7 Tips Agar Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC

Anto ErawanMaret 12, 2015

RumahCom – Banyak yang menggunakan pendingin ruangan (AC) sebagai jalan pintas bila rumah terasa gerah atau panas.

Namun bagi Anda yang ingin mengurangi budget listrik sekaligus lebih ramah lingkungan, ada tujuh tips yang dapat dilakukan:

Langit-langit Tinggi
Plafon rendah membuat rumah terasa sempit dan sumpek. Sebaliknya, plafon tinggi akan membuat ruangan terlihat makin luas dan terasa sejuk.

Menghilangkan plafon sehingga ruang terbuka hingga atap juga bisa jadi pilihan. Untuk mengurangi panas, Anda dapat menggunakan lapisan aluminium foil yang dipasang di bawah genteng. (Baca: 9 Tips Langit-langit Tampak Lebih Tinggi)

Bukaan yang Cukup
Rumah juga harus memiliki banyak bukaan yang mengizinkan udara alami masuk. Hal ini dapat menjadi solusi untuk rumah dengan plafon rendah.

Ventilasi Silang
Sebuah jendela dalam satu ruangan ternyata tidak cukup. Agar pertukaran udara berjalan baik, perlu dibuat ventilasi silang (cross ventilation), setidaknya dengan dua buah jendela atau lubang angin yang berhadapan. (Baca: Tips Rumah Bebas Gerah)

Dinding Styrofoam
Dinding styrofoam biasanya dipakai di studio rekaman sebagai peredam suara. Namun, ternyata struktur styrofoam yang tersusun dari butiran tersebut tidak dapat menghantarkan panas. Ini yang membuat styrofoam menjadi isolasi termal yang baik.

Turbine Ventilator
Dipasang di atap rumah, turbine ventilator dilengkapi dengan sirip-sirip untuk menangkap angin. Angin yang berembus, ditangkap sirip dan dialirkan ke dalam ruangan, sehingga terjadi sirkulasi udara dalam ruangan.

Kaca Film
Ada beberapa jenis kaca film yang beredar di pasaran: sekadar untuk menjaga privasi, untuk keamanan rumah, dan menolak panas matahari masuk ke dalam rumah. Kaca film jenis terakhir ini mulai banyak dipakai di gedung atau hunian berkonsep ramah lingkungan—yang ingin sinar matahari masuk tetapi tidak membuat ruangan menjadi gerah.

Perbanyak Tanaman
Tanaman yang rindang di pekarangan rumah dapat membuat rumah menjadi sejuk. Namun, apa jadinya jika halaman rumah terbatas? Solusinya, Anda bisa menanam tanaman rambat menggunakan pergola atau tanaman yang merambat di dinding. Selain membuat suasana adem, tanaman juga memasok oksigen bagi penghuni. (Baca: Jenis Tanaman Rambat untuk Hunian Anda)

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Anto Erawan

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mengatur Ventilasi Udara dengan Feng Shui

Oleh: Mauro Rahardjo & Lelyana Rahardjo RumahCom – Jika ingin mengetahui baik-buruknya feng shui sebuah rumah, cara termudah adalah dengan merasakan kenyamanan di dalam rumah tersebut. Kenya

Lanjutkan membacaOktober 20, 2013

Tips Mudah Bersihkan Debu dalam Rumah

RumahCom – Debu kerap kita temui di dalam rumah, terutama di saat musim kemarau seperti sekarang ini. Jika tidak dibersihkan, debu akan menebal dan sulit dibersihkan. Untuk membersihkan debu yang

Lanjutkan membacaOktober 3, 2014

Tips Mudah Menghalau Semut

RumahCom - Kawanan semut kerap masuk ke dalam rumah, terutama saat musim hujan seperti saat ini. Tak hanya berbaris di lantai atau dinding, mereka kerap bersarang dalam rumah dan menyerbu makanan.

Lanjutkan membacaFebruari 13, 2015

5 Tips Membuat Ruangan Jadi Lebih Terang

RumahCom – Ruangan yang terang, selain membawa ambience yang ceria juga memberi kesan luas ruangan tersebut. Banyak trik dapat membantu mencerahkan ruangan, seperti menggunakan warna, aksesori, d

Lanjutkan membacaMaret 5, 2015

Masukan