4 Tips Memilih Asuransi Rumah

Anto ErawanMaret 27, 2015

RumahCom – Banyak perusahaan asuransi menawarkan asuransi rumah dengan aneka varian. Ada yang hanya menawarkan perlindungan kebakaran saja, namun ada yang menawarkan perlindungan menyeluruh untuk segala risiko yang terjadi pada seluruh harta benda yang ada di rumah.

Dengan demikian, Anda dituntut untuk membandingkan dan memilih produk yang memiliki perlindungan sesuai kebutuhan.

Lantas, bagaimana cara memilih asuransi rumah yang tepat, berikut ini empat tips untuk Anda:

Lakukan Perbandingan
Pilihan yang banyak mempermudah Anda melakukan perbandingan, terkait biaya dan manfaat dari bermacam produk dan perusahaan asuransi tersebut. Memang proses ini agak merepotkan, namun hal ini dapat mempermudah Anda membuat keputusan terbaik.

Agar menghemat waktu, cobalah untuk melakukan perbandingan secara online (daring). Anda juga dapat langsung mengajukan asuransi rumah atau melakukan konsultasi gratis secara online.

Ketahui Jaminan
Hal yang perlu diketahui dari produk asuransi rumah adalah perlindungan apa saja yang ditawarkan. Misalnya, perlindungan terhadap kebakaran. Perlu diketahui, kebakaran bisa terjadi karena berbagai hal, seperti korslet, sambaran petir, kejatuhan pesawat, ledakan, atau karena kerusuhan.

Anda bisa tanyakan, sumber kebakaran apa yang ditanggung asuransi. Dengan memiliki kejelasan tentang hal ini pada awal perjanjian, Anda pun tidak akan ragu untuk mengambil keputusan.

Ketahui Proses Klaim
Anda tentu tak ingin musibah datang. Namun, jika benar-benar terjadi, Anda tentu akan melakukan klaim kerugian. Pertanyaannya, sulitkah pengajuan klaim tersebut?

Untuk itu, lakukan perbandingan mengenai prosedur klaim yang berlaku di setiap perusahaan asuransi. Pastikan Anda tidak akan kesulitan dalam mengurus klaim.

Biaya dan Nilai Pertanggungan
Hal ini biasanya menjadi faktor penentu keputusan Anda, karena Anda pasti berhitung berapa biaya yang harus dibayarkan dan berapa nilai pertanggungan yang akan didapatkan.

Penting diingat, jangan sampai uang pertanggungan tidak cukup untuk membangun kembali rumah Anda. Dengan demikian, lakukan perhitungan cermat antara jumlah tanggungan dengan lamanya kontrak asuransi.

Untuk menambah informasi, Anda dapat berkonsultasi dengan para ahli asuransi yang mengasuh forum finansial. Selain itu, forum online juga dapat menjadi pilihan untuk tempat bertanya. Biasanya, anggota forum tersebut akan membagi pengetahuan dan pengelaman mereka.

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Dadan (Majalah Rumahku)
Sumber: Cekaja.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Asuransi Properti, Bukan Hitungan Untung Rugi

RumahCom - Jika Anda bermaksud mencari keuntungan saat mengikuti asuransi properti, maka Anda salah besar. Karena, memiliki asuransi itu tidak bisa dinilai dengan untung rugi.Praktisi asuransi propert

Lanjutkan membacaDesember 24, 2013

Wow, Bayar Asuransi Kesehatan Bisa dengan Sampah!

RumahCom – Kesehatan merupakan harta termahal. Apa jadinya jika ada anggota keluarga yang sakit, tapi kita tak bisa membawanya ke dokter karena keterbatasan dana? Melihat kondisi ini, Gamal Albin

Lanjutkan membacaJuni 17, 2014

Mengapa Asuransi Kebakaran Rumah Sangat Penting?

RumahCom -  Kebakaran rumah bisa terjadi lantaran beragam sebab, seperti hubungan arus pendek, ledakan tabung gas, dan sambaran petir. Bahkan di kawasan permukiman padat, kebakaran bisa terjadi akiba

Lanjutkan membacaMaret 10, 2015

Asuransi Kebakaran dan Asuransi Properti, Apa Bedanya?

RumahCom – Asuransi properti dapat melindungi rumah Anda dari berbagai jenis risiko, salah satunya musibah kebakaran. Akan tetapi, ternyata ada juga asuransi kebakaran yang terpisah dari asuransi pr

Lanjutkan membacaMaret 19, 2015

Masukan