memasang iklan. Iklan yang dibuat harus efektif dan tepat sasaran, sehingga mampu menjaring c

Lanjutkan membacaJanuari 8, 2015

Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Membeli Rumah

RumahCom - Membeli rumah mungkin merupakan keputusan terbesar sepanjang hidup. Jadi, tidak boleh dilakukan dengan terburu-buru dan perlu banyak hal yang dipertimbangkan. Berikut ini adalah empat ha

Lanjutkan membacaFebruari 23, 2015

3 Hal Penting Sebelum Mengajukan KPR

RumahCom - Fasilitas KPR (kredit pemilikan rumah)  masih menjadi pilihan utama masyarakat yang ingin memiliki rumah. Namun, mengajukan KPR adalah komitmen jangka panjang, sehingga perlu persiapan mat

Lanjutkan membacaFebruari 24, 2015

Sekarang Mengajukan KPR BTN Bisa Secara Online

RumahCom – Anda ingin mengajukan KPR (kredit pemilikan rumah) di Bank BTN? Tak perlu bingung, karena saat ini PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meluncurkan portal khusus yakni BTNproperti. Po

Lanjutkan membacaMaret 2, 2015

Masukan