Tips Rumah Bebas Nyamuk

Anto Erawan8 Apr 2015

RumahCom – Nyamuk merupakan hewan pengganggu yang biasanya menyerang di malam hari dan mengganggu tidur. Selain itu, serangga ini juga membawa aneka penyakit, seperti demam berdarah, chikungunya, dan malaria.

Untuk membuat rumah bebas nyamuk, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

Hilangkan Genangan Air
Cegah adanya genangan air di dalam dan sekitar rumah yang dapat digunakan nyamuk untuk berkembang biak. Cekungan di talang air atau wadah-wadah kecil seperti kaleng bisa menjadi tempat genangan air. Sebaiknya Anda mengeringkan air di talang dan mengubur wadah-wadah tersebut.

Jika Anda memiliki binatang peliharaan seperti burung berkicau, periksalah tempat minumnya. Jika terdapat jentik nyamuk, bersihkan dan ganti air setidaknya dua kali dalam sepekan.

Potong Tanaman di Halaman
Pangkas tanaman yang terlalu rimbun di halaman Anda. Brightnest.com menyebut, nyamuk seringkali tinggal tanaman rimbun dan semak-semak liar. Memotongnya akan mengurangi jumlah nyamuk di rumah Anda.

Periksa Kawat Nyamuk
Pastikan kawat atau kasa nyamuk di lubang angin atau jendela rumah Anda dalam kondisi baik dan tak berlubang. Dengan demikian, nyamuk tak bisa masuk ke dalam rumah.

Rapikan Pakaian
Nyamuk suka hinggap di pakaian yang digantung di dinding atau di balik pintu. Merapikan pakaian ke dalam lemari dapat mengurangi nyamuk yang berkeliaran di rumah.

Bau yang Disukai Nyamuk
Webmd.com menulis, nyamuk dapat membaui mangsanya dari jarak 50 meter. Manusia dengan kadar asam urat tinggi, kolesterol, dan steroid di permukaan kulit dan keringat, cenderung menjadi sasaran utama nyamuk.

Penelitian menunjukkan, nyamuk paling suka manusia dengan golongan darah O dan paling tidak suka dengan golongan darah A.

Untuk mengurangi potensi digigit nyamuk, sebaiknya Anda mandi untuk bersihkan kulit dari bau keringat yang disukai nyamuk.

Gunakan Anti Nyamuk Alami
Mengusir nyamuk dengan obat anti-nyamuk kimia sangat riskan, terutama bagi anak kecil. Untuk itu, Anda dapat menggunakan beberapa tanaman atau aroma yang memiliki kemampuan mengusir nyamuk.

Tumbuhan yang efektif menyingkirkan nyamuk antara lain lavender, zodia, rosemary, geranium, dan serai (Baca: Aneka Tanaman Pengusir Nyamuk).

Sementara, wewangian pengusir nyamuk antara lain minyak kayu manis, minyak rosemary,  minyak serai, minyak cedar, minyak cengkeh, dan minyak peppermint. Wewangian ini bisa dibuat menjadi lilin aroma pengusir nyamuk (Baca: Cara Membuat Lilin Pengusir Nyamuk).

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Anto Erawan

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Aneka Tumbuhan Pengusir Nyamuk

RumahCom – Di musim kemarau yang berkepanjangan seperti saat ini, rumah makin rentan serbuan nyamuk. Selain mengganggu tidur, nyamuk juga membawa aneka penyakit, seperti demam berdarah, chikungu

Lanjutkan membaca27 Agu 2012

Cara Mudah Atasi Hewan Pengganggu Rumah

RumahCom – Hama atau hewan pengganggu tidak hanya berada di sawah saja. Tidak jarang hama-hama seperti tikus, kecoa, rayap, dan semut singgah di rumah Anda. Bukan hanya untuk singgah, bahkan mer

Lanjutkan membaca11 Jun 2013

Tips Mudah Basmi Tikus di Rumah

RumahCom – Memasang perangkap dan racun tikus banyak menjadi pilihan untuk membasmi hewan pengganggu ini, karena dianggap paling praktis dan murah. Perangkap model kurungan dan lem relatif lebih

Lanjutkan membaca13 Okt 2014

Tips Mudah Menghalau Semut

RumahCom - Kawanan semut kerap masuk ke dalam rumah, terutama saat musim hujan seperti saat ini. Tak hanya berbaris di lantai atau dinding, mereka kerap bersarang dalam rumah dan menyerbu makanan.

Lanjutkan membaca13 Feb 2015

Masukan