Riset: Paras Broker Pengaruhi Harga Properti yang Dijual

Anto ErawanMei 13, 2015

RumahCom – Sebuah riset menunjukkan bahwa agen properti berpenampilan menarik (cantik atau tampan) dapat memengaruhi harga properti yang dijualnya.

Hasil penelitian yang dilakukan Universitas New South Wales, Australia memperlihatkan, terjadi perilaku bias dalam pembelian properti. Riset ini menyatakan, harga properti yang dipasarkan agen properti berparas menarik lebih tinggi 2,3%, atau lebih tinggi ribuan dolar.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa tingkat daya tarik dari agen real estat meningkatkan nilai properti yang mereka jual dan membuatnya lebih menarik bagi pembeli,” kata peneliti dan dosen senior Business School, Robert Tumarkin.

Studi ini dilakukan dengan mencocokkan foto-foto agen properti dan dibandingkan dengan penjualan properti yang telah dihasilkan. Hasilnya, agen properti berparas menawan mencapai penjualan dengan harga yang cukup signifikan.

Menurutnya, hal ini merupakan ‘efek halo’ dimana kesan terhadap seseorang dapat memengaruhi penilaian orang lain. Dalam kaitannya dengan properti, agen properti yang cantik atau tampan dapat mendistorsi penilaian pembeli teradap nilai sebenarnya dari properti yang dijual.

Sebuah studi yang dilakukan di AS pada 2013 menemukan, berdasarkan komisi agen dan keuntungan yang dihasilkan dari kenaikan harga jual properti, penampilan yang menarik mampu meningkatkan penghasilan seorang broker.

Frank Mixon, Profesor Ekonomi di Turner College of Business, Columbus State University yang melakukan penelitian ini mengatakan, dia tidak terkejut dengan temuan tersebut. Namun, penampilan fisik hanya menjadi nilai tambah ketika agen pesaing memiliki kemampuan menjual yang sama.

Di sisi penjual, menggunakan agen dengan paras menawan memang memiliki beberapa keuntungan. Kendati demikian, hal penting yang harus diperhatikan saat memilih broker properti adalah:

• Memiliki komitmen yang jelas untuk klien.
• Memiliki pengalaman profesional dan memiliki pengetahuan mendalam di lokasi tersebut.
• Memiliki referensi positif dari klien sebelumnya.
• Memiliki strategi pemasaran yang baik yang dapat disesuaikan dengan properti Anda.

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Wikihow

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

5 Hal yang Bikin Broker Properti Kesal

RumahCom – Agen atau broker properti memang banyak membantu dalam menjual rumah. Namun, penjual seyogianya tak menyerahkan semua urusan kepada agen. Untuk mendapatkan keuntungan lebih, penjual ha

Lanjutkan membacaMei 28, 2014

Drone Dilirik Agen Properti untuk Pasarkan Rumah

RumahCom – Drone—pesawat mini tanpa awak—mulai diminati broker properti Kanada untuk membantu menjual rumah, terutama untuk menarik minat konsumen potensial dari luar kota. Para agen tersebut

Lanjutkan membacaDesember 9, 2014

5 Fungsi Broker dalam Jual-Beli Rumah

RumahCom - Membeli atau menjual rumah memerlukan pengetahuan dan menguras banyak waktu dalam prosesnya. Bagi Anda yang tidak memiliki waktu atau pengalaman dalam membeli rumah, Anda bisa menggunaka

Lanjutkan membacaMaret 26, 2015

Tips Memilih Broker Properti yang Andal

RumahCom – Menjual rumah tanpa perantara memang sekilas lebih menguntungkan, namun kerap menguras tenaga, pikiran, dan waktu. Anda pun mesti selalu siaga menerima telepon atau menerima orang yang

Lanjutkan membacaApril 28, 2015

Masukan