5 Fungsi Broker dalam Jual-Beli Rumah

Anto ErawanMaret 26, 2015

RumahCom – Membeli atau menjual rumah memerlukan pengetahuan dan menguras banyak waktu dalam prosesnya.

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu atau pengalaman dalam membeli rumah, Anda bisa menggunakan jasa broker yang akan mempermudah semua urusan Anda. (Baca: Jenis dan Fungsi Broker Properti)

Berikut ini adalah lima hal yang dilakukan broker untuk mempermudah proses jual beli rumah:

Mencari Penjual atau Pembeli
Pembeli rumah terkadang bingung menentukan lokasi rumah yang sesuai dengan kondisi keuangan. Browsing di situs properti seperti Rumah.com bisa menjadi pilihan. (Baca: Keuntungan Menggunakan Jasa Broker Properti)

Akan tetapi jika menggunakan jasa broker, Anda tak perlu repot-repot mencari rumah dengan harga dan lokasi yang cocok, sebab pihak broker akan melakukannya untuk Anda.

Begitu pula ketika akan menjual rumah, Anda tak perlu repot-repot mencari pembeli dan memasarkannya, sebab pihak broker akan melakukan itu semua untuk Anda. Cukup membayar fee 2% – 3%, tergantung harga jual rumah, Anda pun tinggal melihat daftar pembeli yang tertarik pada rumah Anda.

Mengurus Dokumen
Jika nilai transaksi sudah disepakati, hal berikutnya adalah mengurus segala surat-surat yang terkait dengan rumah tersebut, mulai surat kepemilikan tanah, surat pajak bumi dan bangunan, dan sebagainya.

Ketika melakukan penggantian nama dan proses penandatanganan akta jual beli rumah, Anda tak bisa melakukannya hanya dengan pemilik rumah tersebut. Anda harus melakukannya bersama notaris atau PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) agar memiliki kekuatan hukum. (Baca: Tips Jual Rumah menggunakan  Jasa Broker)

Ketika bertemu dengan notaris atau PPAT, Anda sendiri memang harus datang karena akan melakukan tanda tangan. Namun, untuk proses pengurusan surat-suratnya, hal itu bisa ditangani oleh broker.

Mempromosikan Rumah Anda
Bagi Anda yang ingin menjual rumah, hal tersulit yang dilakukan adalah mempromosikannya. Selain memerlukan keahlian, mempromosikan rumah juga membutuhkan waktu lama.

Untuk mempromosikan rumah Anda, broker akan menempatkannya di berbagai media, mulai media cetak, online, hingga spanduk dan lain-lain.

Memonitor Rumah Anda
Jika Anda membeli rumah secara inden—rumah baru dibangun setelah transaksi jual-beli—Anda tentu perlu memantau perkembangannya sesering mungkin.

Menggunakan jasa broker, Anda tak perlu repot, karena broker yang akan memastikan pembangunan rumah Anda sesuai dengan apa yang direncanakan dan tidak ada penyimpangan sedikit pun.

Sebagai Manajer Investasi
Banyak orang membeli rumah sebagai investasi. Namun, memilih properti di lokasi yang tidak prospektif, bisa jadi merugikan. Untuk itulah broker berfungsi sebagai manajer investasi yang akan memberi analisa keuntungan atau kerugian.

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Anto Erawan
Sumber: Aturduit.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

5 Hal yang Bikin Broker Properti Kesal

RumahCom – Agen atau broker properti memang banyak membantu dalam menjual rumah. Namun, penjual seyogianya tak menyerahkan semua urusan kepada agen. Untuk mendapatkan keuntungan lebih, penjual ha

Lanjutkan membacaMei 28, 2014

Drone Dilirik Agen Properti untuk Pasarkan Rumah

RumahCom – Drone—pesawat mini tanpa awak—mulai diminati broker properti Kanada untuk membantu menjual rumah, terutama untuk menarik minat konsumen potensial dari luar kota. Para agen tersebut

Lanjutkan membacaDesember 9, 2014

Indonesia Belum Punya Standar Profesi Broker Properti

RumahCom – Indonesia ternyata belum mempunyai standar baku secara nasional terkait profesi broker atau agen properti. Hal ini membuat Indonesia tertinggal jauh dibandingkan negara tetangga seperti M

Lanjutkan membacaDesember 11, 2014

Trik Memasang Iklan Properti

RumahCom – Dalam menjual rumah, apartemen, atau properti lain, salah satu strategi paling penting adalah memasang iklan. Iklan yang dibuat harus efektif dan tepat sasaran, sehingga mampu menjaring c

Lanjutkan membacaJanuari 8, 2015

Masukan