10 Negara dengan Kenaikan Harga Hunian Tertinggi di Dunia

Anto ErawanJuni 12, 2015

RumahCom – Global House Price index yang dirilis Knight Frank mencatat pertumbuhan tahunan terlemah selama tiga tahun terakhir, yakni hanya naik 0,3%, terhitung hingga Maret 2015.

Beberapa negara besar seperti Jepang, Perancis, dan China mengalami pelemahan pasar perumahan. Sayangnya, hal ini justru menutup fakta bahwa banyak negara-negara (kecil) di dunia yang mengalami kenaikan harga signifikan.

Sekitar 75% dari negara-negara yang masuk dalam survei mencatat pertumbuhan harga tahunan datar atau positif di Q1 2015. Bandingkan dengan tiga tahun sebelumnya, dimana angkanya hanya 47,2%.

Hong Kong memimpin pertumbuhan harga hunian tahunan dengan kenaikan 18,7%. Kurangnya pasokan dinilai sebagai penyebab naiknya harga.

Indonesia menduduki peringkat ke-18 dengan kenaikan harga 6,3% secara tahunan. Di kawasan ASEAN, Malaysia berada di posisi ke-12 dengan kenaikan 7%. Sementara Singapura yang berada di peringkat ke-49 justru mengalami penurunan harga jual sebesar -3,3%.

Rusia dan negara-negara pecahan Uni Soviet menunjukkan performa yang kurang baik dengan angka indeks turun -2,3% secara tahunan. Sementara Ukraina turun –15,5% secara tahunan.

Dua kekuatan perumahan global, China dan Amerika Serikat mengalami nasib yang berbeda. Di China harga terus melemah, rata-rata -6,4% secara tahunan, sementara volume penjualan tahunan naik 7% di bulan April sebagai dampak kebijakan moneter yang lebih longgar.

Amerika Serikat, di sisi lain, mencatat pertumbuhan tahunan 4,1%, namun dengan inflasi yang masih meningkat, kenaikan harga diprediksi terjadi akhir tahun ini.

Berikut ini 10 negara dengan kenaikan harga hunian tertinggi di dunia versi Knight Frank:

1. Hong Kong 18,7%
2. Turki 18,6%
3. Irlandia 16,8%
4. Luxembourg 12,1%
5. Estonia 11,0%
6. Kolombia 9,5%
7. Selandia Baru 9,5%
8. Iceland 9,4%
9. Swedia 8,8%
10. Norwegia 7,2%

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Wikipedia

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Kenaikan Harga Hunian di Dubai Tertinggi di Dunia

RumahCom – Harga rumah di Dubai, Uni Emirat Arab pada kuartal I-2014 tercatat mengalami peningkatan tertinggi di antara 45 negara-negara di dunia. Sementara itu, penurunan harga rumah paling drastis

Lanjutkan membacaJuni 16, 2014

Survei: Perkantoran Hong Kong Termahal di Dunia

RumahCom – Ruang perkantoran di Hong Kong menjadi yang termahal di dunia. Harganya bahkan dua kali lebih mahal sebagai kota-kota lain di dunia. Hasil riset mengenai properti komersial dunia yang

Lanjutkan membacaJanuari 23, 2015

Kenaikan Harga Rumah Mewah di Bali Nomor Tiga di Dunia

RumahCom – Bali menduduki peringkat ketiga sebagai lokasi dengan kenaikan harga rumah mewah tertinggi di dunia. Dalam setahun terakhir, rata-rata  kenaikan harga hunian mewah di Pulau Dewata mencap

Lanjutkan membacaMaret 13, 2015

Wow! Jumlah Orang Super Kaya di Asia Salip Amerika Utara

RumahCom - Di 2014 lalu, rata-rata 15 orang per hari masuk dalam jajaran orang super kaya, dengan kekayaan bersih lebih dari USD30 juta. Pertumbuhan ini akan terus berlanjut hingga satu dekade mend

Lanjutkan membacaMaret 16, 2015

Masukan