Renovasi Rumah Tapi Tak Ada Biaya, Ini Jalan Keluarnya!

Anto Erawan2 Apr 2015

RumahCom – Setelah beberapa tahun, rumah biasanya memerlukan renovasi—baik besar maupun kecil. Masalah muncul jika Anda tak memiliki dana, sementara renovasi sudah harus dilakukan.

Renovasi rumah biasanya juga langsung dilakukan setelah membeli rumah sederhana, karena rumah jenis ini biasanya dibangun pada batas bawah standarisasi. Jadi, jika ingin lebih nyaman untuk ditinggali, Anda harus melakukan sejumlah renovasi.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tips yang dapat memberi Anda jalan keluar.

1.  Ajukan Kredit Renovasi Rumah
Anda dapat menjaminkan sertifikat rumah Anda ke bank untuk mendapatkan kredit renovasi. Sebagian bank bahkan bekerjasama dengan produsen semen untuk membuat program layanan pembiayaan renovasi rumah.

2.  Kredit Renovasi BPJS Ketenagakerjaan
Bagi Anda karyawan yang sudah terdaftar sebagai anggota BPJS ketenagakerjaan (dulu bernama Jamsostek) dan sudah menjadi peserta minimal 5 tahun, Anda dapat memanfaatkan fasilitas kredit renovasi rumah.

Dalam membiayai kredit renovasi rumah ini, pihak BPJS ketenagakerjaan juga bekerja sama dengan beberapa bank. Jaminannya adalah dana Anda yang tersimpan dalam rekening BPJS ketenagakerjaan. Prosesnya mudah, Anda tinggal datang ke kantor BPJS ketenagakerjaan terdekat dan melengkapi persyaratan yang diminta.

3.  Manfaatkan Fasilitas Top Up untuk Biaya Renovasi
Bagi Anda yang memiliki rumah dengan fasilitas KPR yang status pembayarannya belum lunas, sementara kondisi rumah sudah membutuhkan renovasi, maka solusi paling cepat dan aman adalah memanfaatkan fasilitas top up dari KPR Anda.

Fasilitas top up adalah pengajuan dana pinjaman dengan jaminan rumah yang saat ini masih dibiayai bank dalam bentuk KPR. Fasilitas ini umumnya dapat diberikan setelah nasabah melewati separuh dari masa kredit dan mempunyai riwayat kredit yang baik.

KPR awal Anda akan ditutup dan Anda akan mempunyai kredit baru. Selisih dana plafon pinjaman Anda setelah dikurangi sisa KPR sebelumnya dapat Anda manfaatkan untuk renovasi rumah.

4.  Lakukan Over Kredit KPR untuk Mendapatkan Dana Renovasi
Jika rumah yang Anda miliki saat ini masih berstatus kredit (KPR), maka Anda dapat melakukan over kredit ke bank lain untuk mendapatkan dana renovasi. Selisih plafon kredit dengan sisa pinjaman dapat Anda gunakan untuk biaya renovasi. Cara ini dapat Anda lakukan jika Anda tidak dapat melakukan pengajuan fasilitas top up kepada bank pemberi KPR Anda.

5.  Kerjasama dengan Toko Material
Jika punya anggaran terbatas untuk renovasi rumah, maka Anda dapat menyiasati biaya renovasi dengan melakukan kerja sama dengan toko material dalam bentuk pembayaran pembelian material bangunan secara berjangka melalui angsuran bulanan.

Perlu Anda ketahui bahwa toko material mempunyai target dari pihak penyuplai (distributor) untuk segera menghabiskan stok di toko. Berdasarkan hal ini dan pemahaman bahwa biaya renovasi rumah relatif besar, toko material menghabiskan stok dengan memberi kemudahan bagi calon pembeli yang akan melakukan renovasi dengan cara mengangsur untuk pembelian material bangunan di toko mereka.

Tempo pembayaran biasanya dalam jangka pendek 1-3 bulan dan syarat utamanya adalah Anda dikenal baik oleh toko material bangunan tersebut. Anda dapat saja mengajukan perpanjangan tempo pembayaran jika reputasi Anda bagus atau mencari toko bangunan lainnya.

Biaya terbesar dalam proses renovasi rumah adalah pembelian material bangunan. Jika Anda sudah mendapatkan solusi untuk ini, maka Anda tinggal mencari biaya untuk tukang bangunannya. Jika Anda dapat mencari kontraktor bangunan yang dapat diajak kerjasama pembayaran berjangka, tentu saja hal ini lebih memudahkan Anda dalam melakukan renovasi rumah.

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Anto Erawan
Sumber: Aturduit.com

Manan Manan
Mar 17, 2022
Gimana cara dapet modal bisa ngrenovasi rumah yg sy borong sedangkan DP cuman 30juta udah habis buat pembelanjaan barang yg kita borong sedangkan sekarang DP udah habis sedikitpun gak ada modal gimana bisa dapat modal tanpa jaminan jaminanya rumah yg sy bangun gimana bisa gak
Fachry Lalihatu
Sep 26, 2021
Tangerang ada tidak yah
Ika Mardiyati
Aug 19, 2021
Sy ingin renovasi rumah tp dana tdk ada, adakah solusi nyaa?
budi bahmid17
Jan 29, 2021
Untuk area kota palopo adakah toko yg bisa memberikan bahan bagunannya di bayar dgn cara di angsur setiap bulannya?
ignatius
Jan 12, 2021
halo..adakah rekomendasi toko matrial yang bisa memberikan kredit cicilan untuk renopasi rumah,? gunung putri bogor,
Ycen
Jul 08, 2020
Bagaimana cara nya untuk ajukan dana pembangunana?
Dame Suparta
Jun 17, 2020
Ada nomer wa nya pak
Yeni Siddik
Nov 08, 2019
Hallo Rahel Cohran.. bgmna cara nya mengajukan pnjmn nya ? Sy perlu utk renov tmpt usaha sy ..Mhn inf nya mksh
Arinna Arinna
Jul 10, 2018
Bpk rahel ada kontak Wa
Kikiy Adinda
May 06, 2018
Apakah ada nomer yg bisa d hbungii
KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

5 Kesalahan dalam Merenovasi Rumah

RumahCom – Merenovasi ruangan di rumah mungkin bisa dijadikan kegiatan menyenangkan bagi Anda sekeluarga. Tetapi jika tanpa bantuan dari ahlinya, tidak jarang Anda membuat kesalahan yang dapat b

Lanjutkan membaca12 Feb 2013

Lima Renovasi Kecil Bernilai Besar

Rumah.com - Tidak semua renovasi memakan biaya yang besar. Tak jarang, sedikit perbaikan yang dilakukan pada rumah Anda, akan membawa dampak yang besar. Dirangkum dari laman stayathomemum.au, berikut

Lanjutkan membaca7 Mei 2013

Dapat THR, Silakan Renovasi Rumah

RumahCom – Hari raya umat Islam akan datang sebentar lagi, dan sebagian dari Anda mungkin juga tengah menantikan hadirnya Tunjangan Hari Raya. Bagaimana pembagian skala prioritasnya? Apakah harus ha

Lanjutkan membaca17 Jul 2014

Tujuh Masalah Atap Rumah dan Solusinya

RumahCom – Atap merupakan salah satu bagian terpenting dari rumah. Atap yang bermasalah atau rusak, tentu dapat menyebabkan ketidaknyamanan dalam rumah. Ada tujuh masalah yang sering terjadi pada a

Lanjutkan membaca24 Sep 2014

Masukan