Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Menjual Rumah

Anto ErawanMaret 27, 2015

RumahCom – Menjual rumah bukan perkara mudah. Tanpa persiapan dan pnegetahuan yang matang, kerap kali penjual rumah membuat kesalahan. Alhasil, rumah tersebut gagal terjual atau terjual dengan harga murah.

Untuk menghindari hal tersebut, ikutilah tips berikut ini:

Memakai Perasaan
Saat menjual rumah, posisikan diri Anda sebagai penjual profesional, bukan sebagai pemilik rumah. Jika tidak, Anda akan terikat secara emosi dengan rumah yang sudah Anda tempati selama ini, dan berakibat pada penilaian subyektif.

Berilah penilaian dari sudut finansial dan investasi properti sehingga Anda akan mendapatkan harga jual yang layak.

Tidak Menggunakan Agen
Jika Anda belum pernah menjual rumah sama sekali, menggunakan jasa agen penjual rumah adalah pilihan yang baik, walaupun komisi untuk agen tersebut cukup besar.

Namun, menggunakan jasa agen properti memiliki beberapa keuntungan yang membuat Anda bisa tidur dengan nyenyak. (Baca: Keuntungan Menggunakan Jasa Broker Properti)

Menetapkan Harga Terlalu Tinggi
Harga penawaran yang terlalu tinggi—kendati Anda membuka ruang untuk negosiasi—akan membuat calon pembeli mundur. Untuk itu, tetapkan harga dengan melakukan perbandingan. (Baca: Tips Menentukan Harga Jual Rumah)

Foto Kurang Menarik
Saat ini banyak sekali konsumen mencari rumah secara online, seperti melalui portal properti Rumah.com. Hal pertama yang mereka lihat—selain lokasi dan harga—adalah foto rumah. Kualitas foto yang buruk tak akan membuat konsumen tertarik.

Untuk itu, lakukan pemotretan dengan baik di setiap bagian rumah yang Anda anggap penting. Jika memungkinkan, gunakan lensa wide angle (focal length 10 mm – 20 mm) yang bisa menangkap semua sudut rumah. Jika tidak, Anda dapat melakukan photo stitching (penyambungan foto) secara digital.

Menyembunyikan Kerusakan
Kerusakan rumah Anda akan terlihat saat pembeli menginspeksi secara menyeluruh—dan tentu saja Anda akan dianggap orang yang kurang jujur. Karena itu, tak ada gunanya menyembunyikan kerusakan tersebut.

Jika kerusakan terlalu besar dan Anda tidak sempat memperbaikinya, berikan harga jual yang sedikit di bawah harga pasar, sesuai dengan besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki kerusakan itu.

Tidak Mempersiapkan Rumah untuk Dijual
Penjual yang tidak membersihkan dan memperbaiki rumahnya sama dengan membiarkan harga rumah Anda turun atau bahkan gagal terjual.

Tentukan bagian mana yang perlu dirapikan dan diperbaiki. Hal utama yang perlu dilakukan adalah menghilangkan bau tidak sedap di dalam rumah dan lakukan pengecatan agar rumah terlihat lebih segar.

Menjual Saat Musim Hujan
Kendati Anda membutuhkan uang, namun menjual rumah saat musim hujan adalah keputusan yang kurang tepat. Sebab, pada saat itu orang-orang umumnya tidak berniat untuk keluar rumah apalagi membeli rumah.

Di sisi lain, rumah yang Anda persiapkan untuk dijual tak akan maksimal, misalnya cat baru luntur terkena hujan atau secara tak terduga rumah justru bocor dan tergenang air.

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Anto Erawan
Sumber: Aturduit.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

5 Hal yang Bikin Broker Properti Kesal

RumahCom – Agen atau broker properti memang banyak membantu dalam menjual rumah. Namun, penjual seyogianya tak menyerahkan semua urusan kepada agen. Untuk mendapatkan keuntungan lebih, penjual ha

Lanjutkan membacaMei 28, 2014

Trik Memasang Iklan Properti

RumahCom – Dalam menjual rumah, apartemen, atau properti lain, salah satu strategi paling penting adalah memasang iklan. Iklan yang dibuat harus efektif dan tepat sasaran, sehingga mampu menjaring c

Lanjutkan membacaJanuari 8, 2015

Tips Menentukan Harga Jual Rumah

RumahCom – Rumah sekunder (second) tak memiliki harga patokan atau harga baku. Untuk itu, Anda harus cermat menentukan harga jualnya. Pasalnya, menjual rumah dengan harga terlalu mahal tentu akan

Lanjutkan membacaMaret 9, 2015

5 Fungsi Broker dalam Jual-Beli Rumah

RumahCom - Membeli atau menjual rumah memerlukan pengetahuan dan menguras banyak waktu dalam prosesnya. Bagi Anda yang tidak memiliki waktu atau pengalaman dalam membeli rumah, Anda bisa menggunaka

Lanjutkan membacaMaret 26, 2015

Masukan