Banten Pasok 12.000 Rumah Subsidi Seharga Rp100 Jutaan

Anto ErawanJuni 10, 2015

RumahCom – Provinsi Banten menjadi daerah pertama yang mengimplementasikan secara nyata program Satu Juta Rumah melalui pencanangan pembangunan yang dilakukan Plt Gubernur Banten Rano Karno di Tangerang, pekan lalu.

Ketua DPD REI Banten Soelaeman Soemawinata mengatakan tahun ini sebanyak 12 ribu unit rumah bersubsidi akan dibangun di Banten dengan harga Rp100 jutaan.

Lokasi perumahan murah tersebut tersebar di beberapa kota/kabupaten seperti Serang, Maja, Lebak, Serpong, dan daerah lainnya di Provinsi Banten.

Pada tahap awal akan diluncurkan 5.000 unit rumah yang terdiri dari 4.000 unit rumah tapak (landed house) dan 1.000 unit rusunami.

Data Badan Penyelenggara Jaminaan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Provinsi Banten menyebutkan, dari satu juta peserta BPJS di daerah ini, 50% adalah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), dan 25% dari jumlah itu belum punya rumah.

“Bila data itu benar, berarti Banten butuh 250 ribu unit rumah. Tapi ini butuh pemetaan lebih lanjut,” ungkap Soelaeman seperti dilansir dari laman Liputan6.com.

Dia menambahkan, percepatan pembangunan perumahan di Banten memerlukan treatment khusus. Pasalnya, bila dilakukan secara sporadis dan sendiri-sendiri akan sulit bergerak dan mencapai target yang dicanangkan, sehingga dibutuhkan driver terutama dari asosiasi pengembang properti.

“Saat ini baru lima pengembang yang ikut serta, namun kami akan mendorong lebih banyak lagi pengembang di Banten masuk mendukung program tersebut,” pungkasnya.

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Anto Erawan

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Dukung Program Sejuta Rumah, MAS Group Bangun 2.000 Rumah Subsidi

RumahCom – Sebagai penanda dimulainya program pembangunan sejuta rumah, Presiden Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama pembangunan rusunawa di Ungaran, Kabupaten Semarang, Rabu (29/4). Pencan

Lanjutkan membacaApril 30, 2015

Tips Mendapat Rumah Subsidi

RumahCom - Program pembangunan sejuta rumah baru saja dimulai pada Rabu (29/4) lalu. Program ini memberi banyak kemudahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk memiliki hunian—baik rumah

Lanjutkan membacaMei 4, 2015

Cicilan Rumah Subsidi Hanya Rp500 Ribu per Bulan!

RumahCom - Program sejuta rumah yang diluncurkan pemerintah akhir April lalu, menawarkan beragam kemudahan. Selain uang muka yang hanya 1%, cicilan rumah pun sangat terjangkau, yaitu Rp500 ribu - Rp60

Lanjutkan membacaMei 25, 2015

Savana Residence Pasarkan 1.200 Rumah Seharga Rp120 Juta

RumahCom – Rumah subsidi memang menjadi incaran konsumen, terutama masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Hal ini dibuktikan PT Mida Karya Abadi Land (Mika Land) yang memasarkan perumahan Savana Re

Lanjutkan membacaJuni 1, 2015

Masukan