Inilah Kota-kota Paling Layak Huni di Dunia 2015

Anto ErawanMaret 5, 2015

RumahCom – Ibukota Austria, Wina, kembali dinobatkan sebagai kota paling layak huni di dunia oleh lembaga survei internasional Mercer. Dalam survei bertajuk Mercer 2015 Quality of Living ini, kota-kota Eropa mendominasi kota dengan kualitas hidup terbaik di dunia di samping kota-kota besar di Australia dan Selandia Baru.

Zurich, Auckland, dan Munich berada di tempat kedua, ketiga, dan keempat. Di tempat kelima, Vancouver adalah kota tertinggi di Amerika Utara dan satu-satunya kota di kawasan itu di atas 10.

Di kawasan Asia, Singapura (peringkat 26 dunia) masih menjadi kota paling layak huni tahun ini. Di kawasan Asia Tenggara, Kuala Lumpur (84) berada di belakang Singapura, diikuti Bangkok (117) dan Manila (136).

Sementara itu, Jakarta hanya menduduki peringkat kelima Asia Tenggara dan ke-140 di dunia, naik peringkat dari posisi 146 tahun lalu.

Mercer melakukan survei kualitas hidup setiap tahun untuk membantu perusahaan-perusahaan multinasional saat harus menempatkan karyawan mereka di mancanegara. Survei ini memberikan informasi berharga dan rekomendasi di lebih dari 440 kota di seluruh dunia, dimana 230 kota masuk dalam pemeringkatan.

Slagin Parakatil, Principal Mercer mengatakan, bertugas di negara lain merupakan pengalaman menarik dan menantang bagi karyawan dan keluarga mereka. Budaya, masyarakat, iklim yang berbeda, serta ketidakstabilan politik, tingkat kejahatan yang tinggi, dan infrastruktur yang buruk bisa menyulitkan karyawan dan keluarganya.

“Perusahaan perlu menilai apakah staf dan keluarga mereka akan mengalami penurunan kualitas hidup saat direlokasi dan memastikan mereka cukup mendapatkan kompensasi untuk itu,” imbuhnya.

Parakatil menambahkan, Mercer terus menemukan kota-kota yang berkembang pesat dan menjadi pesaing kota-kota yang telah mapan sebagai pusat bisnis dan keuangan.

“Kota-kota second-tier ini melakukan investasi, khususnya di bidang infrastruktur untuk meningkatkan standar kualitas hidup yang pada akhirnya menarik lebih banyak perusahaan asing,” tambah Parakatil.

Inilah 10 kota paling layak huni 2015 versi Mercer:
1. Wina (Austria)
2. Zurich (Swiss)
3. Auckland (Selandia Baru)
4. Munich (Jerman)
5. Vancouver (Kanada)
6. Düsseldorf (Jerman)
7. Frankfurt (Jerman)
8. Jenewa (Swiss)
9. Kopenhagen (Denmark)
10.Sydney (Australia)

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Anto Erawan

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mengapa Sydney Raih Predikat Kota Paling Layak Huni?

RumahCom – Sydney terpilih sebagai pemuncak kota paling layak huni di dunia. Hal ini terungkap lewat hasil riset PricewaterhouseCoopers (PwC) bertajuk Cities of Opportunity yang dirilis bulan lalu.

Lanjutkan membacaJuli 1, 2014

Inilah 15 Kota dengan Potensi Ekonomi Tertinggi di Dunia

RumahCom – Sebanyak enam kota dari Asia Pasifik masuk dalam daftar 15 Kota Global 2014-2019. Kota-kota ini dinillai memiliki potensi pertumbuhan ekonomi yang lebih besar dibandingkan kota-kota lainn

Lanjutkan membacaOktober 13, 2014

Hong Kong Masih Pegang Rekor Ruang Ritel Termahal

RumahCom - Penelitian yang dilakukan CBRE Group menunjukkan, Hong Kong, New York, Paris, London, dan Tokyo mempertahankan posisi mereka sebagai kota dengan harga ruang ritel termahal di dunia selama k

Lanjutkan membacaDesember 9, 2014

Singapura: Kota Paling Layak Huni di Dunia

RumahCom - Singapura kembali terpilih sebagai kota paling layak hunia di Asia dan dunia tahun ini. Sementara itu, posisi Hong Kong merosot ke posisi enam di Asia dan ke-33 di peringkat global. Demikia

Lanjutkan membacaJanuari 23, 2015

Masukan