Wow, Uang Muka Rumah Subsidi Diturunkan Jadi 1%

Anto ErawanMaret 3, 2015

RumahCom –  Pemerintah mensinyalir, masyarakat berpenghasilan rendah (‎MBR) menjadi penyumbang angka backlog terbesar dari total backlog 15 juta unit.

Untuk itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan memberikan beberapa kelonggaran bagi MBR untuk dapat memiliki hunian.

“Pertama kami akan menurunkan uang muka dari 5% menjadi 1%, ini sudah disetujui tadi,” kata Menpupera, Basuki Hadimuldjono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3).

Tak hanya keringanan uang muka, MBR nantinya juga akan dikenakan angsuran tetap (flat) dengan jangka waktu angsuran (tenor) mencapai 20 tahun.

Selain itu, keringanan juga akan diberikan pada bunga KPR (kredit pemilikan rumah) yang dikenakan. Jika semula dikenakan bunga flat 7,5% kini diturunkan menjadi 5%.

Di sisi lain, imbuh Basuki, pemerintah akan memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk masyarakat dengan kriteria tertentu. Langkah ini diambil untuk memfasilitasi masyarakat yang tidak memiliki penghasilan tetap.

‎Basuki memberi contoh supir taksi yang mampu membayar cicilan rumah, tetapi lantaran penghasilannya tidak tetap, dia tidak punya akses ke bank karena tidak ada penjamin.

“Kami akan pakai itu (KUR), sehingga lebih memperluas jangkauan dari program ini,” jelas Basuki seperti dikutip dari Liputan6.com.

Sebagai informasi, kriteria MBR dapat memiliki rumah tapak bersubsidi adalah masyarakat yang memiliki penghasilan di‎ bawah Rp4 juta per bulan.

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Anto Erawan

M Tahir
Mar 07, 2015
Wow, Pemerintah sekarang sungguh memperhatikan kebutuhan masyarakat kecil,luar biasa, maju terus pemimpin bangsa ku. Kira kira kapan hal tersebut di realisasikan ? Salam hormat
KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Inilah Solusi 7 Masalah Perumahan Rakyat!

Oleh: Eddy GanefoRumahCom - Angka backlog yang menunjukkan kecenderungan makin tingginya selisih antara pertumbuhan permintaan dan penawaran rumah kepada MBR sangatlah memperihatinkan. Hal ini terjadi

Lanjutkan membacaAgustus 21, 2014

Ini Dia, Daftar Rumah Subsidi di Pesta Rumah Rakyat 2014

RumahCom – Setelah cukup sukses menggelar Pesta Rumah Rakyat di Jakarta Convention Center beberapa waktu lalu, Kementerian Perumahan Rakyat kembali menghelat acara serupa di Bekasi, 25 September - 5

Lanjutkan membacaOktober 1, 2014

Animo Tinggi, Ciputra Group Tambah Pasokan Rumah Subsidi

RumahCom – Pengembang properti PT Ciputra Development Tbk (CTRA) memang belum mulai menjual unit rumah murah seharga Rp100 jutaan di Maja, Serpong, Banten. Menyusul peminat yang membludak, dari 300

Lanjutkan membacaDesember 3, 2014

Cicilan KPR Subsidi Akan Diturunkan Jadi Rp500 Ribu per Bulan

RumahCom - Penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) menjadi 7,5% akan diikuti dengan penurunan bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLP

Lanjutkan membacaFebruari 27, 2015

Masukan